Idul Adha di negeri seberang

qurban

Ada yang berbeda dengan idul adha kali ini, sebenarnya sama saja sih dulu waktu saya masih di jogja juga tidak pulang pas idul adha karena harus stay di masjid Prayan Raya, malem takbir harus menemani adik2 lomba takbiran, dan siangnya kan sembelihan qurban, yang berbeda disini adalah tak ada gema takbir berkumandang😦.

Apalagi gema takbir yah? wong adzan aj gak pernah denger, paling ya suara alarm ato aplikasi adzan hehe😀. memang ada yang berbeda ketika dulu di masjid satu malem suntuk telinga tak pernah lepas dari suara takbir ketika hari raya, sekarang disini sepi😦. hehe, tapi tak apalah semuanya juga akhirnya tertebus ketika sholat ied😀.

yang berbeda lagi adalah ketika dulu di Jogja, saya urus keperluan untuk kelancaran sholat ied, sebelumnya juga mencari khotib dan iman dsb, klo disini hanya diem dan bertakbir dalam hati😦.
yang menjadi perbedaan lagi adalah entah ini harus di syukuri ato diwaspadai, pedahal saya di negeri sebrang ini baru datang tanggal 1 september, baru 1 bulan lebih lah, tapi tiba2 diberi amanah untuk jadi imam dan khotib iedul Adha 1434 H untuk sholat Ied kloter pertama jam 07.30 – 08.30 di masjid Umar Bin Khatab Gwangju South Korea.
Serasa Aneh saja, yah kwajiban dakwah adalah kwajiban bagi siapa saja seluruh umat islam, sekecil apapun bila ia tau ada suatu kebaikan maka iapun mempunyai kwajiban untuk berdakwah.
5 Hari sebelum idul adha saya di kontak sama Ust. Hilmy untuk jadi imam dan khotib idul adha, lha saya ya cuma tanya aj, pakai bahasa indonesia atau bhs inggris? Soalnya jujur aj sih, bahasa inggrisku masih belepotan banged, presentasi aj kadang ngaco, tapi masih mending klo presentasi kan ada hubungannya dengan teknik informatika ya istilah2 nya tidak terlalu susah lah, krn sudah sering dengar, tapi klo khutbah pake bahasa inggris sih jarang banged, belum pernah malahan hehe, baru di negeri ini saya mendengarkan khutbah pake bahasa inggris yaitu ketika khutbah jumat.
Nah Ust. Hilmy bilang kalo kloter pertama untuk indonesia koq, jadi pake bhs indonesia aj gpp, asal nanti pas mau sholat dikasih tatacara sholat pake bhs inggris soalnya biasanya ada jamaah dari negeri lain yang ikut sholat.

Ya udah oke lah,😀

di Hari H pas saya datang ke masjid umar bin khattab ya kaget aj ternyata separo jamaah masjid adalah bukan orang indonesia, wuih gila nie.. , tapi saya nanya gimana nie? tetep pake bhs indonesia, ok gpp.. ya udah majulah😀.

Sholat pun di dirikan dengan tambahan 7 takbir di rakaat pertama dan tambahan 5 takbir di rakaat kedua, kemudian habis itu saya sampaikan khutbah, sebenernya sih masih banyak yang belum saya sampaikan, tapi karena terbatas waktu jadi saya potong, kira2 seperempatnya dari semua yang seharusnya akan saya sampaikan, gpp lah😀,

oiya khutbah ied itu sebenernya cenderung lebih bebas, ada banyak perbedaan sih, tapi saya ambil amannya saja lah, klo biasanya di dessaya yang mayoritas penduduknya nahdiyin ya mirip seperti khutbah jumat lah, di khutbah pertama dan kedua ada wasiyat taqwa dan shalawat, kemudian baca quran juga, pakai 9 x takbir di khutbah pertama, dan 7x takbir di khutbah ke2. Jadi saya ambil cara ini saja😀.

Isinya sebenarnya yang mau saya sampaikan adalah mengenai hikmah2 dari kisah Nabi Ibrahim as dari lahir sampai perintah Allah untuk menyembelih nabi ismail.

1. Dakwah Nabi ibrahim pada orang tuanya, dakwah tauhid nabi ibrahim

2. Kisah Hajar, wujud dari istri yang taat pada suami, tak pernah putus Asa, dan wujud dari Ibu yang berqurban untuk buah hatinya.

3. Kisah Ismail, wujud dari anak yang taat pada orang tua, dan sangat taat pada Allah

4. Ibrahim, Hajar, Sarah, Ismail adalah keluarga teladan

5. Berquran : mencintai Allah melibihi segalanya, sikap tawakal nabi ibrahim, hajar, dan sarah yang patut dicontoh.

mungkin klo semuanya saya sampaikan bisa sampai 1 jam lebih hehe.

tadi pas khutbah ada peringatan 5 menit lagi, padahal baru sampai point 1, akhirnya saya close aj kemudian duduk, dan lanjut ke khutbah kedua.

khutbah kedua saya isi dengan doa seperti halnya doa ketika khutbah kedua jumat di tambah doa untuk saudara2 kita yang sedang berhajji dan sedang berqurban saat ini.

Teruntuk saudara kami yang saat ini sedang mendapatkan panggilan untuk bertamu di rumahNya, kami mohon ya Rabb, terimalah Haji mereka, jadikanlah haji mereka haji yang mabrur.

Teruntuk kami yang masih ada disini, yang belum engkau panggil untuk berkunjung ke rumahMu ya Allah kami mohon ya Rabb berikanlah panggilanMu kepada kami sehingga kami bisa berkunjung ke rumah suciMu.

Teruntuk saudara kami yang setelah sholat ini akan menunaikan ibada qurban terimalah qurban mereka ya Rabb, ridhailah mereka ya Rabb.

dan Terutuk kami yang tahun ini belum bisa menunaikan ibadah qurban, semoga Engkau ya Allah memberikan kelapangan hati dan rizki pada kami di tahun depan sehingga kami bisa berqurban.

Amien😀

Edisi Idul Adha 1434 di negeri Seberang😀

*gambar diambil dari sini

8 thoughts on “Idul Adha di negeri seberang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s