LGD dan Essay on the spot LPDP

Setelah selesai wawancara, sorenya adalah jadwal Essay on the spot jam 13:50 dan LGD 14:40. Jadi ini seperti satu paket. Saya mendapatkan kelompok 15B. Ketika kelompok 15B dipanggil, saya meninggalkan ruangan dan menuju ke ruang essay dan disitu berkumpul teman-teman sekelompok yang nantinya menjadi satu ruangan ketika LGD.

Setelah masuk ruangan essay, kita akan diberi lembar jawaban dan soal. Ada dua soal dan diminta untuk menulis salah satu. Soalnya berbahasa Indonesia, tapi kita harus membuat essaynya berbahasa Inggris. Soal yang pertama yaitu mengenai Isu tax amnesty dan soal yang kedua mengenai isu konflik di tanjung balai yang bermula dari provokasi di sosial media.

Entah kenapa padahal saya lebih familier dengan istilah-istilah sosial media, tapi saya lebih memilih untuk menulis mengenai tax amnesty, karena jujur saja kalau isu yang agak ke agama nanti malah takut jadi sara. Sayangnya kalau saya harus nulis ulang essay tentang tax amnesty saya disini tentu jelas saya lupa karena saat itu waktu benar-benar mepet. Yang jelas bagi teman-teman yang pernah ikut IELTS writing tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk penulisan essay ini.

LGD

Setelah waktu habis dan kita harus meninggalkan ruangan, kita langsung diminta untuk memasuki ruangan sebelahnya yaitu ruangan LGD. Yak tentu, diskusinya harus dengan bahasa inggris. Tiba-tiba ada seorang yang jago ngomong bahasa inggris membuka diskusi dan bersedia jadi moderator dan dia yang ngatur jalannya diskusi.

Intinya sih kalau saya, baik Essay dan LGD yang penting kita sering baca berita saja agar sedikit paham pengenai persoalan akhir-akhir ini yang terjadi di Indonesia.

Untuk topik LGD, kita mendapatkan topik vaksin palsu. Jadi kita diskusi mengenai topik ini.

Jadi, intinya slow saja, tips nya untuk essay on the spot dan LGD dari saya adalah:

  1. Baca berita akhir-akhir ini, bagi yang mau ke LN mending thejakartapost karena kan berbahasa inggris, jadi kita bisa tahu kosa kata di kasus-kasus yang lagi jadi tranding di Indonesia.
  2. Untuk essay on the spot, bagi yang belum pernah nulis essay dengan bahasa inggris tentu pasti kewalahan, jadi kuncinya ya latihan.
  3. Ketika diskusi di LGD, udah PD saja, misal ada teman yang bahasa inggrisnya capcus keren banget, slow saja, yang penting kita berusaha dengan sebaik-baiknya untuk mengutarakan pendapat kita dengan baik dan benar.

Saya kira cukup yah, semoga bermanfaat tulisan ini.

Berikut tulisan-tulisan lainya mengenai seleksi LPDP saya:

  1. Page Khusus semua tentang LPDP.
  2. S3 ku mau kemana? 
  3. Essay sukses terbesar dalam hidupku LPDP
  4. Essay kontribusi bagi Indonesia LPDP
  5. Seleksi administrasi LPDP
  6. LGD dan Essay on the spot LPDP
  7. Pengalaman dan Tips lolos seleksi wawancara LPDP
  8. FAQ Beasiswa (Pertanyaan seputar beasiswa)

5 thoughts on “LGD dan Essay on the spot LPDP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s