Ustadz Waris Fakhruddin, SHI, MSI

Kali ini aku mau menulis mengenai seseorang yang insyaAllah aku tak kan pernah melupakan beliau ini. Belia ini seseorang yang menurutku adalah orang yang sangat berbeda dengan orang lain, keras, teguh dalam kebaikan, sangat membenci kemaksiyatan, dan selalu berusaha untuk menebarkan islam dimana saja kapan  saja. Beliaulah Ustadz Waris Fahruddin saat tulisan ini ditulis beliau menjabat sebagai Ketua FPU ato Forum Peduli Umat Temanggung dan ketua IKADI Ikatan Dai Indonesia se Temanggung.

Jadi Gini kawan, Kawan-kawan yang sudah baca tulisan ku mengenai sejarah hidup ku yang gak jelas ini hehe, disana akan temen2 temui ketika aku lulusa dari MTsN Parakan, dengan mengantongi 10 Besar, tiba2 Bapak dan Ibuku berencana untuk tidak memberi kesempatan padaku untuk melanjutkan ke SMA, yah sekali lagi aku tekankan karena alasan klasik yaitu ekonomi. Tapi seperti yang sudah aku tuliskan pula, berkat jasa Bu Khus yaitu walikelas ku kelas 3 akhirnya Bpk ku diyakinkan oleh Beliau agar aku tetep melanjutkan ke SMA N 1 Temanggung.

Daftar, Berangkat Daftar, Pergi ke kota temanggung untuk pertama kalinya, semua saya lakukan sendiri, seorang Anak yang teramat kecil, bener kawan dulu aku sangat teramat kecil klo tak percaya ini aku kasih foto ku kelas 2 SMA, bayangin aj ini foto kelas 2 SMA, bagaimana kelas 1? hehehe, tapi beda sekali wajahnya dulu ketika masih polos dengan wajah sekarang yang sudah penuh dengan perbuatan dosa dan ketidak polosan hehe..

Rischan SMA Kelas II
Rischan SMA Kelas II

SIlahkan bisa di tebak aku yang mana? hehe😀.

SMA masa-masa perubahan dimana aku dulu SMP begitu polos tapi agak nakal, yang tak tau apa-apa yang sangat penakut untuk bicara di depan umum, di SMA aku belajar banyak hal kenal dengan teman-teman yang luar biasa dan orang-orang yang luar biasa pula.

Mulailah perjalanan di SMA ini, kenal dengan temen-temen baik akhirnya kelas I saya di ajak untuk tinggal gratis di rumahnya salah satu guru bahasa Inggris di SMA N 1 temanggung, yaitu Bpk Hendik, alhamdulillah ini sungguh pertolongan Allah. Rumah Beliau amat dekat dengan SMA ku, tiap kali adzan yang dikumandangkan di masjid Bendo, masjid terdekat dari rumah yang saya huni bareng temen-temen saya datang ke Masjid untuk menunaikan kwajiban sebagai seorang muslim dan untuk bertemu dengan kekasih tercinta. Nah.. singkat cerita karena aku sering dateng ke masjid Bendo akhirnya aku kenal dengan Beliau Ustadz, Mustofa Latif, yang dulu pas aku masih di SMA Beliau jadi ketua RT di Bendo Temanggung.

Dari Ustadz Mustofa Latif ini aku dibujuk untuk tinggal di Masjid sebagai Takmir Masjid, dan entak kenapa akupun tak tau aku terbujuk, bareng 2 orang aku dengan temenku, kisah haru, senang, sedih  banyak sekali bermunculan ketika aku menjadi takmir di Masjid Bendo ini.😀

Nah disinilah awal aku bertemu Beliau Ustadz Waris Fahdruddin, Kediaman Beliau cuma beberapa langkah dari Masjid Bendo, tapi beliau jarang sekali di Rumah, klo tidak sedang ke luar Jawa untuk dakwah islam ke beberapa plosok daerah sperti papua, Ntt, NTB klo tidak itu yang mungkin sedang safar ke India, Myanmar, Malaysia, Makkah ato Madinah. Itulah Ustadz Waris.

Beliau sangat baik, tak pernah perhitungan, klo punya apa-apa dan kami membutuhkan beliau selalu ngasih, bener-bener pribadi yang sungguh baik. Singkat cerita lagi ada kisah yang sangat membuat ingatanku tak kan pernah mampu untuk melupakan hal ini. Ketika itu kegalauanku melanda, Allah memberikan cobaan bagiku yaitu ternyata aku tak dapat beasiswa penuh di UNDIP dan aku memutuskan untuk tidak mengambilnya dan menunggu pengumuman dari STAN dan akhirnya akupun tak diterima di STAN, disini aku bener-bener galau, bener-bener tak tau harus berbuat apa, sempet frustasi, lulus dari SMA tidak ada skill, yang lain melanjutkan aku tidak, dan alhamdulillah Allah memberikan jalan lain, ada pelatihan gratis dari Balai Latihan Kerja Temanggung (BLK) aku ambil tehnisi komputer dan akhirnya aku langsung di pekerjakan di tempat tentorku di BLK yaitu tempatnya pak Joko yaitu di Andra Comp. Ketika di AndraComp aku tetep tinggal di Masjid Bendo, jadi totalnya kira-kira saya tinggal di Masjid itu kelas 2 SMA sampai lulus dan sampai aku kerja 1 tahun sebagai tehnisi komputer, jadi kurang lebih 3 tahunan.

Saat posisi kerja ini aku selalu di tekan oleh Ustadz Waris untuk melanjutkan kuliah, Beliau selalu bilang Han, kamu itu punya potensi yang besar, sayang klo tidak di manfaatkan, nek wis ngerti duit, wis kerjo suwi suwi mengko selak males neh meh sinau neh, kono ndang daftar kuliah. Perkataan itu selalu aku ingat.

Akhirnya suatu ketika Beliau ustadz waris memberikan aku sebua brosur. Brosur Kampus UIN sunan Kalijaga Yogyakarta.

saat itulah untuk pertama kali aku tau UIN Sunan Kalijaga hahha, aku lihat ooo ternyata Ustadz waris ngasih brosur ini karena di dalamnya ada jurusan Teknik Informatika, oklah klo gitu aku lihat di bagian biaya, aku sempet kaget, sungguh sangat murah. SPP 600ribu per semester, masuk total cuma 2,3 juta sudah sama SPP 1 semester.  Aku bilang sama Ustadz Waris, Ustadz aku punya uang segini klo buat daftar UIN cukup sih tapi bagaimana aku hidup di Jogja pak?

Beliau hanya tersenyum, senyuman yang khas, “Han, Han, wis pirang taon kwe urip ng mesjid?, apa kamu tak percaya sama Allah?. Lha wong pitek ae sik ra duwe akal yo iso mangan wareg koq opo meneh menungso”😀.

Bahasa yang mudah di cerna tapi sangat susah untuk di amalkan, Akhirnya beliau Bilang “Wis duitmu nggo sangu ae mrono, Kiro2 nek kro njaluk wong tuwomu iseh kurang piro mengko ngomong Aku, ” dengan keras, logat lampung khasnya Ustadz Waris. Akhirnya akupun bilang ke Bpk Ibuku mengenai rencana ini, dan Bpk Ibuku karenena sudah saking kasihanya melihat aku, mungkin teringat waktu aku drop gara-gara tak bisa lanjut kuliah, akhirnya Bpk Ibuku dengan penuh kemantapan bilang bismillah dan akupun diijinkan untuk menginjakkan kakiku di bumi Jogja.

Itulah seklumit kisah mengenai Ustadz Waris, termasuk ketika aku mau berangkat ke Korea ini, Beasiswa Riset seperti ini tak diberikan fasilitas Tiket Berangkat dan Pulang, dan yang jelas juga Butuh sangu kan untuk hidup di korea sebelum beasiswa turun, karena beasiswa turun di awal bulan, Bulan kedua. beliau Ustadz waris hanya bilang yakinlah Han, Allah itu selalu disamping kita, ra mungkin Allah kan menelantarkan kita. Cuman itu dan satu lagi perkataan yang sangat saya ingat “Nek tekan ngisok pas nggone kwe mangkat ng Korea, kwe ra duwe duit, gowonen ATMu, kosong ra popo“. Bener2 penuh keyakinan beliau menyampaikannya, tapi tak semudah itu bagiku untuk yakin(*tanda iman ini masih lemah).

han Pokoe, kwe nek butuh opo opo tinggal ngomong, ra usah isin-isin.. ngomong ae, tak usahakke” (beliau inilah orang tua keduaku setelah Ibu dan Bpk ku di rumah).

Beliaulah yang menjadi perantaraku untuk tau Jogja, untuk Tinggal di Jogja, memberikan link Masjid untukku sehinggal di Jogjapun aku tinggal di Masjid sebagai Takmir, yaitu Masjid Prayan Raya untuk 4 Tahun.

Beliau juga yang mencarikan aku beasiswa untuk sangu dan keberangkatanku ke Korea. dan Alhamdulillah aku bisa sampai di Part II ini. Dan tak ku sangka Pula perkataan Beliaupun sangat benar. kemaren tanggal 12 September, 12 Hari saya tinggal di korea peristiwa inipun terjadi….  (aku dapat $1.500 USD)

Sunggu Tak Kusangka, Allah langsung Menggantinya😀 #Subhanallah 

Terimakasih aku ucapkan kepada Ustadz Waris Fahruddin, Terimaksih yang sangat banyak.. untuk bantuanya, untuk pertolongannya iya, tapi lebih lagi untuk nilai-nilai yang selama ini di tanamkan dalam pikiranku, yang menjadikan pola pikirku berubah, yang menjadikanku menjadi manusia yang lebih tawakal kepada Allah. Semoga Allah selalu memberikan rahmatNya padamu. Jazakallah Khoir.

3 thoughts on “Ustadz Waris Fakhruddin, SHI, MSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s