Tas di Curi (isi Paspor+Visa, Ijazah, Transkrip, Akte, KK)

Wah nie bener2 sedang dicoba sama Allah, mungkin klo selama ini hidup ane fine-fine aja sehingga mungkin jadi lalai. Dengan kejadian ini mungkin Allah punya maksud tertentu dan yang pasti dengan adanya kejadian ini insyaAllah saya jadi sadar bahwa manusia boleh berencana, tapi Allahlah yang berkehendak.

Kejadian itu bermula ketika saya ke jakarta untuk mengurus visa di kedubes korea, setelah ngambil paspor saya yang didalamnya sudah ada visanya saya dah ngerasa lega, alhamdulillah insyaAllah tinggal siap-siap buat berangkat aj,semuanya dah clear.

Ane bersiap2 mau pulang jogja, mepet lebaran kyk gini jelas tiket semuanya dah abis, apalagi dari jakarta pas arus mudik kyk gini, saya ngoba nyari online udah abis semua sampe lebaran,saya nannya ke stasiun ternyata masih ada yaitu kereta bogowonto, ok deh beli.

Kejadian bermula ketika saya naik ke kereta mau perjalanan pulang ke jogja. setelah di atas kereta tas saya letakkan di rak persis diatas kepala saya, saya duduk dan baca sms, tidak ada selang 1 menit saya mau ngambil charger di tas ternyata tas saya udah berganti tas laen, saya tanya sama samping dan depan saya, ini tas siapa? ternyata itu tas punya mbk di depan saya, saya bingung lha tas saya mana? kata mbknya tadi yang naikin tasnya ke atas tukang panggul tapi tadi posisi kosong. Astagfirullah, saya langsung punya firasat yang tidak baik dan ternyata benar, tas saya bener2 hilang. Akhirnya saya lapor ke petugas yang ada di kereta, dicari dalam satu gerbong tetep aja gak ada. dan Akhirnya saya minta turun, posisi sudah nyampe stasiun klender. Mungkin malingnya ngira ada laptopnya, soalnya kan tas gendong spt itu mang biasanya buat laptop.

Di stasiun Klender saya laporan ke polisi stasiun, yah biasa di tempat kita, terimakasih laporanya pak, akan kami proses, saya diantar ke jatinegara buat laporan lagi, dengan jawaban yang sama terimakasih pak akan saya proses, dan saya diantar lagi ke senen diminta laporan juga dengan jawaban yang sama. jujur jelas pesimis lah barang hilang kyknya dah susah bisa ketemu lagi, tapi yang penting Allah maha tau, saya sudah berusaha ikhtiar, akhirnya saya memutuskan untuk memproses dan melaporkan ke Polsek Jakarta Pusat.

Polsek jakarta pusat nggak berani ngasih surat, dari polsek saya di rekomendasikan ke polres jakarta pusat, di anter sama bpk polisi di polsek ke kantor polres jak pusat di jalan kramat raya no 61 klo gak salah. nyampe deh di polres, laporan lagi deh, dan sekarang 1 tas di tuker dengan 1 lembar kertas, berita kehilangan. hehee😀 ok deh gpp.

Isi tas saya:

  1. Paspor+visa korsel
  2. Ijazah + transkrip S1 dan SMA
  3. Akte Kelahiran
  4. Kartu Keluarga
  5. Surat Admisi dan Scholarship dari Chonnam
  6. Beberapa sertifikat
  7. Buku Tabungan BNI
  8. Sleeping Bed punya e Krocol
  9. Pakaian + peralatan Mandi
  10. MP3 Player, Flash Disk, Charger Iphone
  11. Uang recehan, hobby saya uang recehan banyak di tas.

Yang jelas bagi maling ndak ada untungnya ngambil tas saya, jelas dokumen-dokumen seperti itu bagi mereka juga tidak ada gunanya. yah saya berharap saja klo malingnya masih punya hati bisa ngembaliin, tapi ya saya nyoba ikhtiar lagi untuk mengurus lagi saja lah daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti.

yang jelas pelajaran yang dapat kita petik adalah:

  1. Manusia Memang boleh berencana, tapi segalanya itu kehendak prerogatif Allah.
  2. Hati hati klo di Ibukota😀
  3. InsyaAllah kehilangan barang ato apalah itu masih bisa kita urus asal jangan sampai kehilangan iman.
  4. Belajar ikhlas itu berat, apalagi setelah mengikhlaskan kemudian mendoakan sang maling agar diberi kelancaran rizki agar tidak nyolong lagi, #amien
  5. Tetap semangat, tiada yang sia-sia dari usaha kita, pasti Allah sudah merencanakan sesuatu bagi kita.

dan yang terakhir

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ

“Apakah manusia itu mengira, bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi?.” – (QS.Al Ankabut:2)

 

38 thoughts on “Tas di Curi (isi Paspor+Visa, Ijazah, Transkrip, Akte, KK)

  1. Assalamualaikum. Semoga Allah memberi kekuatan serta kesabaran bagi hambaNya yang sedang mendapat ujian atau cobaan

    1. utk ijazah bisa di urus dg meminta surat keterangan pengganti ijazah sblumnya harus ada pengantar dari kepolisian (mbknya lapor polisi dulu). untk dokumen spt piagam dsb sudah tidak bisa di urus

      1. Yang sabar dan ikhlas ya mbak, Diselesaikan satu persatu, setelah lapor ke polisi terus saudari ke sekolah sma n PT, kalau dokumen lain bisa diurus asakan ada fotocopyannya dan sudah dilaporkan juga ke polisi, Semoga dengan kejadian ini Allah membuka jalan sukses untuk mbak indah

  2. mas Rischan, saya baru saja mengalami hal yg sama yaitu ijasah dan transkrip S2 saya hilang. Saya telp ke ITB dan menurut sana tidak dpt mengeluarkan ijasah hanya surat keterangan ijasah. Menurut pengalaman mas Rischan bisakah surat keterangan pengganti ijasah digunakan utk studi ke luar negeri, mengingat saya sedang mengurus rencana S3 ke taiwan.

    1. ndak ada file scannya ya mbk?, klo dalam kasus saya kan saya sudah punya file scan nya, dan ijazah kita kan bhs Indonesia, jadi ketika kita mau apply ke LN tentu harus di terjemahkan terlebih dahulu pake sworn translator, dan hasil terjemahan itu yg dipakai buat apply mbk🙂

      klo transkrip dr kampus saya ada english ada Indonesia, jadi ndak perlu sy terjemahkan,

      semoga membantu🙂

      1. kesalahan saya adalaha ijasah dan transkrip versi Indonesia ndak saya scan, yg saya scan hanya ijasah dan transkrip versi inggris. Klo transkrip bisa minta yg seperti asli kan ya? hanya ijasah yg ndk bisa dan hanya akan dpt surat keterangan ijasah. Trus pas studi di LN nanti yg asli jg ditunjukkan bukan, bermasalah ndak kalau hanya menunjukkan surat keterangan ijasah?

        1. itu sepertinya kebijakan kampus masing2 mbk, klo dulu pas saya, saya cuma pakai yg hasil terjemahan itu mbk🙂

          Coba bisa ditanyakan ke pihak kampusnya mbk😀

  3. seminggu yang lalu saya baru kemalingan bang, seluruh dokumen2 penting saya ikut di angkut , ijazah dr tk-smk sampai ke rapor2nya, akte, sertifikat dan piagam2 . saya sedang merantau dipulau lain dan sebentar lagi saya habis kontrak dari kerja sementara itu saya takut bercerita sm keluarga sy tentang ini( takut kepikran yg dsana) gimana solusi ya bang. ??

    1. lapor ke kepolisian setempat, nanti pakai surat kehilangan itu buat ngurusnya, ngurus akte ke capil, untuk ijazah ke sekolah nanti ada surat pengganti ijazah, nah untuk sertifikat sama piagam ya harus di ikhlaskan mas/mbk, krn itu ndak bisa kita urus🙂
      smoga lancar😀

  4. wah kakak orangnya sabar ya
    dokumen penting udah hilang semua tetep semangat
    semoga aku bisa mencontoh kakak hehe🙂
    Semoga Allah merahmatimu ya kak🙂

  5. Assalamu’alaikum Ustadz..
    Saya menghilangkan ijazah S1 suami saya, padahal mau digunakan untuk kuliah S2 diluar negeri, saya stress banget.
    Bisa dirinci ga,, bagaimana langkah2 untuk mengurus ijazah yang hilang,,
    trima kasih.
    wassalam

  6. Assalalamu’alaikum ustadz. Saya mau tanya, knp anda lebih memilih untuk menuntut ilmu / kuliah di seoul? Mohon balasannya🙂 wls.

    1. jurusan sy computer science yg biasanya tiap hari di depan PC, yg jelas seperti di berita koneksi internet tercepat di dunia itu di korsel, makanya sy apply kesini, sy juga apply ke kampus lain ke saudi King Fahd, diterima juga tapi sy ambil yg sini krn alasan tadi, terkait dg jurusan sy, terimakasih

    1. Kampus mana mbk?
      di urus aja ke kampus, yang pasti kebijakan dari pemerintah kita, ijazah cuma di cetak sekali, jadi jangan harap dapat ijazah yang persis seperti yang dulu mbk, yang ada kita cuma dapat surat pengganti ijazah hehe🙂

        1. yupz.. sama-sama hehe, emang sistem di negara kita ribet mbk, ijazah cuman di cetak sekali, repotnya klo ilang kek gini, klo disini ijazah ngeprint sendiri ada alatnya di kampus🙂

  7. Mas, gimana cara mengurua ijazah yg hilang itu? Kebetulan saya mengalami kejadian yg mirip, dan skrg bingung harus gmn krn mau lanjutin pendidikan lg huhuhu. Any advice? Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s