Pengalaman Test IELTS di ILP Cimanggu Bogor

Saya tinggal di Bogor semenjak menikah karena istri saya waktu itu mahasiswi IPB yang lagi sekripsian. Sehabis istri selesai skripsi sama mertua diminta pindah ke rumah beliau. Jadi akhirnya kami tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah) karena persiapan istri mau lahiran. Walaupun Bogor itu Jabodetabek tapi saya tetap merasa bahwa ke Jakarta itu jauh, makanya saya malas kalau harus test IELTS di Jakarta. Setelah saya mendapatkan respon penolakan surat pindah kampus saya dari LPDP seperti yang sudah saya ceritakan di sini, akhirnya mau tidak mau saya harus milih, nyari kampus lagi di negara Korea atau test IELTS, sedangkan penerbiat LoS (Letter of Scholarship) dari LPDP untuk Awardee Luar Negeri hanya terbatas maksimal dua kali dan itu semua sudah aku pakai ke UQ dan ke Kyung Hee University, jadi sudah tidak bisa daftar kampus lain lagi. Jadi mau tidak mau saya harus test IELTS. Penolakan surat permohonan perpindahan LPDP saya itu bulan Februari 2017, setelah itu saya langsung cari-cari tentang test IELTS di Bogor, Alhamdulillah ternyata ada yaitu dari IALF yang kerjasama dengan ILP Cimanggu Bogor.

Sayangnya untuk test IELTS bulan Maret 2017 sudah habis alias kursi sudah penuh, yah lagi-lagi saya harus memilih yaitu ke Jakarta atau test di bulan setelahnya yaitu April. Setelah saya pikir-pikir ya sudah akhirnya saya tetap mendaftar test IELTS di ILP Cimanggu untuk tanggal 29 April 2017. Nah untuk persiapan IELTS saya benar-benar pas-pasan. Walaupun saya lulusan S2 dari Korea yang notabanenya sudah terbiasa dengan bahasa inggris tapi bahasa inggris saya tidak begitu bagus dan yang pasti untuk IELTS itu memang kita harus persiapan. Persiapan agar bisa familiar dengan tipe soalnya, dan setelah saya melihat banyak video mengenai IELTS tips ternyata mengerjakan soal IELTS ada banyak sekali tips-tipsnya dan hal-hal itu tidak bisa saya dapatkan tanpa belajar. Jadi yang mau baca cara belajar IELTS mandiri saya bisa dibaca disini. Ternyata test IELTS di ILP Cimanggu untuk bulan April dipindah ke Hotel Arnava (masih deket dari kantor ILP Cimanggu) karena saat itu di depan ILP Cimanggu sedang ada pengerjaan proyek tol Bogor jadi takut nanti mengganggu peserta test. Kalau dari saya sendiri sih, untuk tempat memang lebih nyaman karena di Hotel, tapi sayangnya untuk penitipan barangnya yang teralalu jauh. Peserta test harus menitipkan barangnya di resepsionis lantai satu, kemudian hanya membawa kartu identitas dan Air minum dengan botol transparan, Testnya di Lantai tujuh. Jadi kalau mau ambil sesuatu di tas jauh banget, soalnya ternyata persiapan sebelum testnya waktunya cukup lama, dari mulai antree foto dan sidik jari terlebih dulu, kemudian ndengerin penjelasan dan aturan test IELTS sebelum masuk ruangan dsb.

Overall, pengalaman yang cukup bagus untuk mengikuti test IELTS di ILP Cimanggu Bogor, tapi saya tidak tahu ya kalau testnya dilaksanakan di gedung ILPnya.

Untuk detail bagaimana soalnya, testnya bagaimana silahkan baca tulisan saya ini.

2 thoughts on “Pengalaman Test IELTS di ILP Cimanggu Bogor

Leave a Reply

