Permohonan Pindah Universitas LPDP

Dalam post ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengajukan surat permohonan pindah Universitas LPDP luar negeri / beda negara. Bagi yang mau tahu kenapa saya harus mengajukan perpindahan kampus dan bagaimana cerita detailnya [silahkan bisa dibaca di tulisan berikut ini].

Kasus saya adalah saya harus mengajukan perpindahan kampus beda negara, dan saya mengajukannya di bulan Mei tahun 2017, saya menyebutkan tahunnya karena bagi Awardee LPDP pasti tahu mengenai perpindahan kampus sebelum tahun 2016 dan setelah memang beda hehe

Pindah universitasnya yaitu:

Dari    : Seoul National University, South Korea

Ke       : The University of Queensland, Australia

Baik, untuk langkah-langkah pengajuan surat permohonan pindah universitas LPDP adalah sebagai berikut:

  1. Unconditional LoA kampus yang mau dituju, ini adalah syarat utama, tak mungkin mau mengajukan pindah kampus tapi unconditional LoA belum dipegang.
  2. Membuat surat permohonan pindah kampus, bagi yang bingung seperti apa suratnya. [Silahkan bisa melihat surat saya di sini]
  3. Ajukan surat permohonan pindah kampus beserta lampiran-lampirannya ke email lpdp.dkp3@kemenkeu.go.id (JANGAN SAMPAI SALAH EMAIL).
  4. Setelah itu nanti akan direpon emailnya oleh Tim DKP3, misalnya, terimakasih surat perpindahan anda sudah diproses. Biasanya kalau ada syarat yang masih kurang akan langsung dibalas di email tersebut.
  5. Proses memakan waktu maksimal 10 hari kerja, tapi surat pindah saya lebih dari tiga minggu hehe, silahkan simak kisah lika-liku pengajuan perpindahan saya di tulisan ini.
  6. Setelah selesai nanti akan ada balasan respon dari DKP3 mengenai perpindahan anda, bisa disetujui atau tidak. Ini contoh surat balasan dari DKP3 yang menyatakan bahwa surat permohonan pindah universitas saya disetujui. [Berikut contoh suratnya di sini]
  7. Setelah mendapatkan balasan dan dinyatakan disetujui oleh LPDP perpindahannya. Tidak selang beberapa lama saya langsung mendapatkan email dari lpdp.dkp2@kemenkeu.go.id yang berisi KONTRAK. Bila tidak mendapatkan email terkait kontrak bisa kirim email ke DKP2 menanyakan perihal kontrak dengan melampirkan unconditional LoA dan persetujuan perpindahan kampus dari LPDP.
  8. Setelah itu tinggal ditandatangani kontraknya dan di kirim pos ke LPDP, nanti ketika kontrak sudah ditandatangani oleh pak Kahar, anda akan dapat email untuk mengambilnya ke kantor LPDP.
  9. Setelah itu anda akan memperoleh akses ke simonev.

Oke deh, begitulah langkah-langkahnya..

Semoga bermanfaat yah…

Bagi yang ingin mengajukan perpindahan kampus beda negara setelah 2016, jangan kecil hati dulu, kalau alasannya masuk akal pasti bakal diterima.

3 thoughts on “Permohonan Pindah Universitas LPDP

    1. sudah tidak mas,
      untuk persyaratan juga beda antara DN dan LN

      Begitu juga test substansi juga beda, kalau yg LN harus bahasa inggris semua yg DN bahasa indonesia

      jadi perpindahan dari dalam ke luar sudah tidak bisa, tp klo dari luar ke dalam masih bisa dengan alasan yg masuk akal misal sakit atau apa

Leave a Reply

