Cintaku sudah mulai tumbuh di Gwangju

Apa lagi nie judul, hehe.. emang kan udah pada tau klo blog ini mang gak jelas hehe..

Prend2, kadang aku tak percaya dengan pepatah yang bilang “Hujan emas di negeri orang, Hujan batu di negeri sendiri” pilih mana? lha yo klo pilihanya spt itu klo kek gini gimana? “Hujan batu di negeri orang ato Hujan emas di negeri sendiri”? ato kedua2anya adalah hujan batu, ato kedua duanya adalah hujan emas, ahh.. malah pusing malah jadi mikirin batu dan emas😀

Yang jelas se enak-enaknya hidup di negeri orang itu pasti enak hidup di negeri tercinta iya gak? ada yang gak setuja? heheh😀, yang gak setuju silahkan kasih komentar dunk, alesanya appe🙂

Hidup di negeri orang yang bukan negara islam, ato bahkan di negera yang tak beragama (hhee * spt yang sy tempati) itu memang ada tantangan tersendiri.

  1. Makan : lha ini penting, krn sesuatu yang haram itu tempatnya di neraka?, dan bagaimana dengan anak kita besok, bukanya makanan yang kita makan itu akan jadi darah dan daging, tentu itu juga akan berefect pada anak kita besok., disini rata2 daging babi, adapun daging ayam maupun sapi pasti tidak di sembelih dengan nama Allah. ketika mw beli ciki aj bingung, soale banyak yang terbuat dari itu deh, es krim juga lhoo.. makane bingung klo mau jajan.
  2. Sholat : lha ini dia tantanganya, gak ada adzan, klo gak pasang aplikasi prayer remainder ya jelas lupa wong jam kuliah aj dari jam 3 sampe jam 6 pdhl ashar jam set4 dan magrib jam set 6?. wah wah wah.. ya kan mereka bukan muslim ya wajar ngasih jadwal kuliah kek gitu.
  3. Ngomong : lha ini ribetnya, disini masyarakat sini ya mirip spt di indonesia lah, rata2 hanya kalangan akademisi yang bisa bhs inggris, yang lain ya pake bhs local😀 termasuk klo mw blanja, pamflet, pengumuman, bis, halte apapun lah pake bhs local.
  4. Culture Shock: klo imam syafi’i aj ketika liat betis dia lupa beribu2 hadist, bagaimana dengan ane ya? hehhe, klo dulu di indo ketika liat yang hot2 gitu masih bisa istigfar, ya klo disini gimana ya? soalnya umum mah klo disini, ya itu udah jadi umum, ke kampus ato kuliah pake kek gituan itu umum disini bro.😛
  5. Toilet Shock: mau aku foto sih toiletnya, ato besok aq jadiin postingan sendrii deh, disini klo di toilet ada semacam pencet2an kyk buat maen game itu, ternyata itu bisa milih mw di semprot pake air panas ato adem, berapa kekuatan semprotannya, kemudian klo udah di semprot mau di anginin apa dipanasin dsb wkwkkw.. yang jelas tau lah disini rata2 pake tisu, tapi aku tetep lebih suka air lah😀 #air is the best for thoharoh hehe…

Nah dari sekian problematika alhamdulillah sampe sekarang sudah menemukan beberapa solusi:

  1. Makan : Blanja daging seminggu sekali habis jumat, ada daging halal, klo jajan ciki harus dibaca komposisinya ada dueji goginya gak, klo mau bisa ke tempat yang jualan ayam hidup terus di sembelih sendiri di sana😀
  2. Sholat : wah nie tadi temenq bawa sajadah ke kelas, jadi enak donk, klo gak ada sajadah ya kertas pun jadi, ato jaketpun jadi, yang jelas ketika ada waktu break dan itu waktu sholat ya sholat lah.. misal di keramain ya tinggal kita sholat, ngapain kita mikirin orang, wah malu ahh.. kek orang gila di pinggir jalan sholat, lhaa wong mereka yang bermaksiyat cium2an di tempat umum pdhl bukan dengan istrinya aj gak malu, koq kita yang mau beribadah sama Allah malu.. harusnya malu dunk, klo sampe malu sholat di tempat umum,😛 toh mereka juga cuek, klo yang udah tau mereka juga paham koq.. ok #solved
  3. masalah bahasa emang harus belajar, toilet ya adaptasi lah, dan mata juga perlu untuk adaptasi😛 hhahhaha.

Disamping itu sesuai dengan judulnya, alhamdulillah disini ada saudara2 pekerja dari indonesia yang bisa bikin rame, temen2 exchange, dan yang jelas event2 yang gak kalah seru. bisa ane list:

  1. Ada yasinan bulanan di masjid Umar bin Khatab, klik aku dunk klo mau tau  nah ini tiap bulan sekali jadi kita bisa ketemu sama temen2 pekerja dari indonesia, dulu pas pertama ke sana langsung di suruh kultum, haha, padahal orangnya aj kek gini😀 , ya saling menasehati itu wajib koq😀 , termasuk dulu juga ane diminta jadi khotib dan imam sholat ied di masjid ini. Seneng aj bisa bermanfaat yah, ilmu yang selama ini dikaji akhirnya dipake juga😀
  2. Sering banged ada acara makan2, masak2 dkk , ini dia orangnya Mas Wasis yang selalu jadi sponsor kita pas acara makan2 heheh😀, kita mah tinggal makan dan masak, e klo aq sih tinggal makan nding wkkw. ini yang buat krasan disini heheh.
  3. Event manggung, lha ini aku lupa maren itu event apa yah? yang jelas kita para saman dancer manggung lah hehe.. klo mw liat pideonya ini dia , darisini kita dapat duit juga.
  4. GIC day, nah gwangju international center bener gak ya singkatanya?, nah klo ini seru, lomba man, antar negara, dan indonesia dapat juara satu, sebenernya pas acara itu ada tarian kek gitu sih, klo liat ngeri deh, parah pokoe narinya pake perut hehehee, cewe2 sexy gitu. .. tapi yang jelas saman no 1 bro, dan selain itu kita juga juara culture experience juga .. bisa dilihat di website perpika ini  ato klo mau liat videonya langsung bisa ini.
  5. Nah ada yang lucu juga disini, habis menang kita di suruh tampil sekali lagi nih, malah ada yang ketuker posisinya, klo mw liat video nya ini => lucu deh.
  6.  ini ane sama temen lab, sama temen2 exchange, entah deh klo mereka pulang keknya bakalan kangen banged,padahal mereka disini cuman nyampe desember😥 . keinget waktu2 latihan saman dkk.. hehe, nanti ane bikinin postingan sendiri ah, kisah kasih di latihan saman wkwkwk😀 , ane ane bae.
  7. Dolan, nah ini, insyaAllah 8 November besok ke Jeju. hehee.. semangad, klo masalah dolan itu jelas paling semangad lah.. dan yang buat krasan itu dolan, terasa ingin selalu hari sabtu dan ahad hahahaa..

Sepertinya udah ahh.. ini nyambung gak ya ? judul ama isinya?

kyknya mang di blog ini gak pernah ada yang nyambung antara judul dan isinya wkkw.. udah ah.. nyante bae, mugo2 ae iso krasan #amien😀 ,

18 thoughts on “Cintaku sudah mulai tumbuh di Gwangju

  1. Assalamualaikum mas ris informasinya berguna sekali kamsahamnida ^=^
    Saya jadi tertarik untuk ambil S2 di korea, tapi yang saya bingung tentang jurusannya, klo universitas di korea yang jurusannya kesehatan selain seoul university apa aja saja?
    Terus ada yang bilang IP nya harus minimal 3,25 benar? Atau 3,0 pun masih bisa mengikuti?

    Terima Kasih ^^
    Salam kenal

  2. Salam kenal, postingannya menarik sekali mas. Ngomong2 mas jowo yaa? jowo mana? hehe
    Saya riska melihat dr postingan panjenengan saya jadi tertarik untuk kuliah di korea inshaAllah ingin menembus tembok kgsp (tapi opo yo iso) hehe tp saya S1 dr jurusan agribisnis fakultas pertanian UB. Yang mau saya tanyakan haruskah saya mengambil jurusan S2 sesuau dg S1 atau bagaimna? mohon pencerahannya🙂

  3. Serrrruuuuu tadz … lucu juga ya toilet di sana … banyak tombolnya … rame kek di pasar malem … hahahahahah

  4. Assalamualaikum Mas Rischan, alhamdulillah ada ya ternyata daging halal di korea😀 saya kira tidak ada yang memperhatikan hal ini sama sekali..
    Kalau boleh tahu beasiswa yang diikuti sebelum berangkat dulu yang jenis apa? KGSP kah? Saya sedang skripsi, jurusan D4 Teknik Informatika. Bismillah ingin daftar beasiswa S2, kalau bisa di Seoul atau Busan, hehe.
    Terima kasih atas infonya yang lengkap. Barakallah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s