Mbah Muh

Seorang anak kecil yang masih berusia 4 tahun teriak “Mak…makk…” di pinggir jalan sebuah gang depan mesjid, Seorang wanitapun datang dan memeluk kemudian mengajaknya pulang kerumah.  Itulah Aku, sejak 4 tahun aku sudah disuruh sama mak ku (Ibu ku) * sampe sekarang akupun masing memanggilanya mak😀. aku selalu dilarang oleh ibukku untuk absen dari ngaji, 4 thn aku sudah bisa baca Quran dengan lancar. Alhamdulillah Allah memberikan kemudahan padaku untuk membaca kitabnya.

“Alib, Ba, Ta, Inna, Inna” teriak2 seorang yang sudah cukup tua seperti membentak-bentak, Mbah Muh, sampai akupun juga tak tau nama lengkap beliau, biasa kami menyebutnya Mbah Muh, Guru ngaji tercintaku, sebagai perantara dari Allah agar aku bisa mengeja FirmanNya.

Klo teringat bener2 terasa menyayat hati apalagi sekarang beliau sudah sepuh, Aku sampai bingung harus bagaimana membalas kebaikan beliau dan akhirnya aku tau dan paham cara membalasnya adalah dengan mengajarkan ilmu pada orang lain, oleh karena itu jujur saja saya sangat suka ngajar TPA, ngajar anak belajar ngaji, karena saya tau bahwa amalan kita bisa menjadi amal jariyah yaitu amalan yang tak kan pernah putus pahalanya meskipun besok kita sudah mati selama ilmu yang kita berikan itu turun temurun diajarkan.😀

Mbah Muh, perawakan gagah, suara besar dan lantang, tak segan-segan untuk memarahi anak-anak yang tak serius ketika mengaji. Klo dulu aku tak kenal iqra (Metode baca quran sekarang) yang ku kenal adalah Turutan yaitu semacam juzz amma.

Entah aku juga tak tahu dulu aku sangat serius belajar ngaji, sehingga banyak temen2ku yang bahkan umurnya lebih tua dari aku belum bisa baca quran tapi aku sudah, malah kadang sama Mbah Muh disuruh ngajarin temen yang lebih tua untuk baca Quran.

Itulah Mbah Muh, aku tidak bisa menjabarkan lebih luas lagi, karena apalagi sekarang, dulu saja aku juga jarang ketemu, meskipun satu desa tapi aku jarang pulang ke rumah sejak SMA😀 . jadi ya gitu deh…

Semoga Allah selalu merahmatimu, Guru Tercintaq.😀

Amien

Leave a Reply

