FAQ Beasiswa

Tulisan Kuliah di Korea ini walaupun hanya sedikit tapi viewernya banyak sekali dan hampir setiap hari ada yang bertanya dalam komentar. Sempat ada yang bertanya alamat email saya, dan saya kasih email saya di blog ini, eh ternyata pertanyaan bejipun masuk ke email. Oleh karena itulah saya membuat page ini yaitu FAQ (Frequently asked questions) Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman semuanya mengenai beasiswa.

Sebelum membahas ke situ, saya sebelumnya akan mengawali dengan beberapa informasi yang penting. Jujur yah, kita, saya dan juga teman-teman yang kuliah di Luar Negeri wabil khusus Korea sering juga ngobrolin tentang teman-teman semua yang sering menanyakan persoalan beasiswa. Dan memang banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang lucu dan menggelikan, tapi juga jujur saja memperihatinkan. Contoh-contoh pertanyaan-pertanyaan yang lucu adalah seperti berikut ini:

  1. Kak, universitas di korea yang ada jurusannya ini apa, kak jurusan ini di korea ada gak?
  2. Kak, pendaftaran beasiswa KGSP dimulai kapan?
  3. Kak, blablabla (padahal jawaban dari pertanyaan itu sudah ada di tulisan yang saya tulis)

Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat kita simpulkan bahwa, banyak teman-teman semuanya sangat bersemangat untuk dapat beasiswa di luar negeri tapi tidak mau membaca dengan detail, lebih lagi tidak mau mencari informasi. Ibarat kata, kita sudah menghidangkan makanan, eh masih minta di suapin, itulah yang terjadi. Kalau adek-adek semuanya mau cari tau saja contoh pertanyaan pertama tadi pasti sudah kejawab (sekarang sudah ada search engine GOOGLE yang begitu hebat), kemudian kalau adek-adek mau baca saja KGSP guideline yang itu tinggal di download di website resminya, itu yang namanya timeline (dari pendaftaran, penutupan, syarat, dkk, semua informasi) itu ada disitu, dan yang ketiga itu yang bikin kadang saya geleng-geleng, masak dia komen di tulisan saya kok bertanya yang jelas-jelas pertanyaannya sudah ada jawabannya di tulisan.

Ada juga pengalaman yang cukup menarik, misal ada yang minta saya untuk mengenalkan ke Professor di Korea, saya kemudian tanya balik ke yang bersangkutan, udah punya TOEFL, ternyata belum, kemudian saya minta padanya untuk mengirimkan CV nya, ternyata pas saya lihat CVnya bikin saya geleng-geleng. Jadi, semangat itu harus karena itu adalah bahan bakarnya tapi tetap juga harus usaha ya, ya di persiapin yak, googling how to write a good CV, terus TOEFL nya di persiapin yak. Kita teman-teman disini dengan senang hati akan membantu apalagi nanti ada temen-temen Indonesia yang mau daftar ke lab saya, bagus banget jadi ada temen indonesianya.

Nah, oleh karena itu, sekarang saya mau kasih tips ya sebelum teman-teman smuanya bertanya ke siapapun (*bertanya via online).

  1. Ingatlah, kalian tidak tau sedang berkomunikasi dengan siapa, apalagi bertanya via email ya, kalau bertanya ke saya saja tidak ada subject nya di email, kemudian pertanyaannya tidak jelas atau bahkan menggunakan bahasa alay, bagaimana mau ber-email-an dengan Professor?. Saya pernah mendapati ada anak yang bertanya via email ke saya dan dia bertanya ke banyak orang (jadi sepertinya dia ngumpulin kontak-kontak orang yang kuliah di Korea terus di kirimi email pertanyaan secara broadcast)? whattsss?. Sungguh geleng-geleng saya.
  2. Tiap orang punya kesibukan masing-masing, hargailah waktu orang lain, jujur kita ini ingin sekali membantu teman-teman, dan berharap semakin banyak anak-anak di Indonesia yang bisa kuliah di Luar negeri, tapi kadang pertanyaannya itu lhoo..
  3. Biasakan Googling dulu sebelum bertanya, atau kalau ingin bertanya mengenai tulisan (sharing pengalaman) seseorang, bacalah dengan detail terlebih dahulu, jangan sampai bertanya sesuatu yang sudah ada di tulisan.
  4. Sebenarnya seluruh informasi mengenai jurusan, syarat, info beasiswa, tanggal submit dokumen, deadline, dan sebagainya itu sudah ada di hampir semua kampus di Korea, jadi tolong lah, buka web kampus di Korea yang pingin dituju, baca dulu di menu admissionnya, yak.
  5. Nah baru, kalau sudah mentok tidak nemu baru bertanya.

 

FAQ (pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman-teman Indonesia)

  • Kak, bagaimana cara daftar KGSP?
  • Kak, apa saja yang di dapat dari beasiswa KGSP?
  • Kak, saya tidak punya TOEFL apakah bisa daftar KGSP?
  • Kak, bagaiman daftar KGSP untuk mahasiswa yang mau kuliah S1 di korea?
  • Kak, kampus di Korea, kampus apa saja yang bisa pakai KGSP?

Jawaban:

Bagi yang dari SMA mau ke S1 di korea bisa pakai KGSP, yang mau S2 atau S3 juga bisa daftar KGSP. Untuk cara daftar ada dua cara via emabassy dan via university, apa-apa saja yang di dapat dari beasiswa ini, dan apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini bisa di lihat di link berikut ini:

KGSP overview : http://www.niied.go.kr/eng/contents.do?contentsNo=78&menuNo=349

KGSP Guideline for undergraduate (example:SNU2016) : http://www.useoul.edu/apply/announcements?bm=v&bbsidx=122106&

KGSP Guideline for Graduate student (ex:SNU2016): http://www.useoul.edu/apply/announcements?bm=v&bbsidx=122710&

List kampus di Korea yang bisa pakai beasiswa KGSP : https://en.wikipedia.org/wiki/Korean_Government_Scholarship_Program dibaca bagian List of KGSP Affiliated Universities in South Korea

  • Kak, jurusan ini adak gak di korea?
  • Kak, jurusan ini yang bagus di kampus apa?
  • Kak, di kampus ini ada jurusan ini gak?
  • Kak, kuliah jurusan ini di korea bagus gak?

Jawaban:

Silahkan di Googling ya dek… pertanyaan spt itu diajukan ke presiden korea saja, saya kira beliau gak bisa jawab hehe… Cara googlingnya jangan pakai bahasa indonesia ya temans, kalau pakai bahasa indonesia itu berarti yang akan muncul ya tulisan orang-orang Indonesia. Pakailah bahasa inggris, jadi nanti kemungkinan yang muncul adalah informasi resmi dari kampusnya.

  • Kak, beasiswa dari Professor atau Research Scholarship itu gmn?
  • kak, ada beasiswa apa saja?

Jawaban:

Silahkan dibaca tulisan ini dulu ya https://rischan.wordpress.com/kuliah-di-korea/ . Beasiswa ada macam-macam, bahkan kalau adek-adek sudah nemu kampus yang mau dituju, dibaca saja di webnya, available scholarship di kampus itu ada apa saja.

Contoh: Scholarship before application in SNU (Beasiswa yang tersedia di Internal SNU) kita bisa daftar sebelum di terima sbg mahasiswa SNU, bisa baca di link ini http://www.useoul.edu/apply/under/scholarships/before-application

  • Kak, contoh email kaka ke Professor spt apa?
  • Kak, contoh CV kaka kayak apa?

Jawaban:

Seperti yang sudah saya tulis di tulisan Kuliah di Korea . Kalau mau ambil beasiswa Professor, bila sudah menemukan Lab dan Professor yang sekirannya penelitiannya sama dengan penelitian anda atau anda tertarik pada Lab/Professor tersebut, untuk pertama kali kirim email, cukup pertanyaan mengenai ada tidak kesempatan buat join ke labnya. Kalau perlu langsung attach CV sama transcriptsnya juga biar langsung bisa dilihat kalau beliau tertarik.

Contohnya seperti ini: Jangan lupa di email perkenalkan diri dulu, subjectnya, dan bisa baca ini dulu “How to write an email to Professor

Ini contoh saya sedang mencari posisi PhD di sebuah lab:

Dear Professor Siapa,
I am Rischan Mafrur, graduated Master Degree in Computer Science from Chonnam National University, Gwangju, South Korea in Fall 2015.
 Currently, I am working as a Software Engineer at Kartoza (Multinational Company which based in Cape Town, South Africa). I have a plan to continue my PhD for next year. Now I am looking for a PhD program where I can continue my research interests and achieve a higher academic degree. So, I am looking for the lab which matched with my interests. 
 Previously, my research was mostly about collecting personal data (human log life) from a smartphone and mining its data which especially about behavior recognition. I am very familiar with sensors data in a smartphone, how to collect, process, and analyze it. 
Another experience was about dealing with Twitter data. I have the experience to analyze the behaviors of real and bot accounts on Twitter.
I saw your publications, your lab’s research topics, and on-going projects. There are some interesting topics for me like blablabla (kita harus baca dulu tentang riset beliau).  
In this email I want to ask, is there any opportunity for me to join in your lab. I know you are very busy so I appreciate any time you can give me.
Below I have attached my CV and transcripts. 
Thank you,
Untuk CV saya bisa dilihat di link berikut https://chonnam.academia.edu/RischanMafrur/CurriculumVitae Jangan mengopy format CV ya be creative, apalagi copy content nya hahaha.

 

Kak, emang kuliah S2 di korea harus research di lab ya kak, tidak ada yang cuma di kelas saja?
Memang untuk S2 itu ada 2 macam yaitu course based (cuma kelas spt s1) dan research based, sebenarnya sudah saya jelaskan di tulisan saya Kuliah di Korea , silahkan bisa di baca dulu yak.

 

Kak, Kuliahnya bahasa inggris atau Korea?
Kita mahasiswa internasional jadi kuliahnya bahasa inggris, kalau bahasa koreanya bagus silahkan bisa ambil mata kuliah yang berbahasa korea. Dan jelas output dari S2 itu adalah publikasi/karya ilmiah alias paper yang jelas harus berbahasa inggris.

 

Kak saya dari kampus swasta?
Jelas yang namanya kampus bagus dan terkenal itu nilai plus, tapi tentu itu bukanlah sebuah penentu, asal memang CV dan portifolionya bagus, apalagi misal punya pengalaman riset yang bagus bagi yang mau S2 research, apalagi punya paper/journal international yang bagus, tambah joss. Jadi dari kampus manapun hajar.. OK, semangat..

 

Belum dapat balasan dari Prof emailnya?
Professor memang orang yang sibuk, jadi mohon dimaklumi, tapi kalau misal sudah di tunggu lebih dari satu minggu kok belum balas, bisa di follow up, misal bilang “Prof saya sudah kirim email minggu kemaren, hanya ingin follow up, saya masih menunggu jawaban dari Prof”. Tapi kalau udah di follow up kok tetap ndak bales, saran saya cari Prof lain hehehe😀

 

Kak, saya muslim, apakah di Korea ada diskriminasi, bagaimana dengan ibadah, kemudian makanan, dan jilbab?
Sebenarnya kalau teman-teman sering baca tulisan di Blog ini pasti akan menemukan jawaban pertanyaan ini, contonya tulisan saya yang ini . Ok, jadi dont worry about that.

 

kak, IPK saya dibawah 3, apakah masih ada harapan?
Nah, jujur saya emang IPK adalah indikator dari hasil belajar kita di tingkat sebelumnya, jadi memang termasuk faktor penentu, tapi bagi teman-teman yang sudah terlanjur punya IPK dibawah tiga, jangan patah semangat yak, tonjolkan nilai plus nya, kalau perlu di CV dikasih keterangan boleh kenapa IPK bisa jelek dengan alasan yang make sense yak. Tonjolkan risetnya, pengalamannya, atau kalau lebih keren ya spt diatas udah punya publikasi ilmiah internasional yang joss.. wah mantep banget itu.

 

Kak saya belum lulus kuliah/sekolah boleh daftar KGSP?
Bagi yang S1 mau lanjut S2 yang penting sudah ada SKL (surat keterangan lulus) gak usah nunggu ijazah, dari SKL itu silahkan bisa di terjemahkan di sworn translator. Begitu juga bagi yang dari SMA mau ke S1 kalau ijazah belum keluar minta SKL kalau pengumuman ujian sudah yak.

 

Kak, nerjemahin ijazah dan transcript dimana?
Untuk masalah ini, silahkan di crosscheck di web kampus yang mau di tuju, tiap kampus beda aturan, ada yang boleh saja pakai sworn translator, atau ada yang harus di cap saja embassy dari negara yang bersangkutan di Korea. Jadi kalau misal dari kampus yang dituju cukup pakai sworn translator saja, ya udah tinggal googling saja “Penerjemah tersumpah di lokasi adek” nah nanti tinggal datang terus minta diterjemahin saja nanti bayar. Setau saya tiap kampus punya kok sworn translator. Nah tapi ada beberapa kampus yang minta harus ada cap dari dubes Indonesia di Korea gitu, ya jadi tinggal datang aj ke dubes Indo di Seoul yak.

 

kak, Bahasa inggris saya jelek, tapi bahasa korea bagus, atau bhs korea saya tidak bagus, terus bagaimana?
Adek-adek semuanya, yang harus adek-adek ketahui adalah sebagai mahasiswa internasional, bahsa yang digunakan di kuliah adalah bahasa inggris, komunikasi sehari-hari adalah bahasa inggris, output dari penelitian kita (s2) adalah publikasi ilmiah yang berbahasa inggris. Nah tambahan kalau belanja, naik taxi, tanya toilet, mau cari jodoh orang korea, nah itu harus bisa bahasa korea, minimal dikit-dikit yak. Jadi ini sepertinya cukup untuk jadi jawaban.

 

Kak saya sudah bekerja setelah lulus (Bukan fresh graduate), bisa kah?
Bisa. Tetap lihat di guideline ada batasan umur tidak, setau saya untuk KGSP ada batasan umur.

 

kak saya dari Teknik, tapi tak punya pengalaman riset?
Jujur agak repot sih kalau mau daftarnya di korea yang mayoritas research based, tapi kalau IPKnya bagus (akademik bagus) dapat rekomendasi yang kuat, insyaAllah ok.

 

Kak, saya ingin lanjut di Jurusan yang berbeda dengan yang di S1 (tidak linier)?
Nah ini… jawabannya tergantung dari jurusan apa ke jurusan apa? Jadi kalau adek-adek baca di who eligible di tiap jurusan biasanya ada infornya kok, siap-siapa saja yang bisa masuk jurusan/lab tersebut.  Jadi dibaca saja di bagian jurusan di webnya yak. Misal untuk jurusan computer science who eligible nya biasanya, Information technology, matematic, dkk. Jadi kalau masih serumpun biasanya bisa. Contoh lain dari Informatika ke Industri dkk. Nah kalau jauh banget masih dimungkinkan bisa asal ada bukti misal punya publikasi, atau bisa ngasih alasan yang bener-bener make sense. OK

 

kak, Tanya ttg LPDP donk?
Bisa di akses disini , tulisan mengenai LPDP akan saya kumpulkan di page tersebut.
Kak, PNS bisa daftar beasiswa KGSP atau yang lain?
Bisa, asal nanti bisa dpt ijin cuti PNSnya, untuk beasiswa bisa kok, mau KGSP atau research atau yang lain setau saya, yang penting dibaca saja di guidelinenya yak.

Kak, saya pingin Kuliah di korea dengan biaya pribadi?

Hmmm.. Coba adek-adek buka link ini itu undergraduate tuition fee chart di Kampus SNU (kampus negeri yang murah yak ini) tuition fee per semester hampir 4 juta won, ya sekitar 45 juta rupiah lah. Apalagi kampus swasta, itu bisa nyampe 6 juta won, 70an juta rupiah lhoo. Belum biaya hidup yak, terus makan, akomodasi, biaya lain-lain. Tapi kalau memang orang kaya ya silahkan🙂 . Yang jelas walaupun biaya pribadi tetap ya requirements harus di penuhi misal (score Toefl, dkk)

Nah.. sepertinya ini cukup yak, besok bisa ditambah lagi, yang pasti saya nulis dan curhat seperti ini untuk kebaikan kita semua yak. Tetap semangat, belajar untuk googling, tidak malas mencari Informasi yak.
  1. Bagi yang masih SMA yang punya mimpi kuliah S1 di LN, nilainya harus bener-bener disiapin, kemampuan bahasanya juga yak.
  2. Bagi yang masih S1 dan punya mimpi kuliah di LN, IPKnya jangan sampai jelek, TOEFL atau IELTS nya jangan lupa, kalau bisa udah dapat score bagus sebelum lulus, perbanyak penelitian dengan dosen, cari-cari hibah penelitian dikti.
  3. Bagi yang sudah lulus, dengan segala kondisi tetap harus semangat yak, tak ada yang tak mungkin asal kita mau berusaha.
Tugas kita adalah berusaha, urusan hasil itu Allah.
Salam hangat,,…
Rischan Mafrur

23 thoughts on “FAQ Beasiswa

  1. Assalammualaikum mas rischan saya dinda.. mas kalau mau buat surat rekomendasi dr kedubes korea, penerintah dan kenenterian untuk persyrtan pendftrn beasiwa s2 di korea, cara dan syaratnya sprt apa ya mas? kmrn saya sdh dtg dan tlpn ke kedubes tp dilempar sana sini. Boleh mnta share pengalamannya mas? mksh bnyk sblmnya

    1. Alaikum salam warrahmatullah, mohon maaf mbk kalau untuk recommendation letter dari kedubes korea atau kementrian sy belum punya pengalaman akan hal itu.

      Iya sebaiknya mbk cari informasinya dg telp ke kedubes mbk. Atau mungkin bisa jg mbk nanya lebih detail lagi dengan telp admission unit nya kampus yg mbk tuju tadi,

      Semoga sukses ya mbk

  2. Assalammualaikum, mas saya dinda. Saya mau cb dftr beasiswa s2 d K’Arts University dan slh satu persyaratannya adalah surat rekomendasi dari pemerintah, kementerian dan keubes jorea di indonesia, saya mau tnya bagaimana cara dan prsyrtn yg dbtuhkan untuk dpt surat rekomendasi dr penerintah, kementerian dan kedubes ya mas? saya sdh nelpon dan dtg lgsg ke keubes tp dilempar sana sini dan belum dpt info yg valid.. kira kira mnrt pngalaman mas gmn ya mas untuk bkn surat rekom tsb? terima kasih sebelumnya..

    1. Alaikum salam warrahmatullah, mohon maaf mbk kalau untuk recommendation letter dari kedubes korea atau kementrian sy belum punya pengalaman akan hal itu.

      Iya sebaiknya mbk cari informasinya dg telp ke kedubes mbk. Atau mungkin bisa jg mbk nanya lebih detail lagi dengan telp admission unit nya kampus yg mbk tuju tadi,

      Semoga sukses ya mbk

  3. Assalamualaikum mas, saya mau tanya: pembuatan study plan itu bagaimana ya? Apa boleh melihat study plan yg pernah mas buat?

    1. Wa Alaikum salam warrahmatullah. Banyak mbk.

      silahkan kalau mau bertanya bisa di tulis di kolom komentar saja, sehingga yang lain bisa melihat. Mungkin yang lain jg punya pertanyaan yang mirip .

    1. sptnya Bisa, coba di check di KGSP guidelinenya atau langsung bisa telp ke Korean embassy di jakarta nomornya bisa di liat di website resminya.

      semoga membantu

  4. Halo kak. Saya mahasiswi di salah satu kampus negeri dengan jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan (BK), dan saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan S2 di Korea. Namun saya belum menemukan informasi jurusan yang sama dengan bidang saya itu. Jika tidak keberatan, apa kk tau info tentang jurusan tersebut/ yang linear dengan jurusan saya tersebut yang ada di Korea? Terima kasih ya kak

  5. Assalamulaikum mas rischan. Saya ingin bertanya, saya lulusan S-1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dari universitas swasta tahun ini. Untuk S2 di korea jurusan apa kira kira yang linear dengan jurusan S-1 saya? Terima kasih. Mohon bimbingannya.

  6. Assalamualaikum
    Ka Rischan, boleh saya minta saran bagaimana kakak bisa menulis jurnal yang baik? Apalagi untuk jurnal/paper internasional, karena bhs inggris saya untuk grammar juga masih compang camping kak hehehe. Terimakasih

    1. Wa Alaikum salam warrahmatullah.

      Sama saja mbk, bhs inggris saya jg masih compang camping, ya berusaha saja, sebenernya ketika kita S2 atau S3 pekerjaan yang sering kita lakukan itu baca paper, ngereview paper, jadi dari situlah kita tau bagaimana sebaiknya nulis paper itu.

      baca paper yang kualitasnya bagus jadi kan tau, ow gini ta nulis paper itu. Tinggal latihan nulis saja.

      Nah kalau kita kerja di lab itu kerja bareng jadi nanti habis kita tulis kita bisa minta tolong senior atau teman kita yng bahasa inggrisnya lebih bagus buat baca, atau biasanya tiap kampus punya proofreading service yang gratis, coba aja tanya.

      Jadi mungkin spt itu mbk.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s