Kuliah di Korea

Page ini khusus saya buat karena banyak requests dan pertanyaan dari teman-teman di indonesia, seputar bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di korea gratis, bagaimana kondisi di korea selatan, bagaimana kegiatan belajar di sini dan sebagainya, insyaAllah akan saya post beberapa tulisan mengenai hal itu, tunggu saja πŸ™‚

Banyak banget yang tanya via facebook, atau DM di twitter ato mention atau apalah masalah mengenai Kuliah di korea, entah kenapa mungkin karena faktor dari Boyband sama Girlband korea yang kondang di indonesia kali ya? Β jadi banyak dari temen temen di indonesia tertarik untuk kuliah di sini πŸ™‚ hehehe.. Β yang jelas yang harus teman-teman tau adalah hidup di korea tak seindah drama korea yah, sama aja di indonesia kenyataan hidup tak seindah acara TV bukan?

Yang jelas urip kui mung sawang sinawang (pribahasa jawa) itu pesen dari bapakku sih, kadang mungkin kita ketika masih pelajar pingin banget kerja, kayaknya jadi pekerja itu enak ya, pas udah kerja pingin sekolah lagi karena merasa jadi pekerja itu sengsara, dst, yg jelas kebiasaan manusia adalah selalu memandang rumput di rumah tetangga lebih hijau, sebenarnya yang harus kita lakukan adalah harus bersyukur apapun kondisi kita sekarang bagaimanapun kondisi kita sekarang itu pasti kondisi yang terbaik dan yang paling baik yang diberikan Allah kepada kita. amien (* wedeh malah ceramah, kapan nie info beasiswanya? hehe).

Oke deh mulai …

Disini saya hanya ingin membahas masalah beasiswa yg S2,S3, sama integrated (combine S2+S3), soalnya klo beasiswa S1, saya belum pernah ngobrol sama orang yang dapat beasiswa S1 disini jadi daripada saya ngomong nglantur kan malah menyesatkan, jadi yang akan saya share disini ya sesuai dengan pengalaman saya plus cerita-cerita dari temen-temen yang saya kenal :).

Persiapan yang harus disiapkan :

  1. Gak perlu nunggu lulus, yang penting sudah ada tanda2 kalo mau lulus, tandanya apa? udah habis teori lah πŸ™‚ jadi udah jelas tu IPKnya tinggal nunggu IP dari TA kan? hehe..
  2. Punya sertifikat TOEFL ato IELTS, Toeflnya yang apa? Nah setahu saya untuk saat ini hampir semua kampus di Korea sudah tidak menerima TOEFL ITP atau mungkin masih ada yang menerima dengan syarat tesnya harus di kampus Korea-nya (repot kan?). Β Jadi, bagi teman-teman mau ke kampus manapun kalau itu Luar Negeri, silahkan pilih teman-teman mau pakai TOEFL iBT atau IELTS. Untuk di Korea sendiri masih ada pilihan lain yaitu TOEIC. Nah klo mau tau berapa biaya untuk iBT itu bisa diakses di link ini Β $175 kan? hehe.. yah siapin 2 juta-an lah :). Nah untuk melihat jadwalnya di Indonesia bisa klik link ini. Makanya ketika mau iBT bener-bener disiapin kan sayang klo scornya ndak tinggi udah bayar 2 juta-an :).
    IELTS juga mahal, sekitar hampir 3 jutaan. Jadi memang harus di persiapkan baik-baik sebelum kalian ikut test tersebut, kan sayang duitnya. Nah untuk TOEIC itu sepertinya lebih mudah daripada iBT atau IELTS, selengkapnya bisa baca disini http://www.itc-indonesia.com/index.php/en/product-service/test/toeicΒ Β . untuk masalah skornya harus berapa itu ke step berikutnya.
  3. Bagi yang mau test IELTS, silahkan bisa baca-baca pengalaman saya ketika test IELTS bulan April tahun 2017. [Silahkan dibaca di sini]
  4. Oke, misalnya sekarang udah mau lulus, terus udah punya sertifikat toefl/ielts/toeic dengan score yang tinggi juga wah udah enak tu, step berikutnya adalah search kampus yang diinginkan, misal jurusannya Teknik Informatika kayak saya ya, terus pingin kuliah di Korea ya udah tinggal search aja di google, “Master scholarship computer science south korea” ato apalah, ato klo udah tau kampus korea yang mau dituju bisa langsung ke web kampunya liat jurusan2 nya.
  5. Kalau udah fix nemu kampusnya, ya udah tinggal lihat deadline pengumpulan berkasnya sama requirementnya disitu, termasuk disitu adalah minimal IPK(rata2 minimal 3,0 kayaknya), minimal skor untuk toefl, atau toeic nya berapa dsb, itu pasti ada di bagian requirementsnya. nah klo udah siapin deh. Hampir semua kampus di Korea punya mekanisma penerimaan mahasiswa baru setahun dua kali yaitu Fall dan Spring period. Kalau spring period itu mulai kuliah bulan Maret dan mulai apply bisa dibuka bulan Oktober atau November tahun sebelumnya. Kalau Fall itu mulai kuliah bulan September, pembukaan pendaftaran biasanya April atau Mei.

Macam-Macam Beasiswa di Korea selatan :

1. KGSP (Korea Government Scholarship Program)

Saya sebut ini adalah beasiswa paling makmur (Beasiswa dari Pemerintah Korea), coba bayangin kayaknya perbulan itu dapet 1juta won (10 juta rupiah lah, lebih skarang won naik terhadap rupiah), udah itu ada uang buku, dan segala macem lah, ada juga uang tambahan kalau lolos TOPIK sampe level berapa atuh itu, saya gak begitu tau karena gak dapet beasiswa ini, tapi untuk secara global saya tau soalnya roomate saya orang pakistan dapat beasiswa ini dan juga temen indonesia banyak juga yang dapet beasiswa ini. Nah gimana caranya dan apa kelebihan dari beasiswa ini? akan saya uraikan. (Beasiswa ini pasti ada satu tahun sekali, periode pendaftaran spertinya february kayaknya, atau dipastikan googling saja, banyak kok yang ngeshare)

Ada 2 cara untuk memperoleh beasiswa ini yaitu

  1. By university
  2. By Embassy

yang nggak ribet itu by embassy, tinggal apply ke kedubes korea di indonesia, nanti akan diseleksi berkasnya kalo lolos di panggil wawancara, yang by university itu agak ribet jadi kita apply dulu ke kampus yang kita inginkan (*lihat dulu kampunya nawarin KGSP nggak, di web kampus biasanya ada). Atau bisa akses link wikipedia ini (dilihat dibagian eligible Universities). Klo udah jelas kampus di korea yang kita tuju nawarin KGSP ya udah tinggal lihat requirements dari kampus nya, apa syaratnya untuk mendaftar. Nah setelah kita apply ke kampus yg kita tuju, nanti akan di seleksi oleh kampus itu, klo kita lolos nanti berkas akan di kirim ke NIIED dan akan diseleksi lagi. apa itu NIIED? nah itu lembaga yang ngurusin KGSP ini. Klo kemungkinan diterimanya besar mana saya gak tau pasti, Β Yang pasti nothing to lose untuk mencoba, di coba aja πŸ™‚ .

Kelebihan beasiswa ini :

  1. Kalau anda tertarik ambil s2 yang harusnya 2 thn klo dapat beasiswa ini harus 3 thn, yg 1 thn untuk belajar bahasa korea, dan minimal harus lolos TOPIK level 3, kalau gak lolos bahasa akan ditambah 3 bulan/6 bulan lagi kayaknya buat belajar bahasa korea lagi terus ujian lagi, klo gak lolos kabarnya sih dipulangkan hehe, tapi ndak tau nding. klo anda ambil PhD 3thn berarti tambah 1 thn jadi 4 thn.
  2. Enak nie, tiket berangkat dan pulang di tanggung sama beasiswa, enak kan? ya klo misal setahun mau pulkam sekali ya di tanggung sendiri, enak aja mau di tanggung pemerintah korea semua hehe πŸ™‚
  3. SPP semua biaya kuliah di tanggung oleh beasiswa ini.
  4. Masalah duit gak usah di tanya deh, paling mantep deh beasiswa ini.
  5. Untuk yang lulus SMA program undergraduate juga ada, silahkan dicari di google, dan di baca panduannya.

2. Global IT Scholarship

Beasiswa ini biasanya tersedia di kampus-kampus di korea juga, beasiswa ini dari company, biasanya relatif enak karena semua SPPnya udah ditanggung sama perusahaan yg ngasih kita beasiswa itu, cara daftarnya ya sama, contact aja bagian kampus korea yang kita inginkan, tanyakan beasiswa apa saja yg tersedia di situ. Nah untuk beasiswa ini biasanya kalo pas libur itu diminta sama perusahaan untuk magang di perusahaan, jadi selamat yah, tapi gak ada kontrak misal habis lulus harus kerja dulu itu gak ada.

  1. SPP dan biaya kuliah di tanggung sama beasiswa global ini.
  2. tiap bulan dikirimi duit, ya cukuplah untuk hidup. (nominalnya tanya langsung aja sama temen-temen yg dapet bea ini, aku ada beberapa temen yang dapet bea ini).

3. Research Scholarship

Beasiswa professor biasanya banyak orang menyebutnya, klo beasiswa ini flexible, gak kayak yg KGSP tiap tahun cuma sekali, kapanpun bisa dan untuk applynya tergantung kampusnya, biasanya kampus tiap tahun ada 2 kali bukaan aplikasi mahasiswa baru. Jadi nanti bisa di sesuaikan asal sudah oke sama Prof saja, nah caranya gimana? klo beasiswa ini aku tau banyak karena aku dapet bea ini hehe πŸ™‚

  1. Cari kampus klo bisa gak cuman satu kampus, lihat di web kampus ada list jurusan, kemudian cari professornya, nah kelihatan gak? ada prof yang sesuai dengan bidang yang kita minati gak? klo ada tinggal email deh (cari prof sebanyak-banyaknya email aja semuanya hehe πŸ™‚ ).
  2. Pas kirim email pertama jangan langsung tanya banyak, tanya 1 hal saja, Prof, ada kesempatan beasiswa di labnya ndak, aku tertarik dengan riset yang prof lakuin.. udah gitu aj.
  3. Nah klo profnya reply ohh.. ada ini, bisa-bisa, baru lanjut ke perbincangan berikutnya, biasanya prof akan minta CV kemudian kalo cocok CVnya beliau akan minta wawancara, ya udah klo udah sreg. paling oke, kamu tinggal apply via kampus aja, nah klo udah kyk gitu udah 99,99999999999 % keterima lah. krn Prof udah setuju. Nah tinggal persyaratan kampus yang harus kita penuhi, kayak min IPK, min skor TOEFL, kemudian biasanya diminta untuk ngisi form applications, dan bikin study plan dsb. tinggal ikuti aja πŸ™‚
  4. Nah ada macem-macem jenis perlakuan dr beasiswa ini, misal ada yg udah langsung free tuition, alias kita gak mikirin duit kuliah lagi, kemudian perbulan untuk hidup Prof yang ngasih, ada yang model kita tetep bayar biaya kuliah (*seperti model beasiswa sy), cuman dapet gaji dari prof per bulan juga gedhe, soalnya kan buat bayar kuliah sama hidup juga, klo persemester di sini CNU itu 3 juta won (yah 30 juta lebih lah), nah nu.. makanya klo kuliah beasiswa sendiri ya habis lah.. kecuali klo mang kaya yak hehehe.

Kelebihan research scholarship itu kalau profnya baik dan kita juga baik, kita bakal sering jalan-jalan ke mana mana hehe, kemaren saya juga kaget baru semester awal, eh tiba-tiba disuruh ke Hongkong, ya oke deh.. ini ada tulisannya silhakan klo mau baca

https://rischan.wordpress.com/mbolang/hongkong/Β (Jalan-Jalan Ke HONGKONG) , February 2014.

https://rischan.wordpress.com/traveling/guam-usa/ (Jalan-Jalan/Conference ke GUAM, USA) December 2014

https://rischan.wordpress.com/traveling/bali-indonesia/ (Pulang/Conference ke Bali, Indonesia) January 2015

https://rischan.wordpress.com/traveling/tokyo-japan/ (Jalan-Jalan/Conference ke TOKYO, Jepang) Juni 2015

Enak kan? hehe yah ada plus ada minusnya, dan yang jelas kalau beasiswa dari Prof harus kerja banting tulang, biar banyak publikasinya hehe :D.
Yah walaupun bahasa inggris saya masih logat jawa, grammer masih compang-camping karena terpaksa ya harus ada publikasi karena buat jalan-jalan tadi hehe πŸ˜€

bisa lihat di link ini untuk publikasi dan yang saya kerjakan .

4. Beasiswa pemerintah Indonesia

Kayaknya ada LPDP, dikti, dan masih banyak sepertinya. Kalau mau tau lebih bisa langsung ke situs LPDP aj, dari segi nominal uang lumayan banyak, cuman ada beberapa beasiswa yang di kasihnya rupiah,
dan kadang klo beasiswa dari pemerintah indonesia, pengalaman dari temen kadang sering telat, jadi ya siap2 aja nombok dulu hehe, tapi kabarnya untuk LPDP benar-benar oye dan professional, besok untuk S3 saya nyobain ahhh… yah moga aj indonesia semakin baik #amien. *bisa dibaca di bawah mengenai pengalaman saya mendaftar beasiswa LPDP untuk S3 tahun 2016.

Nah itulah sklumit share mengenai beasiswa di Korea Selatan. Ada yang perlu di ketahui nih bagi adek-adek semua.

Klo saran saya daftarlah KGSP, soalnya ya alasannya tadi itu jelas, dari segi finansial lebih dari cukup dan jangan salah untuk 1 tahun belajar bahasa korea itu sangat bermanfaat, wah rasanya ngiri klo lihat temen2 KGSP yang ngomong capcus pake bahasa korea. soalnya disini mayoritas orang korea mereka pakai bahasa korea, warung, toko, tulisan tulisan dimana mana bahasa korea, petunjuk tempat dsb. Nah jadi belajar bahasa itu berguna banget kawan. Makanya saya sarankan daftar KGSP yah, yang jelas banyak banget saingainnya dan susah, tapi kan sekali lagi nothing to lose kan, apa salahnya mencoba? hehehe πŸ™‚ Cemungud ehaaahhh,,

Kemudian untuk jurusan-jurusan yang ada labnya, kayak computer science, electro, matrial dsb, di Korea sama Jepang sih yang saya tau itu gak ada kuliah yang course based Β setau saya, ato mungkin ada ya? tapi saya belum tau, ini saya ngomong untuk S2 ya. maksudnya course based adalah ya kayak pas di S1 indonesia cuman kuliah aja, lha emangnya rata2 di Korea kuliahnya kayak apa? hehe..
gini ya, disini yang penting research nya. Makanya yang paling utama bukan kuliah, ini saya kuliah satu minggu cuman 3 matkul tapi ngelabnya tiap hari, hari kerja, harus ke lab untuk research. Gitu……..

Oke gitu aja yahh… saya sering nulis kok pengalaman-pengalaman hidup disini silahkan cari-cari aja di postingan-postingan saya:

  1. Jalan Jalan ke Jeju IslandΒ Β Β baru mau semester ke 2 tapi saya udah ke Pulau jeju 2 kali πŸ™‚ tuh baca aj postinganya hehe, untuk second tripnya belum sempet nulis πŸ™‚
  2. Kisah kehidupan mahasiswa di Korea Selatan , silahkan aja dibaca, banyak events2 menarik juga disini, dulu sempet menang tari saman di event kayak pameran budaya antar negara gitu ehhee, diem2 kayak gini bisa tari saman lhoo, tapi dulu latihan sama temen2 indonesia disini hehe,Β 
  3. Baru Datang langsung jadi Khotib Idul Adha di Korea Selatan , nah itu pengalaman berharga sih, disini kekurangan da’i lho kawan, makanya shock juga, hehe, tapi yang pasti jadi ilmu agama yang udah saya pelajari paling tidak bisa bermanfaat disini lah hehee πŸ™‚ semoga bisa istiqomah dan selalu lurus niat karena Allah.
  4. Bikin TV Dakwah Islam di Korea Selatan – AL Kwangju TVΒ ,Β seperti alasan yang sudah saya utarakan diatas, akhirnya kita ingin agar paling tidak hidup kita juga bisa memberikan kemanfaatan bagi orang lain yaitu bisa menjadi pengingat bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain akan tujuan hidup kita di dunia ini yaitu untuk Allah semata. semoga bisa senantiasa istiqomah.
    silahkan klo berkenan mau berkunjung ke channel kami AL Kwangju TV

OK sampai disini aja yah, kalau ada pertanyaan silahkan bisa di tanyakan di comentar atau bisa DM ke twitter saya @rischanmafrurΒ atau @UstadzMafrur

Terimakasih πŸ™‚ Semoga Bermanfaat.

Oya FYI. Bulan Juli 2016 saya mendaftar LPDP untuk Batch III tahun 2016 dan alhamdulillah diterima. Berikut tulisan-tulisan saya mengenai seleksi LPDP, jikalau teman-teman ada yang tertarik untuk mendaftar beasiswa LPDP:

  1. Page Khusus semua tentang LPDP.
  2. S3 ku mau kemana?Β 
  3. Akhirnya The University of Queensland, Australia adalah kampus S3 saya.
  4. Essay sukses terbesar dalam hidupku LPDP
  5. Essay kontribusi bagi Indonesia LPDP
  6. Seleksi administrasi LPDP
  7. LGD dan Essay on the spot LPDP
  8. Pengalaman dan Tips lolos seleksi wawancara LPDP
  9. FAQ Beasiswa (Pertanyaan seputar beasiswa)

Oya bagi teman-teman semua mohon untuk baca tulisan FAQ beasiswa dulu ya sebelum bertanya, biar saya tidak menjawab pertanyaan yang sama, banyak diantara teman-teman mempunyai pertanyaan yang sama jadi mohon dibaca terlebih dulu halaman itu. Kalau tidak ada disana silahkan ditanyakan.

Mau mengundang kak Rischan jadi pembicara/pengisi acara? silahkan buka link ini.

 

Bagi yang malas membaca dan lebih suka menonton dan mendengarkan silahkan ditonton video saya ini semua tentang kuliah di Korea dengan Beasiswa.

Ada tujuh video:

  1. Kenapa saya memilih untuk Kuliah di Korea
  2. Macam-macam Beasiswa di Korea Selatan
  3. Pertanyaan seputar beasiswa Kuliah di Korea Selatan
  4. Cara mendaftar beasiswa kuliah di Korea Selatan
  5. Biaya Hidup di Korea Selatan/ Susah senang Hidup di Korea

Silahkan bisa dinikmati videonya di bawah ini:

Advertisements

486 thoughts on “Kuliah di Korea

  1. Assalamu’alaikum wr.wb. Rischan,

    Tulisanmu bagus sekali, mudah untuk dipahami πŸ™‚

    Saya tahun depan Inshaa Allah mau lanjut program S3 melalui KGSP, dan saya ada sedikit pertanyaan tentang referensi penilaian bahasa Inggris dan Korea sbg syarat tambahan untuk kuliah lanjutan. Bisakah membantu saya?

    Biasanya untuk apply yg diminta akhir2 ini TOEFL iBT/ TOEIC / IELTS. Kebetulan saya ada ambil TOIEC untuk persiapan apply KGSP. Yang ingin saya tanyakan adalah TOIEC yang dimaksud apakah TOIEC untuk keseluruhan tes spt listening, writing, reading and conversation?

    Saya sudah ambil tes TOIEC tp ternyata hanya mencakup penilaian listening and reading. Apakah saya perlu mengambil tes selanjutnya untuk penilaian writing and conversation ya?

    Kemudian terkait tes bahasa korea atau TOPIK. Saya memang belum pernah melakukan tes TOPIK sebelumnya, akan tetapi saya ada mengikuti pelatihan bahasa Korea dari Korean Culture Center Indonesia di Jakarta saat ini sudah tahap sejong 5 dari sejong 8 yang ada di Indonesia. Apakah saya perlu melampirkan sertifikat pelatihan bahasa Korea tersebut sebagai pengganti TOPIK?

    Kira-kira manakah yang lebih baik, diantara berikut ya:
    1. Menjelaskan bahwa saya telah mengikuti pelatihan bahasa korea di aplikasinya tanpa melampirkan bukti sertifikat?
    Atau
    2. Tidak perlu dijelaskan di aplikasi KGSPnya tapi melampirkan bukti sertifikat?
    Atau
    3. Menjelaskan di aplikasi dan melampirkan bukti sertifikat?
    Atau
    4. Tidak perlu dijelaskan di aplikasi dan tidak perlu melampirkan bukti? kecuali kalau lulus tes wawancara saja baru dijelaskan (Karena toh yg diminta adalah TOPIK).

    Sebenarnya saya masih ada pertanyaan lain tapi satu-satu dulu saja πŸ˜€
    Mohon bantuannya ya. Terima kasih banyak. =)

    1. Wa Alaikum salam Wr Wb.

      Ini setahu saya ya mbk.
      1. syarat bahasa itu cukup satu saja jadi bisa TOEIC atau TOPIK.
      2. Dulu jaman saya TOEIC Listening reading udah cukup asal scorenya sudah memenuhi, saya lupa skor TOEICnya harus berapa.
      3. Dokumen juga dinilai, jadi lampirkan semuanya, baik TOEIC, kemudian disitu juga ditulis sudah pernah ikut pelatihan bahasa Korea, klo sudah ada skornya juga dilampirkan, krn itu jadi nilai positif krn menunjukkan bahwa Mbk sudah bisa bahasa Kore.

      Terakhir.

      Download guideline KGSP 2018, dibaca pelan-pelan guidelinenya, biasanya sudah jelas banget, kemudian kalau masih bingung misal di guidelinenya tidak ada keterangan toeic listening reading saja atau harus toeic yang ada speaking sama writingnya, mbk bisa telp ke kedubes Korea.

      Disitu nanti tanya saja, dulu saya pernah sekali telp dan mereka sangat membantu dan responsif.

      Semoga membantu.
      Dan semoga sukses

      1. Wah, cepat sekali reply-nya…
        Ini yang menjadi masalahnya, karena guideline KGSP graduate 2018 belum keluar, saya hanya mempersiapkan dari pedoman th.2016 dan 2017 sebagai contoh. Tapi sayangnya di pedoman tersebut juga tidak menjelaskan ttg jenis TOEIC yang dimaksud apakah listening, writing, reading, dan/atau speaking. Mungkin saat nanti pedoman sudah keluar, saya akan menanyakan hal ini ke kedutaan.

        Kalau boleh saya tanya 1 lagi ya.. =)
        Saat Rischan apply ke prof menanyakan lowongan di lab beliau. Apakah hanya CV dan transkrip saja? Ada informasikan tentang jurnal ilmiah yang sudah diterbitkan juga?

        Untuk persiapan KGSP, saya juga ada persiapkan dokumen berupa jurnal yg pernah saya tulis. Tapi saya bingung jurnal yg mana yang harus dilampirkan untuk aplikasi ke KGSP. Apakah yang terbaru? Jurnal yg impact factornya tinggi? yang banyak disitasi atau yang mana ya. Saya ada baca di blog tetangga sebelah, memang saya tidak bertanya langsung tapi bisa baca dari faq oranglain (drpd menanyakan hal yg sama) dan jawabannya saya rasa kurang memuaskan karena pemilihannya hanya berdasarkan “pilih 2 jurnal yang paling meyakinkan/paling dikuasai” saja. bukankah kalau sudah publish itu artinya penulis sudah yakin dan menguasai materinya ya ^.^ Menurut Rischan sebaiknya yang mana ya?

        Sekali lagi, μ €μ—κ²Œ 도와쳐 μ€˜μ„œ 감사 ν•©λ‹ˆλ‹€.

        1. Kalau menurut saya sih kuantitas juga penting, jadi dilampirkan semuanya dan di kategori.

          Klo mbk sudah punya publikasi itu jadi nilai plus, karena inti S3 ya nanti publikasi. Jadi diurutkan dari international journal (dari yang impactnya paling bagus, klo punya prociding conference juga tulis saja, terus diurutkan dari yang paling bagus).

          kemudian setelah itu yang publikasi nasional juga bisa ditulis.

          Mungkin ini bisa jadi referensi, CV saya http://uq.academia.edu/RischanMafrur/CurriculumVitae

          Semoga bermanfaat

  2. Assalamualaikum kak 😊
    Kak saya mau nanya, kalau saya dari jurusan peternakan mau ambil jurusan manajemen untuk S2, bisa gak yah kak? Terus saya mau ikut beasiswanya Di korea, kira2 bisa gak yah

  3. Assalamualaikum kak, saya Tia kuliah di jurusan DKV di Bandung. Aku udah cari dari banyak beasiswa yang aku baca di internet, termasuk tulisan kakak ini, yang paling pas dan sreg dengan jurusan aku itu beasiswa dari Korea National University of Arts (K’ARTS) dan udah mantep insya Allah mau kesini. Nah yang mau aku tanyain itu, dari data yang harus dikirim harus ada surat rekomendari dari pemerintah, kementrian, kedutaan besar korea, rektor dan kepala pemerintahan. Gimana caranya kak dapetin itu semua? Kakak punya caranya atau pernah ngalamin ga? Atau di semua beasiswa korea harus ada surat rekomendasi yang sebanyak itukah?

    1. Wa Alaikum salam,

      Kalau orang teknik biasanya cukup minta rekomendasi dari orng di kampusnya, dulu saya minta rekomendasi dosen saya yang jabatannya udah tinggi sama minta ke Dekan.

      Untuk mendaftar kampus/beasiswa itu pasti ada syarat melampirkan rekomendasi, karena dari situ mereka bisa tahu siapa kita.

      Untuk beberapa jurusan/beberapa kampus memang ada yang minta seperti itu. Jadi bisa diurus kok mbk, kalau ke Dekan atau ke Rektor kan tinggal minta saja karena itu kampus kita.

      Nah untuk yang dari kedutaan, atau kementrian juga bisa minta kok, coba saja kontak hotline mereka, nanti mereka akan ngasih tahu cara untuk dapat rekomendasinya.

      Cuman harus di check lagi di petunjuk aplikasi berkasnya, berapa jumlah rekomendasi yang dibutuhkan, itu DAN/ ATAU? maksudnya kalau DAN kan berarti harus semuanya, kalau ATAU kan salah satu saja.

      Biasanya rekomendasi itu standardnya dari dua orang mbk.

      semoga bermanfaat

  4. Assalamualaikum kak, saya Dwi.
    Kmren stlah sempat galau milih nnggu KGSP atau beasiswa mandiri dari universitas yg stipendny kecil, kayany aku udh mantep bakal nunggu KGSP aja kak.
    Ad beberapa yg aku pengen tanyain nih kak
    1. Yg soal sworn translator itu, kan di kota aku g ad sworn translator kak. Bisa ga ya kira2 diterjemahin di lembaga bahasa kaya LIA gitu udhny d legalisir notaris?
    2. D form KGSP itu kan ad bagian publikasi punya kita nih Kak. Publikasi ini hanya dalam bentuk jurnal, atau bisa juga dalam bentuk lain seperti misalny paper yg dulu pernah dilombakan seperti itu kak? Trus dilampirkannya abstrakny saja atau seluruh jurnalny?
    3. Ad ga sih kak awardee KGSP yg g berasal dari top tier university spt UI dsb? Sebenerny akreditas univ saya udh A sih kak, tapi ya emng ga seterkenal universitas kaya UI UGM gitu kak :((

    Terimakasih banyak kakkkk!!!!

    1. Wa Alaikum salam warrahmatullah,
      1. Check sekali lagi di KGSP guideline ya untuk tahun 2018, kalau cukup pakai sworn translator alhamdulillah, takutnya harus pakai cap dari kedubes. Kalau sworn translator mudah mbk, tinggal googling saja, jasa sworn translator di kota mbk, biasanya banyak kok.

      2. Setahu saya publications memang conference atau journals, tapi kalau memang punya publikasi lain yang memang layak untuk ditulis juga bisa di tulis, kalau dalam bahasa inggris lebih bagus dan misal ada referensinya online bisa dikasih linknya, kalau memungkinkan di lampirkan juga bisa. Tentu kan bisa dikira kira, publikasi itu relevant tidak.

      3. Selama ini saya ketemu dengan teman-teman KGSP rata-rata dari kampus top tier, temen KGSP saya rata-rata dari UI, ITB, UGM. Tapi tak ada salahnya dicoba. Nothing to lose.

      Semoga sukses!!!, selain itu juga bisa coba apply apply beasiswa lain. biar bisa parallel.

      Semoga bermanfaat

      1. Assalamualaikum kak. Nambah lagi nih pertanyaannya hehe.
        1. Yg soal sworn translator itu saya udh googling kak. Trnyata belom ad jasa sworn translator d kota saya kak. Saya juga udh tanya2 juga sama lembaga bhs Inggris d kota saya trnyata memang belom ad kak 😦 kan ribet nih kalo harus kirim dokumenny ke sworn translator kota lain, bisa ga ya kalo diterjemahkan sama Lembaga Bahasa kampus saya aja gitu kak? Udahny d legalisir notaris begitu. Kira2 dgn cara begitu bakal d anggap sama dgn hasil trjemahan sworn translator kah kak?
        2. Oh iya satu lagi kak, soal IELTS score report nih kak. Sesuai saran kakak tadi kan ad baikny juga apply beasiswa lain ya. Kan setiap beasiswa juga butuh ielts score report. Kira2 score reportny itu harus yg salinan resmi dari IALF nya atau boleh yg difotokopi biasa aja kak?

        Sekali lagi makasiiih banyak ya kakkk!!!!

        1. Wa Alaikum salam warrahmatullah,
          Secara di Indonesia itu sah ya, dilegalisir sama notaris, dan kemungkinan juga sah juga untuk diluar karena hampir sama sebenarnya, hanya saja biasanya cap notarisnya kan berbahasa Indonesia hehe. Klo swon translator jelas tulisannya ada capnya SWORN TRANSLATOR gitu. Ato coba gini aja, menghubungi notarisnya, pernah legalisir dokumen untuk pengurusan ke luar negeri belum, kalau sudah bisa jadi dia juga punya cap versi bahasa inggrisnya.

          2. IELTS score bisa foto copy juga ndak papa, karena kan itu juga bisa dicheck oleh kampus sana, pakai ID testnya itu nanti bisa kelihatan scorenya. Nanti kalau misal kampus minta yang asli ya tinggal minta ke IALF atau IDP saja buat ngirim ke kampusnya. Kan free itu ongkosnya kalau mbk habis test, biasanya bisa maksimal 3 kali minta request kirim ke kampus yg mbk apply.

          Semoga bermanfaat..

  5. mas ini kan saya masih maba, kuliah di PENS jurusan d4 teknik elektro industri. sebenernya pingin sih kuliah di luar negeri terutama di korea. Kira kira d4 itu bisa gak ya dapat beasiswa keluar negeri. Soalnya kebanyakan baca pengalaman lulusan s1 saja yang beasiswa ke luar hehehe ;’

  6. Assalamualaikum kak, kak aku mau tanyan untuk beasiswa S2 dikorea yg menyediakan falkultas ilmu komunikasi, universita mana aja ya kak?

  7. Assalamualaikum ka, kak aku mau tanya, kalo di korea yg menyediakan beasiswa S2 tapi ilmu komunikasi itu universitas mana aja ya kak?

  8. kak mau nanya kuliah di korea ambil pelajaran Business Management bagus gk ? , aku pengen bngt kuliah di korea ambil jurusan business tapi semua orng yng ku kenal selalu mengatakan hal yang buruk

  9. Assalamu’alaikum kak rischan.
    Kakak kan apply lewat beasiswa professor, apakah sehari hari full di lab terus? Soalnya saya pernah nonton vlog, katanya mahasiswa yang dapet beasiswa professor itu biasanya di lab dari jam 9 pagi – 9 malam terus waktu liburnya minim banget. Apa bener kaya gitu kak? Makasih sebelumnya

    1. Wa Alaikum salam warrahmatullah.

      Silahkan mbk liat vlog saya ini playlist ada beberapa video di situ https://www.youtube.com/watch?v=YpAu0Jz-v9E&list=PLLBdWdwiAmQaPFXtxOgSvLF5OihbE7zUb

      Seperti yg sudah saya tulis di sini https://rischan.wordpress.com/faq-beasiswa/ dan di tulisan lain.

      Ketika sudah komunikasi dg prof dan ditawari scholarship disana harus jelas kontraknya. berapa perbulan yg dikasih dari prof apakah itu cukup apa tidak.

      dalam tulisan atau vlog saya selalu bilang cari yg dilab itu sudah pernah ada mahasiswa asingnya kalaubisa pernah ada mahasiswa indonya, kemudian kita kontak dulu, tanya gmn profnya, enak apa ndak, di labnya gmn dsb.

      Jadi beda-beda mbk, klo dulu pas di Korea Alhamdulillah sy dpt prof yg baik, pengertian, tanggung jawab dsb.

      Tp sy jg tahu beberapa kawan yg dapat professor yg kurang baik. makanya harus dipastikan dulu sebelum menerima tawaran terutama apakah beasiswa itu cukup untuk hidup disana. krn beda daerah beda living costnya.

      Tak bisa living cost di Gwangju di pakai di seoul dsb.

      Semoga bermanfaat

  10. assalamualaikum..
    kak, untuk toefl nya itu maksudnya cukup pilih salah satu diantara TOEFL, TOEIC, IELTS atau harus ada semuanya untuk sertifikat yg dilampirkannya ? kka punya kenalan prof dari jurusan bisnis administrasi ?

  11. Pagi kak, saya mau bertanya,
    dimana kita bisa dapat janji NIIED nya kak??
    aku dah buka website KGSP tapi gak dapet janji niied nya..
    mohon pencerahannya

  12. Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Kak Rischan. Terimakasih atas tulisan di blog nyaa. Dapet tambahan pencerahan lagi nihh.
    Tanya tanya boleh yaa. Hihi.
    Aku baru lulus S1, baru di wisuda kemarin tgl 9 sept 2017, baru dapet ijazah akhir sept kemarin. Dan aku baru eungeuh setelah baca berulang kali dari KGSP ditambah blog kaka bahwa ga perlu nunggu lulus untuk apply, yg penting udah keliatan hilal lulusnya dehh. Terus kan aku baca dari KGSP yaa, katanya selambat lambatnya lulus itu agustus 2017, lahh aku ga bisa apply dong kalo untuk tahun depan? Agak bingung disini sihh.
    Terus persayaratan di KGSP bilang kalo minta fotocopy passpor ortu, mamah ku ga ada passpor (ayah punya, tapi udah alm) jadi gimana?
    Oia, minta maaf yaa ku nanya nanya KGSP padahal dirimu ga apply bea ini. Habis aku mau S2 dapet full scholarship, jadi yg kepikiran ini dehh. Hehe.
    Terus kak please jawab yg satu ini, aku bukan lulusan S1 dari univ ternama, aku hanya lulusan S1 dari STIE. Apakah ada kesempatan yg sama besarnya dengan mereka mereka yg lulusan dari kampus ternama? Jujur disini sih aku agak minder klo ada seleksi administrasi (hanya berkas) takut takut ga lolos, padahal niatan hati udah bulet mau ambil Public Policy bukan karena KPop atau KDrama, karena itu masih dalam lingkup Asia dan pendidikannya bagus + menawarkan banyak bea.
    Terimakasih ya kak, sukses selalu.
    Assalamu’alaikum Warrahmatullahi.

    1. Wa Alaikum salam,

      Sebenarnya pertanyaan mbk ini sudah sy jawab di tulisan sy di sini https://rischan.wordpress.com/faq-beasiswa/

      Silahkan bisa di baca lagi tulisan saya FAQ beasiswa itu.

      Nah saya menanggapi sedikit saja disini. Yg saya maksud bisa apply walaupun belum lulus itu beasiswa riset dari Professor, krn beasiswa ini cukup fleksibel dan dibuka 2 kali tiap tahun ssuai dengan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru kampus2 di Korea yaitu dua kali per tahun Spring dan Fall.

      Dulu dipersyaratan sy jg ada passpor orang tua, tp org tua saya jg tdk punya passpor. Jadi bisa pakai KTP yg ditranslate pakai penerjemah tersumpah. Kalau orng tua sudah meninggal bisa pakai surat keterangan meninggal biasanya didapat dari Capil, kemudian di translate dg sworn translator.

      Banyak beasiswa full scholarship selain KGSP spt yg sdh sy jabarkan di tulisan sy ini, hanya saja memang klo jurusan non teknik susah nyarinya di Korea, ya ujung2nya ya KGSP pilihannya.

      Nah jgn patah semangat, sy punya eksperience ditolak oleh salah satu kampus di Korea karena sy lulusan UIN Jogja yg mana kata kampus tersebut kampus S1 sy tidak ter-recognize oleh mereka.

      Tapi tak ada salahnya untuk mencoba.

      Semoga dimudahkan jalannya oleh Allah..

      Wassalam, semoga bermanfaat

    1. Mohon maaf, untuk prof yg di bidang robotik sy tidak ada kenalan.

      Silahkan bisa kunjungi web kampus lihat lihat disitu dan dikontak via email dengan bahasa yg bagus mbk.

      Semoga bermanfaat

  13. halo kak salam kenal. aku mah tanya. kan aku ada rencana ngambil kuliah bahasa korea selama setahun di korea. dan dibiayai oleh kakak angkat saya yg berasal dari korea.
    lalu untuk visa d4 tertulis tabungan orangtua harus minimal 1.000 usd. sedangkan ortu saya tidak memiliki uang sebanyak itu karena pembiayaan saya kuliah bahasa di tanggung oleh kakak angkat saya di korea.
    apakah bisa menggunakan surat keterangan sponsor kuliah ?
    atau ada yg lain kak ?
    mohon pencerahannya kak. makasih

    1. iya bisa, minta saja kaka angkat mbk utk buat sponsor letter.
      sepertinya bisa.
      atau kalau mau lebih jelas bisa telp ke dubes Korea, no telpnya ada di website kedubes Korea. Telp bisa pakai bahasa indonesia kok. Nanti bisa ditanyakan lebih detail.

      Semoga bermanfaat

  14. Hi kak , aku pengen nanya nih hehe maaf ganggu ya , IGCSE sama IB bisa tidak di pake buat kuliah di korea ? Aku muris undergraded yang pengen banget kuliah di korea , saya butuh persiapan apa sajah ya ? Dan berapa lama kak kira kira kuliah di korea ? ( aku pengennya ambil business management )

    1. Untuk kuliah master bahasa korea tidak harus krn banyak kampus di korea yg sudah buka kelas interasional untuk program master (hampir rata2 smua kampus) tapi tidak semua program,

      Klo bisnis & management banyak juga yg kelas interasional.

      Bahasa korea diperlukan untuk hidup disana, karena mayoritas orng sana diluar kampus tdk bisa berbahasa inggris.

      Untuk persyaratan English certificate bisa di lihat di requirementsnya apakah certificate yg mbk miliki itu masuk apa tidak, atau bisa menghubungi bagian admisinya.

      TOEFL iBT minimal 80
      IELTS 6.5
      TOEIC 700

      Tiap kampus beda-beda requirement scorenya ya, silahkan di check di kampus/jurusan yg mbk tuju.

  15. Saya ingin bekerja sama menginformasikan jasa penerjemah tersumpah yang mungkin diperlukan untuk melengkapi beasiswa dengan Link ke Website saya atau berupa artikel Tentang memperoleh beasiswa yang di Link ke situs ini
    Mohon informasinya agar bisa bekerja sama

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  16. Permisi kak saya mau tanya, sekarang saya masih menyandang sebagai mahasiswa IT semester 6 (D4). Untuk beasiswa yang ditawarkan oleh KGSP sendiri atau yang lain apa harus dari lulusan S1 ya kalo emang nantinya mau apply beasiswa S2 di Korea? Dan pertanyaan kedua, untuk apply beasiswa S2 di Korea apakah harus memilih jurusan yang sama atau sesuai dengan jurusan S1/D4 sebelumnya karena disini saya berniat untuk mengambil bidang diluar bidang yg saya jalani sekarang? Terima kasih sebelumnya kak.

    1. 1. Silahkan bisa dibuka https://rischan.wordpress.com/faq-beasiswa/ di situ ada bahasan D3 dan mau apply KGSP

      2. tergantung jurusan yg mau diambil, tiap jurusan ada ketentuannya dr prodi apa dia boleh ngambil, misal jurusan computer science master, bisa jadi boleh bagi lulusan S1 matematika untuk ngambil dg catatan apa dan apa.

      jadi tergantung jurusan yg mau diambil eligibility nya buat siapa saja.

      Semoga bermanfaat

  17. Hi kak aku pengen bngt nih kuliaj di korea tapi aku kuliah masih 2 tahun lagi sih heheh , aku pengen ngambil jurusan business, tapi banyak yng bilang buat apa aku ambil business di korea and pada gk setuju juga aku ke korea tapi aku pengen bngt kuliah di korea kalau bisa aku pengen ambil beasiswa juga. Apa yang harus aku siapkan dari sekarang dan apakah piliahan ku buat belajar busniess di korea benar?

    1. Utk master khususnya MBA di korea juga bagus.

      Kalau persiapan ya belajar yang bener saja, jangan sampai IPK dibawah 3, kalau bisa jangan sampai dibawah 3.5 skala 4.

      Sering2 join penelitian sama dosen. dan yg paling penting bahasa inggris, kalau bisa lulus S1 sudah ada IELTS minimal 6.5 bands.

      Semoga bermanfaat

  18. Hai kak, gue mau nanya, tingkat kejahatan/kriminal di korea kalau diukur dari 0-100% ada ditingkat keberapa? Dan tingkat pembully-an di korea kalau diukur dari 0-100% ada ditingkat keberapa? Soalnya, jujur kak, gue agama islam, gue pake jilbab, dan jilbab gue itu panjang, gue ngerasa takut kalau gue mungkin akan di bully dan sebagainya, gue juga perempuan, jadi menurut gue keamanan dan keselamatan itu paling penting.

    kuliah di korea adalah impian gue, walaupun jujur gue masih kelas 9, umur gue masih 14, gue juga gak tau banyak hal tentang kuliah itu kayak apa, gue juga kurang pengetahuan tentang bagaimana kondisi di korea, tapi ini impian gue kak, gue gak pernah seyakin ini seumur hidup gue.

    Trus kak, kan gue kuliah masih lama, kalau dihitung mungkin 3-4 tahun lagi baru gue masuk kuliah, menurut kakak tingkat kejahatan dan pembully-an di korea 3-4 tahun lagi bakalan menurun atau malah tambah tinggi? (Maaf kalau ada kata kata yang salah kak)

    Oia kak, satu pertanyaan lagi, maaf banget gue banyak tanya, karena ini impian gue banget kak.

    Gue emang belum tau mau ambil jurusan apa, tapi gue cinta banget sama pelajaran bahasa inggris, jadi gue kepikiran ambil jurusan sastra inggris, walaupun gue belum yakin. Tapi menurut kakak jurusan yang paling bagus atau mudah dapat pekerjaan atau yang gajinya bisa cukup untuk hidupin gue dikorea itu jurusan apa kak? Makasih kak, aku bakal bahagia banget kalau kakak bisa sempatin untuk ngejawab semua pertanyaan aku, dan sekali lagi aku minta maaf kalau kata kata ku ada yang salah.

    Sebenarnya ada banyaaaak yang mau gue tanyain dan yang mau gue ceritain, tapi ini cukup untuk sekarang, sekali lagi terima kasih banyak kak.

    1. 1. Muslim dan muslimah di Korea itu banyak : dari Indonesia, Malaysia, Mesir, Pakistan, dan kawasan timur tengah lain.

      Jadi tak perlu khawatir.

      2. selama sy disana saya dan teman2 disini belum pernah mengalami pembulian. memang pernah ada satu dua kasus, misal orang berjilbab dimarahin ajuma (nenek2) tapi itu satu dua. Hal itu krn memang kiblat korea ke Amerika, jadi ya smua berita tentang ISIS yng menyudutkan islam. Jadi kalau orang tua bisa termakan isu itu, tapi kalau anak2 muda mah mereka sudah open mind.

      3. Banyak jenis beasiswa di Korea, ada yg full, ada yg partial/sebagian. Klo dpt beasiswa yg full ya tak perlu kerja. krn dari beasiswa sudah mencukupi semuanya bahkan bisa nabung.

      4. Kalau mau jurusan sastra inggris ya jangan di korea, sastra inggris paling bagus ya di Inggris.

      semoga bermanfaat.

  19. Kak aku mau nanya.. ini bnr bnr buat aku bingung kak.. kan aku udah banyak baca tentang beasiswa kgsp dan lpdp.. disitu tertulis harus aktif organisasi..
    Apa itu bnr bnr penting kak? Soalnya aku lebih mikir ke akademik dan juga kesegaruan aku untuk buat komik jadi gak ada waktu buat organisasi.. jadi gimana kak.. apa kalau ipk kita tinggi sama toefl atau topik nya tinggi .. gak masalah kalau gak ada pengalaman ikut organisasi? Mohon dijawab ya kak..

    κ°μ‚¬ν•©λ‹ˆλ‹€..

    1. Kalau LPDP memang sasarannya ke students yang punya banyak kontribusi sosial mbk.

      Ya klo misal mbknya suka komik ya siapa tau komik mbk bisa memberikan impact yg bagus buat masyarakat. Jadi kalau LPDP memang arahnya kesana.

      bagi LPDP prestasi itu penting tp kontribusi soasial dan keinginan mengabdi pd Indonesia tdk kalah penting.

      Kalau KGSP saya kira tdak ada masalah mbk, di tulis saja di statement purpose mengenai hobby mbk yg buat komik itu klo memang relevan dengan bidang yg mbk minati

      semoga bermanfaat

  20. Kak aku mau nanya.. ini bnr bnr buat aku bingung kak.. kan aku udah banyak baca tentang beasiswa kgsp dan lpdp.. disitu tertulis harus aktif organisasi..
    Apa itu bnr bnr penting kak? Soalnya aku lebih mikir ke akademik dan juga kesegaruan aku untuk buat komik jadi gak ada waktu buat organisasi.. jadi gimana kak.. apa kalau ipk kita tinggi sama toefl atau topik nya tinggi .. gak masalah kalau gak ada pengalaman ikut organisasi? Mohon dijawab ya kak..

    κ°μ‚¬ν•©λ‹ˆλ‹€..

  21. Assalamualaikum kak, perkenalkan saya dien dan saya ingin melanjutkan pendidikan S2. Kemarin sudah coba aply dan belum berhasil mendapatkan LoA dari universitas yang diinginkan. Tahun depan mau coba di Korea Selatan karena alhamdulillah saya lumayan bisa bahasa korea.
    Yang ingin saya tanyakan nih kak. untuk program S2+S3 di korea itu bagaimana ya kak?
    Kalau aku lihat di buku panduannya KGSP malah pisah2. Entah aku yang teliti baca atau tidak.
    Pertanyaan yang kedua, dokumen yang kita siapkan kan harus ditranslate dalam bahasa inggris atau korea lewat notaris. Kalau dari universitas pasti bisa ditransletkan, tapi seperti berkas yang lain itu bagaimana. Notarisnya yang bagaimana?
    Mungkin kakak bisa memberikan ilham bagi saya yang kebingungan ini. Beberapa persyaratan sudah saya cicil dan semoga bisa segera menyusul kesana.
    Ditunggu balasannya.
    Wassalamualaikum

    1. Waalaikum salam warrahmatullah

      1. program di Korea untuk pasca sarjana itu ada S2 saja, S3 saja, atau integrated (S2+S3)
      termasuk di KGSP juga ada yang beasiswa integrated kalau tidak salah ya, silahkan bisa di check di guideline terbaru.
      Kalau saya jujur lebih merekomendasikan yang S2 saja dulu, karena takutnya nanti tidak cocok dengan Profnya atau Labnya, minimal ketika tidak cocok itu hanya dua tahun, sedang kalau S2+S3 itu lebih dari 4 tahun dan itu nanti ijazahnya langsung S3 tanpa ijazah S2.
      Tapi kalau memang sudah yakin labnya bagus, profnya bagus ya silahkan kalau mau ambil yang integrated.

      2. Silahkan bisa dilihat lebih detail di requirements dockumen, berkas lain juga bisa ditranslate, seperti KTP bapak, KTP ibu dsb. Cari saja sworn translator.

  22. Kak mau tanya kalo yang beasiswa profesor itu kan katanya sistemnya beda beda, cara kita tahu besar uang beasiswanya berapa itu dari mana yah? Professornya nanti kasih tau? terus kalo ikut beasiswa professor itu, rata2 cukup untuk semua kebutuhan ga atau masih perlu part time lagi?
    makasih sebelumnua

    1. kalau beasiswa riset dari Prof itu biasanya kita full riset di lab.

      Klo tdk ada kuliah ya ke lab, jadi lebih mirip ke kerja. Saya disana dapat student ID kampus, dan ID researcher.

      Jadi intinya spt mahasiswa tp juga kerja. Jadi sdh pasti tidak bisa part time.

      Nah untuk masalah besarannya harus ditanyakan lebih awal dan harus clear ada hitam diatas putih. (jelas berapa yg mau di support)

      harus terbuka, dan saya juga menyarankan untuk mencari info dlu, kalau bisa labnya tersebut pernah ada mahasiswa Indonesianya jadi kita bisa nanya ke mahasiswa yg pernah disana, bagaimana kondisi labnya. apakah profnya baik dsb.

      Kadang ada beberapa prof yang kurang baik disisi finansial. Jadi memang harus hati-hati dan dipastikan. krn itu menyangkut kondisi finansial kita kedepan .

      Semoga bermanfaat

  23. Ka sayw masih bingung buat ngumpulin berkas apa aja yg hrus saya siapkan. Mohon bantuanya ka, untuk jelaskn apa saja yg harus saya siapakn dari awal karna saya sma sekali belum pernah dan tidak tahu bagaimna hrus memulainya. Terima kasih

  24. Assalamu’alaykum..
    Mas/abang/ kakak, saya yuli, mau tanya mengenai universitas di korea dengan jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini yang menyertakan beasiswa lpdp atau KGSP khusus untuk S2? kalau boleh rekomendasikan dimana gitu bang?
    Terimakasih banyak.
    Wassalamualaykum.

  25. Terima kasih mas jawabannya.
    Tapi sebenernya yang mau aku tanya itu terkait biaya hidup disana. Kalo program kan jelas ditanggung kgsp. Nah di awal kgsp bagi awardee diberikan 200rb won.
    Aku pernah searching, katanya tempat program bahasa sama kampus yang kita tuju kan beda ya, mas.

    Nah untuk biaya hidup selama kita menjalani program bahasa seperti dorm, dan makan itu ditanggung pribadi atau gimana?

    Kalo mas dulu gimana?

    Terima kasih

    1. Kata siapa itu?

      Saya tidak mendapatkan beasiswa KGSP. (*Info ini juga sebagai tanda kalau mbk TIDAK membaca tulisan saya di Blog ini)

      Tapi kalau yang saya tau siapapun yg diterima KGSP akan dapat montly stipend / saku perbulan sebesar 900.000 KRW dan itu sangat cukup sekali untuk hidup disana.

      Kalau mbk keterima KGSP itu sudah smuanya tercover karena emang beasiswa itu jelas dari pemerintah Korea jadi sudah di perhitungkan dengan baik2.

      Yang jelas, silahkan dibaca di guidelinenya.
      Banyak adek2 disini mereka suka mencari informasi di internet tapi tidak membaca KGSP guideline resminya, krn info paling valid ya dari Guideline nya itu.

      Yang perlu di ketahu kuota KGSP untuk Indonesia itu untuk tahun 2015 kalau tidak salah cuma 7 orang, di check saja di guidelinenya berapa orang yg mau diterima, apa syaratnya, kira2 mbknya eligible apa tidak.

      Semoga bermanfaat

  26. Assalamu’alaikum mas.
    Saya tyo mau tanya terkait program bahasa yang disediakan KGSP. Apakah itu dicover pihak KGSP atau ngga ya, mas?

    Mohon jawabannya.
    Kalo boleh saya ingin banyak bertanya via email.
    Boleh ngga mas?

    1. Alaikum salam,

      Iya program bahasa korea 1 tahun smua dibiayai KGSP.

      Silahkan bisa dibaca tulisan ini

      https://rischan.wordpress.com/faq-beasiswa/

      Saya lebih suka kalau ada yg bertanya lewat halaman tersebut, krn biar yg lain kalau punya masalah yg sama bisa membacanya.

      Jadi kalau pertanyaan mbk belum terjawab di tulisan tersebut silahkan ditanyakan di kolom komentar.

      Terima kasih,
      semoga membantu

  27. Mau tanya bg. Saya rencananya mau ambial beasiswa KGSP untuk pascasarjana bidang pendidikan khusus. Itu universita apa saja yang menawarkan bidang pendidikan khususnya bg? Juga katanya ga perlu toefl ya bg? Salah satu saya mau ambil beasiswa kgsp karena kemampuan b.inggris saya sangat minim bg. Mohon infonya bg. Terimakasih

  28. Hi mas salam kenal,,,
    Sy rencana lanjut s2 jurusan arsitektur d korea,, namun masih minim banget informasi tentang jurusan arsitektur yg bagus d korea,, kira universitas yg masuk 5 besar u jurusan arsitektur nya kira2 apa ya mas,, ada referensi gk,,

    Mohon bantunanny . κ°μ‚¬ν•©λ‹ˆλ‹€

  29. Ass, kak. Kalau beasiswa kgsp yg buat vokasi ada ngga ya? Soalnya aku denger2 ada yg dapet beasiswa kgsp tapi bukan S1. Terimakasih

  30. Hai kak
    Salam kenal
    Nama aku tina
    Aku mau nanyak soal kuliah di Korea Selatan kk
    Kapan pendaftaran diuniversitas korea kk??
    Mohon di balas ya kk
    Makasih

  31. Assalamuaikum kak mau tanya kalau semisal kita disini suadah dapat sertifikat TOPIK level 3 terus nanti mau ikut beasiswa KGSD terus keterima apakah yang kuliah harusnya 2th jadi 3 th juga? Atau ada pengecualian?

    1. Alaikum salam warrahmatullah, jurusannya apa? klo jurusan sastra korea kayaknya harus level 5 TOPIKnya.

      Silahkan check saja di KGSP guideline, kalau ada yg belum jelas bisa kirim email atau telp ke kedubes Korea di Jakarta.

      Smg bermanfaat

  32. Maaf mau tnya
    Klo beasiswa untuk aku yang baru lulus SMA tahun 2017 ini
    Ada gak ya??
    Selain kgsp
    Dan caranya gimana ya??
    Terimakasih

    1. setau saya klo untuk lulusan SMA ya KGSP.
      tapi ada beberapa kampus yg menawarkan beasiswa lain mungkin untuk S1 entah itu full atau sebagian,
      coba saja di cari diwebnya kampus yg mau dituju atau langsung bertanya ke International officenya kampus bisa lewat email atau telp.

      Smg membantu

  33. Mau tanya minimal toefl buat beasiswa nya brp ya ? Terus kan kebanyakan org pada gagal pas kirim berkas sma wawancara , bs ksh tips gk gimana biar bs lulus wawancara dan seleksi berkas .

    1. beberapa kampus masih bisa menerima toefl ITP 550
      tp kebanyakan sudah tdk, harus iBT atau IELTS. iBT biasanya minimal 79 atau 80

      Gagal di administrasi berarti tidak qualified, artinya CV atau transkrip tidak memenuhi standar diterima

      Gagal di wawancara, bisa jadi masalah komunikasi, bhs inggrisnya kurang lancar hingga yang ndengerin bingung, atau memang skillnya kurang.

      Jadi dari situ bisa di tarik tips tips nya kira-kira bagaimana.

      lebih lanjut bisa di baca di https://rischan.wordpress.com/faq-beasiswa/

      Smg bermanfaat

  34. kakk mau tanya. Kalo major MIS masuknya computer science juga gak? Programmingnya brp % ?? Hehe, kali aja tau, sangat membantu :))

    1. MIS itu apa mbk? tolong yg jelas krn singkatan MIS banyak, apakah management information system ato apa?

      Tinggal di check saja di course list nya ada computer science nya tidak.

      Tinggal di check saja di webnya itu program masuk di fakutlas apa departement apa.

      Semoga membantu

  35. Wah~ keren artikel ini sangat membantuπŸ‘πŸ‘. Ingin sekali kuliah di Korea S2 dg melanjutkan jurusan bhs Inggris, Dan sekarng sya masih semester 4.Tp bhs Korea blum menguasai sm skaliπŸ˜ͺ. wallahua’lam bisowab semoga harapan saya study di Korea Selatan tercapai dan sy bisa bertemu dngn sesama muslim~Amin.. Allahuma amin..~πŸ™

  36. Mas kalau ingin menghubungi professor via email bagaimana ya? Terus untuk melihat publikasi research beliau bagaimana? Saya sudah ngubek-ngubek websitenya belum ketemu

  37. Kak, mau nanya. Kalau surat rekomendasi itu dapet darimana ya? Ada yang bilang kedubes, ada yang bilang pihak sekolah. Saya mau apply S1 di K-Arts, lulus SMA th 2017 nanti. Trims!

    1. klo untuk apply S1 sebaiknya Maria download KGSP guideline yang paling baru.

      di situ pasti di jelaskan rekomendasi yang dimaksud dari mana.

      Kalau memang belum jelas Maria bisa telp Kedubes Korsel di jakarta untuk menanyakan masalah rekomendasi ini

      Semoga membantu.. semangat yah!!!

  38. Kak, kalo lulusan smk keperawatan, apa bisa? Soalnya kalo saya cari beasiswa smk agak” susah gitu. Trs universitas keperawatan itu dimana saja? Terimakasi maaf banyak tanya

  39. Assalamualaikum Mas Rischan

    Alhamdulillah saya sudah diterima untuk melanjutkan sekolah S2 di Korea, tepatnya di Korea Maritime and Ocean University di Busan melalui beasiswa riset. Yang saya ingin tanyakan apa benar jika mendapat beasiswa melalui profesor disana maka kita akan dipekerjakan habis – habisan untuk membantu riset Profesor tersebut? Karena rekan saya sudah ada 3 orang yang gagal kuliah di Korea (S2 dan S3) dengan alasan tersebut. Bahkan yang satu orang sampai pulang dalam kondisi sakit. Kalau pengalaman Mas Rischan sendiri bagaimana?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Wa Alaikum salam warrahmatullah.

      Skrng gini saja mas, ke web perpika terus nyari kontak sama teman-teman pengurus perpika disana, siapa tau mereka ada yg tau dengan calon professor mas atau dengan kondisi labnya.

      sebenarnya semua tergantung prof/lab kita mas, alhamdulillah kemaren saya mendapatkan prof yang baik, sering diminta submit paper baik journal maupun konference, jadi bisa jalan-jalan pula, ngasih gajinya jg bagus.

      Nah jadi check saja di labnya ada orang indonesianya tidak, kalau ada bisa ditanya-tanya bagaimana kondisi lab dan sifat prof nya mas.

      atau kalau mentok tak ada bisa itu nyari kontak teman-teman pengurus perpika yang masih di korea, mereka akan dengan senang hati untuk membantu.

      Semoga membantu.

      Terima kasih

  40. assalam. kak mau tanya, dokumen2 yang diperlukan kan akan dikirim ke kedubes korea,dan ada yang dia minta dokumen asli, trus kalau gak lolos gimna kak?
    apa dokumen tersebut akan dikembalikan lagi sama kita atau gak? sedangkan kita pasti masih butuh dokumen asli tersebut. terimakasih sebelumnya

    1. Sudah baca FAQ Beasiswa mbk?
      silahkan baca dulu https://rischan.wordpress.com/faq-beasiswa/

      semua informasi itu sbnarnya sudah disajikan di situs resminya silahkan bisa ke situs dubes korea Indonesia http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/mission/notice/index.jsp

      pasti yg dikirim itu dokumen legalisiran mbk, tdk mungkin yg asli, dan itupun kalau dokumennya dalam bhs indonesia harus ditranslate ke bhs inggris terlebih dahulu. Lebih lengkapnya silahkan bisa dibaca di guideline KGSP dari situs resminya, krn bisa jadi aturan berubah tiap tahun.

      Smg bermanfaat

  41. Halo saya ingin bertanya mengenai beasiswa yg dari prof, saya baru akan lulus sma pada april mendatang, apakah saya berkemungkinan untuk lulus beasiswa tersebut? Karena dari pengalaman yg anda cerita kan, pada saat itu anda sudah menjadi mahasiswa, dan selain beasiswa dari prof, beasiswa apa lagi yang bisa menerima siswa yang lulus pada april mendatang?

    Terima kasih

  42. hallo mas. aku mau apply S2 tapi dijurusan Sastra Inggris. kira2 korea bagus atau setidaknya gimana ya klo apply jurusan itu disana?secara kan bahasanya inggris.. trs apa beasiswa research juga berlaku utk jurusan seperti sastra Inggris? terimakasih..

    1. kalau sastra english ya bagusnya di english mas hehe.. cuman ya ada jurusan sastra english di korea.

      dan kalau mau ambil ya beasiswanya bisa daftar KGSP atau LPDP

      Kyknya tdk ada research scholarship untuk english literature itu setau saya ya… smg bermanfaat

      1. mas richsan saya mau tanya kalo saya mau coba ambil s2 di korea dan ikut program beasiswa (mis: KGSP), saya perlu diterima dulu di universitas yg dituju atau daftar beasiswanya dulu? saya mau ambil economics atau business adm, menurut mas universitas yg lebih mudah buat saya diterima dan lebih nyaman buat orang Indonesia yg mana yah? hehehe. trus di kampus mas richsan kelasnya pake b.indo atau b.korea? sebelumnya mas richsan pernah les b.korea di Indonesia?kalau boleh tau lesnya dimana yah? hehe
        terima kasih dan sukses selalu

      2. kak saya mau nanya .. saya kan lulus sma 2017 ini saya ingin mendapatkan beasiswa ke korea tapi saya masih bingung sama jurusannya tolong rekmendasikan. dan apakah beasiswanya sudah lewat pendaftaran? mohon dijawab kak makasihπŸ˜€

        1. kak saya berkeinginan mencari jurusan arsitek universitas apa yang bagus. apakah beasiswa ditanggung sepenuhnya dan kemampuan bhs inggris saya kurang kemungkinan diterima pasti kecil. misalnya kalau diterima apakah bisa kuliah sambil kerja part time disana untuk menambah penghasilan mohon dijawab dan maaf bila pertanyaannya gak jelas😁

  43. Selamat pagi mas. Bisa berbagi informasi mengenai beasiswa research computer science di kampus mas rischan? Atau bisa jadi mentor saya untuk melamar beasiswa research S2 di univ Korea mas? Latar belakang kuliah saya sama dengan jurusan mas rischan.

    1. iya bisa mbk.. silahkan bisa dipersiapkan dulu spt yang sudah katakan sebelumnya.

      TOEFL iBT minimal 80, kemudian buat CVnya yang bagus, nanti klo udah bisa kirim ke saya, habis itu nanti kita bisa ngobrol, dan nyari2 professor yang sesuai dengan riset dan interest mbknya.

      Semoga membantu..
      Nanti untuk komunikasi kirim CV nya bisa ke facebook saya.. http://fb.com/mafrur

  44. Asslammualaikum mas saya mau tanya, saya rencananya mau lanjut S2 di korea Selatan kebetulan di salah satu univ di sana ada yang belajar tentang hukum asia dan kebetulan jurusan saya hukum dan konsentrasi skripsi saya ke internasional law, kira2 ada kemungkinan ngak ya mas tuk nge apply karena setiap saya baca blog rata2 ngambil jurusannya teknik. Makasih sebelumnya mas

    1. Wa Alaikum salam, jurusan sosial di korea juga bagus-bagus kok mbk, cuman krn emang skrng Korea dikenal dengan smartphone nya dan teknologinya jadi banyak akhirnya orang teknik yg disini.

      Teman-teman saya yang ambil baik S2 dan S3 jurusan sosial juga banyak.

      Jadi pasti bisa insyaAllah… semoga bermanfaat

      1. Mas aku mau tanya dong SMA seperti diatasi aku juga jurusan hukum dan lagi siap2 skripsi dan mau persiapan untuk bgusin bhs Inggris rencana mau ambil jurusan hukum internasional juga ada ngak rekomendasi teman2 mas yg jurusan sosial terutama hukum

        1. mohon maaf mbk, sy kurang paham dengan pertanyaan mbk yg bagian atas.

          Kalau di Korea jurusan hukum juga ada, sosial juga banyak, jadi bisa di googling dulu saja mbk.

      2. Mas aku mau tanya dong SMA seperti diatasi aku juga jurusan hukum dan lagi siap2 skripsi dan mau persiapan untuk bgusin bhs Inggris rencana mau ambil jurusan hukum internasional juga ada ngak rekomendasi teman2 mas yg jurusan sosial terutama hukum

  45. assalamu’alaikumm…

    bermanfaat bngt info nya..
    aku mau tanya…
    aku pngn lanjut s2 di korsel tp aku dr kmpus yg akreditas nya masih ban pt, klo ikut beasiswa ksgp apa harus dr kmpus yg terakreditas A???
    dan klo tidak ada sertifikat toefl tp sdh bisa bhs korea apa masih butuh sertikat toefl atau toeic?

  46. ka, saya mau tanya klo u/ yang udh lulus SMA nya 2-3 thn yang lalu itu masih bisa ikt beasiswanya ga kak? kira2 beasiswa yang mana ya kak klo masih bisa ikt?

  47. halo kak saya ingin bertanya, jika saya apply untuk beasiswa riset yang dibiayai profesor, namun untuk tuition fee di awal harus membayar sendiri dan akan diganti ketika telah melakukan riset bersama prof, bagaimana solusinya kak? sedangkan univ tersebut tidak terdaftar di list univ tujuan lpdp? (jujur sebenarnya saya belum punya cukup uang untuk membayar biaya tution fee tersebut yang deadlinenya bulan desember semisal saya diterima). Lebih baik saya teteap mendafatr atau tidak kak mohon sarannya. terimakasih πŸ™‚

    1. Sebaiknya nyari yang lain saja mbk, untuk tuition fee itu mahal banget.

      Belum nanti biaya hidup disana, klo memang pingin beasiswa riset, bisa nyari yang dijamin semuanya (tuition fee + living cost). Itu banyak dikorea kok.

      intinya sebelum berangkt mbk harus benar-benar lihat kontraknya, klo beasiswa prof nanti akan ada surat kontrak dari prof bahwa prof menjamin tuition fee dan juga living cost.

      semoga bermanfaat

  48. Halo kak, kebetulan Ada lowongan riset di sebuah Universitas di Korea terkait big data, Saya sangat tertarik dan ingin apply, namun ketika assistant research lab tersebut mengirimkan rinciannya, ternyata Saya harus membayar tuition fee diawal yg jamuannya cukup Besar, nah namun tuition fee tersebut nantinya Akan diganti dg ditambahkan pada gaji Saya tiap bulannya. Jujur Saat ini Saya belum punya uang sebanyak itu, jadi menurut pendapat kakak bagaimana? Apakah lebih Baik Tetap apply? Terimakasih

    1. Sebaiknya nyari yang lain saja mbk, untuk tuition fee itu mahal banget.

      Belum nanti biaya hidup disana, klo memang pingin beasiswa riset, bisa nyari yang dijamin semuanya (tuition fee + living cost). Itu banyak dikorea kok.

      intinya sebelum berangkt mbk harus benar-benar lihat kontraknya, klo beasiswa prof nanti akan ada surat kontrak dari prof bahwa prof menjamin tuition fee dan juga living cost.

      semoga bermanfaat

  49. Assalamualaikum mas.. Sebelumnya trimakasih untuk postingannya. Alhamdulillah sangat brmanfaat..
    O:)
    Saya S1 akuntansi mas. Msih blum llus sih!! Tapi insyaallah mau lanjut s2. Cuman masih dilema antara korsel atau jepaang.. Antara lee minho atau naruto πŸ˜€

  50. Assalamualaikum eonni. Kalau di Korea berapa banyak semester yang dihabiskan untuk lulus S1, dan S2. Di negara kita S1 8 semester, S2 4 atau 3 semester.

  51. Assalammu’alaikum mbak, aku lulusan dari kampus swasta jurusan S1 Keperawatan, Di Korea apakah ada beasiswa untuk S2 Hukum Keperawatan atau S2 Keperawatan lainnya, Terimakasih

      1. assalamu’alaikum mas,, saya pengen nyoba kuliah di korea, saya sekarang kuliah di UMBY jogja , saya psikologi mas,,, kira-kira gimana caranya ya,, di univ mana , saya tertarik yang KGSP ,, mohon bantuannya ,,

  52. hi kak saya mau tanya , kalao untuk prosedur beasiswa S2 ke korea apa aja ? dan jika sudah sampai tahap ke dubes korea, apakah pasti berhasil ?
    kelebihannya kuliah S2 Psikologi di korea apa kak dibandingkan dngan kuliah S2 di Indonesia ?

  53. Assalamu’alaikum..
    Saya mau bertanya, dulu kak Rischan menerjemahkan ijazah S1 ke dalam bahasa inggris dimana ya? Karena setahu saya penerjemah itu harus tersumpah. ohya, saya bisa minta tidak ya contoh email yang dulu kakak kirimkan ke professor? Terima kasih sebelumnya kak

  54. assalamualaikum kak, saya hendak tanya. untuk pengajuan beasiswa KGSP yng by embassy itu apakah harus menyertakan LoA atau offer dari universitas tujuan? i mean harus mendaftar dan diterima dulu diuniv yg dituju? yang kedua untuk beasiswa research itu by university atau korean government juga kak? saya tertarik namun masih belum paham terkait prosedurnya?

  55. Assalamualaikum kak, saya mau tanya apakah ada beasiswa untuk lulusan d3 ke korea? Sudah pernah tanya ke pihak niied dan untuk transfer student kaya gitu dikasih link yg http://studyinkorea.go.kr masih gak ngerti hehe kalo transfer dari d3 ke s1 maksudnya bachelor’s transfer atau associate degree transfer? Soalnya saya cari ada beberapa univ yg beasiswa untuk bachelor’s transfer. Terima kasih kakak sebelumnya

  56. Assalamualaikum kak.. sy dian, sy sudah lulus kuliah keperawatan baikbS1 maupun profesi nersnya.. sy mau tnya klo untuk kampus d korsel itu yg ada S2 keperawatannya dimana aja ya ? Terima kasih kak

  57. Assalamualaikum wr wb
    saya berencana mau kuliah s2 di korea. tahun depan saya baru bisa lulus, tapi bahasa inggris saya belum sangat bagus. dan gpa saya masih dibawah 80%.
    mau ambil kgsp kira kira ada harapan atau tidak.
    dan untuk research kan berurusan dengan prof. saya dikerudung dan mungkinkah dapat dilirik/diterima oleh prof tersebut?

    dan yang terpenting, apabila suatu saat kita tidak lulus kuliah dalam 2 tahun biaya selanjutnya bayar sendiri atau dipulangkan.
    sebelumnya terimakasih atas informasinya.

  58. Assalamualaikum kak, saya maba jurusan Sistem informasi di universitas swasta. Kalau mendaftar beasiswa di korea apakah bisa mengambil jurusan selain Sistem Informasi atau harus mengambil sama/setara dengan Sistem informasi. terimakasih

    1. Alaikum salam warrahmatullah.

      Banyak kok jurusan di korea information system, information technology, information engineering, dsb. silahkan tinggal di liat2 saja, mana yg paling linier dan cocok dengan keinginan. semoga bermanfaat

  59. Assalamualikum kak. Saya maba di salah satu universitas swasta jurusan Sistem Informasi dan rencana setelah lulus mau cari beasiswa ke korea khususnya. Apakah harus jurusannya yang sama dengan Sistem Informasi atau boleh lain? Terimakasih

    1. Alaikum salam warrahmatullah.

      Banyak kok jurusan di korea information system, information technology, information engineering, dsb. silahkan tinggal di liat2 saja, mana yg paling linier dan cocok dengan keinginan. semoga bermanfaat

  60. kak mau nanya, kata kakak kan kalo mau ngambil S2, bahasa inggris penting. skrng kan bahsa inggris ku kan pas2san kak , apakh dengan mempersiapkan belajar bhsa inggeis selama 2 tahun untuk tes TOEFL , bisa lulus nggak kak? susah baget nggak kak tea TOEFL itu? terus kasih tips kak, biar mudah belajar bahasa inggris.

    Mohon jawaban nya kakk

    1. silahkan bisa nyoba ngerjain toefl test online atau bisa nyoba ikutan toefl prediction test di kampus2 indonesia, biar punya gambaran score nya.

      semoga bermanfaat

  61. kak mau nanya, kata kakak kan kalo mau ngambil S2, bahasa inggris penting. skrng kan bahsa inggris ku kan pas2san kak , apakh dengan mempersiapkan belajar bhsa inggeis selama 2 tahun untuk tes TOEFL , bisa lulus nggak kak? susah baget nggak kak tea TOEFL itu? terus kasih tips kak, biar mudah belajar bahasa inggris.

    Mohon dijawab ya kakk

    1. silahkan bisa nyoba ngerjain toefl test online atau bisa nyoba ikutan toefl prediction test di kampus2 indonesia, biar punya gambaran score nya.

      semoga bermanfaat

  62. Assalamualaikum mas, mau tanya kan aku baru lulus tahun ini mau ikut beasiswa karts tapi pendaftaran tahun ini sudah ditutup, dan persyaratan lulusnya 2016 kalo misal ikut tahun depan gitu (2017) padahal lulusan tahun 2016 itu gapapa kan ya? Mohon dijawab ^^

  63. assalamuallaikum kak,
    aku mau nanyain, untuk fasilitas kampus dikorea apa bisa kita manfaatkan sampai malam. misalkan untuk research bisa sampai stay seharian full di lab.
    terima kasih

  64. Ka universitas korea yg ada jurusan torism nya univ apa ya? Saya search sih universitas sejong bagus gak? Dan selain diuniversitas sejong ada lagi gak?

    1. maaf sy tidak tau mbk, bahkan mungkin klo mbk tanya ke presiden koreapun beliau tak tau.

      yg bisa tau yang mau nyari. bisa di cari di google untuk jurusan yg membahas terorism di korea klo mbk mau.

      kemudian untuk peringkat universitas bisa di googling juga ada topuniversities website klo mau liat peringkat kampus se dunia ato klo mau nyari juga bisa peringkat kampus di korea saja.

      semoga membantu

  65. Kak mau nanyak ni , kalau mau ambil jurusan s2 dikorea ni, itu rencananya mau ngambil beda sama jurusan s1nya (akuntansi), di korea jurusan apa ya yg kira2 disana lg sedang dibutuhkan utk krja ? Mihon di balas ya kak

  66. Assalamualaikum mas, tadi saya ada baca beberapa comment di bawah dan ada yg nanya bisa ndak klo dri D4 lanjut S2 dgn beasiswa KGSP, trus mas hanya jawab D4 dan S2 itu beda.
    Setau saya setara mas krna saya juga mhasiswa D4 saat ini, hehe setidaknya itu kata dosen saya.
    Apakah ttap ndak bisa mas yg D4 lanjut S2 dgo beasiswa KGSP atau beasiswa lainnya?
    mohon bantuannya, terima kasih

    1. Alaikum salam warrahmatullah.

      Saya kurang paham dengan D4 mas. apakah itu memang sama dg S1 ato beda statusnya bagi NIIED (yg mengelola KGSP) sebaiknya biar jelas bisa telp Korean embassy saja ato telp NIIED atau email ..

      Semoga membantu

  67. Assalamualaikum mas, tadi saya ada baca beberapa comment di bawah dan ada yg nanya bisa ndak klo dri D4 lanjut S2 dgn beasiswa KGSP, trus mas hanya jawab D4 dan S2 itu beda.
    Setau saya setara mas krna saya juga mhasiswa D4 saat ini, hehe setidaknya itu kata dosen saya.
    Apakah ttap ndak bisa mas yg D4 lanjut S2 dgo beasiswa KGSP atau beasiswa lainnya di korsel?

    1. Alaikum salam warrahmatullah.

      Saya kurang paham dengan D4 mas. apakah itu memang sama dg S1 ato beda statusnya bagi NIIED (yg mengelola KGSP) sebaiknya biar jelas bisa telp Korean embassy saja ato telp NIIED atau email ..

      Semoga membantu

    1. tidak. LPDP dr pemerintah indonesia, waktu pemberian beasiswanua ssuai dg masa studi yg tertera di LoA klo LoA nya bilang 2 tahun berarti slama 2 tahun dibiayai

  68. Assalamualaikum
    Kak kalau untuk S3 kira2 peluang ke research scholarship nya gede ga ya buat lolos? soalnya mungkin jurusan yg mau diambilnya pun terbatas, rata-rata ga ada.
    Atau kalau boleh tanya lagi, bisa ga ya ngambil jurusannya yg beda sama degree sebelumnya? Soalnya di indo lagi rame banget isu tentang linieritas gitu.
    Terimakasih kak 😊

    1. Alaikum salam warrahmatullah, contoh jurusannya apa sih?

      asal masih make sense sih sptnya bisa. contoh dari S2 matematika trus ke S3 computer science.

      tp klo S1 bahasa, S2 sastra, S3 biokimia ya ndak bisa.

      soalnya biasanya ada requirements nya mbk, tinggal baca aja.

      misal:
      1. candidates must hold master degree in computer science, statistics, mathematic, physic.

      (berarti yg dari computer science, statistic, matematika, fisika bisa apply)

      1. Misalnya S1 sama S2 nya pendidikan kimia terus nanti S3 nya pengen ke jurusan teknologi pendidikannya gitu mbak. Jadi lebih ke pendidikannya.
        Soalnya reseach nya juga sekarang tentang pendidikan nya. Terimakasih mbak πŸ™‚

  69. Assalamu’alaikum, kak. Saya saat ini semester 3 di salah satu pts di Indonesia. Kalo mau apply beasiswa research itu harus sudah lulus S1 atau saat masih menjalani kuliah di Indonesia juga sudah bisa apply beasiswa ke Korea?

    1. Alaikum salam warrahmatullah, mohon bisa di baca di komentar2 juga ya mbk.

      buat yg lain juga, selain baca tulisan jg baca komentarnya juga, krn sering pertanyaan berulang-ulang.

      1. bisa mendaftar asal sudah dapat SKL, krn nunggu ijazah kan lama, bisa minta dulu Surat keterangan lulus.

      Semoga membantu.

  70. mau nanya.. kalo untuk mandiri gimana yha? kuliah pakek uang sendiri.. trus dftar diuniversitasny untuk yg baru lulus sma itu apa aja yg perlu dibawa?

    1. Untuk mandiri bisa mbk, tinggal lihat di bagian admission nya saja untuk yg undergraduate. Asal requirements nya terpenuhi insyaAllah di terima kok

      Semoga membantu ya:

      * yang jelas catatan saja:
      1 Kurs WON lebih gede dari rupiah, misal untuk tuition fee/SPP undergraduate itu 3juta won per semester berarti itu skitar 35 jutaan rupiah per semester.

      2. Living cost di korea juga mahal banget, sebagai gambaran klo di Seoul itu sekali makan ya 7 ribu sampai 10 ribu won lah, 5 ribu dapet sih tp ya spt itu. jadi itu skitar 80 ribuan lebih sekali makan

      3. jangan lupa tempat tinggal, akomodasi lainya, spt transport dkk.

      jadi bener2 harus di check sebelumnya mbk.

  71. Assalamualaikum kak, mau tanya dong. Kalo s1 nya dari universitas swasta gitu ada peluang ga ya dapet beasiswa KGSP? Mohon di balas ya kak, terimakasih

  72. aslmu’alaikm kak, mau nanya, kalo mau lihat daftar universitas dan jurusan yg ditawarkan beasiswa kgsp gmna? terus ada gak tempat kursus bhs. inggris yg recomended di daerah surakarta? makasih kak.. mohon jawabannya

  73. Assalamualaikum kak..
    Saya ingin bertanya, saya punya rencana ingin kuliah di korea, dan saya sekarang masih kelas 3 smk jurusan jasa boga, saya sudah goongling universitas mana saja yg ada jurusan sesuai dengan jurusan saya yaitu hospitality, dan saya dapat di Kyunghee university dan Seoul National University, saya ingin bertanya, apa saja yg harus saya lakukan dan siapkan untuk mendaftar beasiswa, apakah bisa lulusan smk langsung kuliah diluar negeri? Dan saya juga tidak memiliki sertifikat toefl dan mengikuti tes toefl, apa bisa kak?

    1. Alaikum salam warrahmatullah.
      klo untuk S1 ke Korea agak susah dek, harus bagus bhs korea nya.
      Silahkan bisa di lihat dan di baca di KGSP guideline for undergraduate student.

      untuk bhs inggris itu wajib. krn itu bahasa international termasuk KGSP guideline jg menggunakan bhs inggris klo tidak terbiasa dg bhs inggris nanti jadi masalah.

      Semoga membantu

      1. Oh begitu kak, jadi saya harus mengikuti test toefl terlebih dahulu begitu?
        kalo bisa, apa saya boleh kak minta kontak temen temen kakak yg dapet beasiswa dari KGSP ? misalnya twitter atau email?

        Makasih kak atas jawabannya sangat membantu 😊

  74. Oh gitu ya mas.. hehe.. mau tanya lagi mas semoga tdk bosan membalasnya.. kalo waktu daftar blm keluar ijazah kan pake SKL, nah setelah ijazah keluar kata pdf KGSP nya kan disusulkan mas, itu disusulkan ke embassy nya berisi ijazah aja? Diberi keterangan apa?

    Terima Kasih

  75. Terima kasih atas balasan yg sgt cepat mas.
    Saya sdh baca semua isi KGSP dan kok di Application Documents utk Master Degree kok harus ada Certificate of Degree ya mas? Apa berarti saya tidak bisa daftar pada waktu smt 8 karena blm punya ijazah? Sementara di blog ini, mas bilang bisa daftar meski blm lulus? Saya tlg dijelaskan mas bgmn prosedurnya karena msh bingung.

    Terima kasih banyak.

  76. Terima kasih atas informasinya. Informasinya sangat membantu dan memotivasi saya. Ada beberapa hal yg akan saya tanyakan mas:

    1. Apa bisa daftar lebih dari 1 universitas dengan penyedia beasiswa yg sama?
    Misal: Saya daftar Seoul National University dan KAIST dgn penyedia beasiswa KGSP.

    2. Apa bisa daftar lbh dari 1 universitas namun dgn penyedia beasiswa berbeda?
    Misal: SNU dengan KGSP dan KAIST dgn selain KGSP.

    3. Utk pembelajaran bhs Korea yg selama 1 tahun, dilakukan sebelum perkuliahan dimulai (1 + 2) tahun atau setelah (2 +1) tahun? Nah, apabila sewaktu daftar sdh memiliki TOPIK (diatas lv 3) apakah msh diharuskan mengikuti kursus selama 1 thn tsb?

    Terima Kasih banyak mas, saya mohon jawabannya.

    1. apakah mbknya sudah download dan baca KGSP guideline yg thn ini mbk? http://www.useoul.edu/apply/announcements?bm=v&bbsidx=122710 smua pertanyaan mbk ada disana.

      sy mau jawab takunya sudah ada aturan barunya. jadi lebih baik chek saja.

      yg saya tahu.
      1. tidak bisa, krn tetap saja walaupun via embassy, via kampus manapun pengelola KGSP adalah satu yaitu NIIED.

      2. bisa, mbk bisa dlm waktu bersamaan daftar LPDP, fullbright, erasmus, KGSP dsb, tp ditiap beasiswa biasanya ada pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. jadi silahkan di check di requirement masing2 beasiswa.

      3. klo tdk salah klo mau skip bahasa korea harus TOPIK level 5. baru bisa. tp sy tidak yakin, silahkan di check saja mbk di guidelinenya.

      Semoga membantu

      1. Terima kasih atas balasan yg sgt cepat mas.
        Saya sdh baca semua isi KGSP dan kok di Application Documents utk Master Degree kok harus ada Certificate of Degree ya mas? Apa berarti saya tidak bisa daftar pada waktu smt 8 karena blm punya ijazah? Sementara di blog ini, mas bilang bisa daftar meski blm lulus? Saya tlg dijelaskan mas bgmn prosedurnya karena msh bingung.

        Terima kasih banyak.

  77. Informasinya sangat membantu sekali. Terimakasih banyak mas buat informasinya.

    Buat teman2 sebenarnya pertanyaan2 yg muncul itu jawaban nya sdh ada dlm tulisan di atas. Jika baca 1x blm paham maka baca berulang kali. Krn itulah yg saya lakukan,, saya membaca ini smp berulang kali.

  78. Assalamualaikum
    Kak Saya Rahman, rencananya tahun ini mau apply beasiswa KGSP via embassy, kalu boleh tau persyaratannya apa saja ya? Terus untuk kemampuan bahasanya apa tidak bisa dipakai hasil Toefl PBT ya?

  79. kak, mau nanya nih. aku kan udha buka2 website beberapa website kampus di korea. tp ga bisa dpt informais lengkap misalnya kayak admission requirements, courses/curriculum, dll.
    Untuk dapat info-info kayak gitu kita tanya/email kemana? Ke officer department nya, atau prof nya? atau kemana?

    1. pasti ada mbk, klo jurusan itu di buka untuk international student pasti ada info lengkapnya di website dg bhs inggris, termasuk di dalamnya admissionnya requirements, curikulum dan course nya.

      yg jelas untuk admission dan requirements itu pasti ada, tak mungkin tak ada

  80. Assalamualaikum kak. InsyaAllah saya lulus tahun ini kak, pengen bgt ngelanjutin s2 tp orang tua maunya saya kerja dulu. Kalo misalnya mau apply beasiswa KGSP itu hrs freshgraduate atau boleh maks beberapa thn stlh lulus ya kak ? Terima kasih sblmnya kak

  81. Kalo tidak punya sertifikat toefl atau ielts tapi punya sertifikat topik level 3 bisa tidak untuk mengajukan research scholarship untuk master degree?
    Dan kalo boleh saya minta rekomendasi kampus yg memiliki fasilkom di korea dan memiliki research scholarship brdasarkan pengalaman anda atau kenalan anda di korea
    Saya lulusan teknik informatika
    Terima kasih

    1. mas/mbk untuk english requirement itu harus mas, krn intinya nanti disana riset dan outputnya adalah publikasi ilmiah yang tentu pakai bahasa inggris nulisnya bukan bhs korea.

      kelasnya pun kita nanti ambil kelas international yg disitu bahasanya english.

      jadi kenapa harus ada sertifikat toefl atau ielts krn itu sbg bukti akan kemampuan bhs inggris kita.

      krn itu bahasa yg akan kita gunakan di kuliah dan juga pada saat membuat publikasi ilmiah.

      Jadi topik itu hanya nilai plus saja, klo udah punya topik 3 itu bagus banget. krn ada nilai plus bisa komunikasi dg bahasa korea, tp topik itu hanya tambahan bukan persyaratan wajib tp sebaliknya english sertificate itu yg wajib.

  82. Halo kak salam kenal, perkenalkan nama saya Thenesia dari Binus University.
    Saya mau tanya kak utk program master. Saat ini saya kan jurusan Public Relations atau komunikasi, kalau di KGSP ajuin beasiswa jurusan ini memungknkan lolos ga ya? Krn saya dr univ swasta, Kalo beasiswa dari professor utk jurusan komunukasi apakah bisa kak? Thankyou

    1. silahkan bisa di coba mbk untuk KGSP nya.
      Semoga berhasil.

      Untuk research scholarship biasanya rata-rata itu di engineering mbk, yg kita harus kerja di lab.
      Tp spt ada juga mungkin research scholarship untuk mahasiswa komunikasi jadi nanti sampingannya jadi assistent professor dan ngajar di kelasnya prof.

      tp yg jelas beasiswa tidak harus dr KGSP atau research scholarhsip. masih ada banyak, contohnya bisa diliat di bawah ini

      http://www.useoul.edu/apply/under/scholarships/after-admission

      Asal mau mencari saja.

  83. assalamualaikum kak rischan saya mau tanya lagi kalau saya mau apply beasiswa di korea di univ sungkyungwan ambil jurusan sastra korea bagaimana ya? mohon bantuannya ya kak.. walaikumsalam wr.wb ^^

  84. hallo kak, saya mau apply beasiswa untuk tahun 2017. Untuk jalur scholarship nya apakah bisa langsung apply ke universitas tanpa melalui professor dari universitas yang bersangkutan?

    1. klo master bisa, klo S3 harus kontak prof dulu biasanya.

      tp ttp saja klo master bila kita sudah kontak salah satu Prof, dan Prof ok untuk jadi supervisor nya itu nilai Plus. Mangkin tinggi tingkat kemungkinan diterimanya.

      semoga membantu.

  85. Pagi kak…
    Kak, saya mau tanya, kalau mau mendapatkan beasiswa di Korea kita boleh nggak membidik lebih dari satu program beasiswa? Misalnya kita sudah ngelempar lamaran buat beasiswa KGSP dan ngelempar lamaran buat beasiswa lain juga, boleh seperti itu tidak kak?
    Saya tunggu jawabannya yah kak…
    Sekian dan terimakasih..

    1. klo cuman apply sih bisa2 saja,
      tapi biasanya ada beberapa beasiswa yg mensyaratkan bahwa pihak applicant tidak sedang menerima beasiswa lain.

      jadi silahkan di check saja di guideline booknya kalau tidak ada ketentuan itu berarti bisa.

      klopun ada kita pun bisa mengakali tp ya harus siap dengan risikonya.

      semoga membantu

    1. untuk KGSPnya nggak mbk, tp sptnya untuk apply ke kampusnya ada application feenya silahkan bisa diliat di addmission guideline masing2 kampus.

  86. Assalamualaikum, kak saya ingin bertanya.. Saya lulus tahun ini dan ingin melanjutkan sekolah di luar negeri tahun depan, apa bisa kak? Terima kasih^^

    1. Yes, sure.
      My undergraduate lecturer, he was civil servant when he apply KGSP.

      But to make sure, please read the KGSP guideline for this year. If there is update on there.

      Thanks

  87. Kak saya Mau nanya. Universitas apa di korea yang menyediakan beasiswa KGSP s1 jurusan hukum atau kedokteran dan apa ada sekolah yang mengajarkan jadi pilot. Saya tunggu ya kak jawabannya. Terimakasih κ°μ‚¬ν•¨λ‹ˆλ‹€

  88. Kak mau nanya, ada ndak program beasiswa kgsp s2 kedokteran di korea? Kalau ada univ mana ya kak yg menyediakan?

  89. Saya ingin tanya klo universitas korea yg ada jurusan economic dimana ya? Dan web beasiswanya apa aja…?
    Trimakasih banyak…

    1. Bisa di googling dulu mbk, kampus di Korea itu ya kyk di Indonesia banyak banget. dan hampir smuanya yg bukan kampus khusus teknik biasanya ada jurusan ekonominya.

      Semoga membatu

  90. kak mau tanya. Saya rencana mau kuliah s2 di korea dgn Kgsp, kalo bhs inggrisnya pas2an gimana? tapi udah punya sertifikat topik level 3. katanya dikomentar tadi s2 gak harus pake topik soalnya kalo s2 di kelas internasional jadi pake bhs inggris

    1. final dari kuliah kita itu publikasi ilmiah yg pakai bahasa inggris mbk. dan di dikelas jg bahasa inggris.

      saya ada temen yg dpt topik level 3 nyoba masuk di kelas yg bahasanya Korea katanya pusingnya bukan main.

      Jadi toefl itu wajib, TOPIK itu nilai plus.

  91. Assalamualaikum kak, kak mau tanya dong. Info Beasiswa s2 untuk jurusan pendidikan atau psikologi konseling itu gimana ya kak?

  92. wah, keren infonya kak
    kak mau Tanya juga nih, kalau beasiswa S1 apakah harus punya TOPIC? Dan kira2 jenis beasiswa apa yg cocok untuk diambil kalau mau ambil beasiswa untuk S1?

  93. hai kak, maaf kalau ganggu. tapi saya masih agak bingung.
    saya ada minat buat s1 di korea, tapikan UN di Indonesia itu bulan 3/4. Gimana ya solusinya? Berarti tunggu tahun depan lagi dong ya?

  94. kak, bagi cp nya dong?
    mau tanya2 banyak banget nih, soal beasiswa s2 di korsel. kalo buka di google, infonya banyak yang ga sama antar satu web dengan yang lainnya. kebetulan saya baca juga, kk jurusan nya computer science kan? pas banget kak, saya juga skrg masih menjalani s1 computer science di indonesia. makanya pengen tanya2 banyak banget.

  95. ka, research scholarship harus pinter bgt dibidang prof nya itu ga si? atau harus berpengalaman jadi asdos gitu?

    1. yang pasti harus paham di bidang itu tp kan smuanya bisa di pelajari, paling ndak udah ngerti dikit2 lah apalagi pas interview biasanya kita ngobrolin ttg research di lab, dan barang tentu sblm itu kita harus baca2 publikasi dr lab tersebut dulu

  96. ka, kalo research scholarship harus pinter di bidang prof nya itu ga si? kalo engga ya pernah berpengalaman jadi asdos gituu?

    1. yang pasti harus paham di bidang itu tp kan smuanya bisa di pelajari, paling ndak udah ngerti dikit2 lah apalagi pas interview biasanya kita ngobrolin ttg research di lab, dan barang tentu sblm itu kita harus baca2 publikasi dr lab tersebut dulu

  97. Bang..aku mahasiswi unair jurusan ekonomi pembangunan planning nya kelar s1 mau cari beasiswa ke korea. Mohon bantuannya donk :)terimakasi

  98. assalamualaikum mas rischan.. kak mau tanya dong aku saya dgn lily, mau tanya dong kak tntg kuliah di korea university kebetulan aku mau ambil non beasiswa dan mau ambil jurusan media student(perfilman/theater) kak, aku udh kls 3 kak semoga aku lulus ya aamiin. prosedurnya apa aja ya mas kalau non beasiswa? kalau saya boleh minta alamat e-mail mas ricshan dong biar lebih enak lebih ke privasy juga saya nanyanya kak hehe:) makasih

    1. baik mbk.. Email saya hapus krn banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk dan sangat memperihatinkan. Hampir rata-rata pertanyaan yg masuk email sebenarnya sudah terjawab di tulisan di atas saya tidak paham apakah teman-teman yg kirim email itu sudah benar-benar membaca tulisan ini apa tidak.

      Disamping itu banyak sekali email tanpa subject dan dengan bahasa yang sangat tidak formal. Bagaimana mau ber email dengan Professor kalau menulis email ke saya saja spt itu.

      InsyaAllah nanti akan ada tulisan sy yang membahas masalah beginian.

      yang jelas jadilah orang yang mandiri, tulisan diatas sebenarnya sudah lengkap kalau teman-teman mau berusaha lebih lagi. Yaitu dengan membaca guidelince masing-masing beasiswa itu.

      masak ada yang tanya kapan deadline KGSP dsb, padalah tinggal download guidelince nya langsung ada disana. Semoga kedepan makin baik

      silahkan kalau mau tanya via email mbk..

      1. baik kak rischan, lagipula waktu itu saya sudah di balas dgn kak rischan via email dan sudah 2x juga sudah dibalas dan itu sangat membantu, terimakasih ya kak infonya dan sharingnya:) maaf ya untuk tidak kenyamanannya kak rischan atas waktu itu pernah di publishnya email kakak..

    2. Lily, boleh aku minta email? Aku juga mau kuliah disana jurusan film ^^ tapi aku butuh beasiswa, mungkin kita bisa contactan dan semoga keterima disana tahun ini aamiin 😊😊 kalau bisa nomer wa aja (?) Atau id line, nama aku ditta:) maaf sksd πŸ˜‚πŸ˜‚

  99. mas, mau nanya…
    gimana untuk caranya dapet beasiswa yang profoser ini yah? karena saya belum mengerti?? minta petunjuk detailnya
    terima kasih

    1. sepertinya sy sudah menulit detailnya disitu mbk,

      sudah dibaca belum ya bagian ini

      3. Research Scholarship

      Beasiswa professor biasanya banyak orang menyebutnya, klo beasiswa ini flexible, gak kayak yg KGSP tiap tahun cuma sekali, kapanpun bisa, nah caranya gimana? klo beasiswa ini aku tau banyak karena aku dapet bea ini hehe πŸ™‚

      Cari kampus klo bisa gak cuman satu kampus, lihat di web kampus ada list jurusan, kemudian cari professornya, nah kelihatan gak ada prof yang sesuai dengan bidang yang kita minati kagak? klo ada tinggal email deh (cari prof sebanyak2nya email aja semuanya hehe πŸ™‚ ).
      Pas kirim email pertama jangan langsung tanya banyak, tanya 1 hal saja, Prof, ada kesempatan beasiswa di labnya ndak, aq tertarik dengan riset yang prof lakuin nie.. udah gitu aj.
      Nah klo profnya reply ohh.. ada nie, bisa2, baru lanjut ke perbincangan berikutnya, biasanya prof kan minta CV kemudian klo cocok CVnya kan wawancara, ya udah klo udah sreg. paling oke, kamu tinggal apply via kampus aj, nah klo udah kyk gitu udah 99,99999999999 % keterima lah. krn Prof udah setuju. Nah tinggal persyaratan kampus yang harus kita penuhi, kayak min IPK, min skor TOEFL, kemudian ada diminta untuk bikin study plan dsb. tinggal ikuti aja πŸ™‚
      Nah ada macem2 jenis perlakuan dr beasiswa ini, misal ada yg udah langsung free tuition, alias kita kagak mikirin duit kuliah lagi, kemudian perbulan untuk hidup Prof yang ngasih, ada yang model kita tetep bayar biaya kuliah (*seperti model beasiswa sy), cuman dapet gaji dari prof per bulan juga gedhe, soalnya kan buat bayar kuliah sama hidup juga, klo persemester di sini CNU itu 3 juta won (yah 30 juta lebih lah), nah nu.. makanya klo kuliah beasiswa sendiri ya habis lah.. kecuali klo mang kaya beneran hehehe.

  100. salam kenal mas rischan, saya mendapat tawaran research grant dari prof kyung hee univ dan dia nyuruh aku apply via research scholarship aja april nanti..karena waktu itu dia nanya ke aku “misal klo kgsp nggk dapet trus kamu mau kemana”..nah waktu aku jawab ya cari beasiswa lain..waktu itu dia nanyain “apa aja yang kamu dapet dari kgso ini”<< ini kayaknya pertanyaan ngetes ane hehe.. tapi memang bener sih klo diitung itung lebih gedhe dikit research grant dari pada kgsp, lagi pula kgsp peluangnya kecil untuk sekarang. tapi nanti keteteran nggk ya kuliahnya klo ngambil research grant ini?..aku liat sih jurusan yang aku apply ikut global campus tapi masih pake bahasa campur2 eng-korea kayaknya

    1. Biasanya Prof udah tau sih klo KGSP, dan klo tidak salah Kyung hee juga bisa pake KGSP. cuman bisa jadi professornya belum pernah punya mahasiswa yg dapat KGSP.
      ya di komunikasikan lanjut saja klo memang sudah cocok dg riset dan profnya.

      Krn KGSP hitungannya itu sulit, nanti bilang aj klo misal ndak diterima apakah ada scholarship yg bisa di apply di kampus? atau mungkin scholarship dari Prof gitu, cuman dg bahasa yg enak ya hehe πŸ˜€

      Semoga membantu

  101. Mau tanya teh, kebetulan saya lagi nyari info tentang beasiswa ke Korea Selatan.
    Saya sedang kuliah S1, tapi saya ingin kuliah lagi S1 di Korea Selatan, apa saya bisa mengambil beasiswa KGSP?

    Mohon bantuannya.
    Nice info.

  102. Kak, saya pengen s2 ke korea, tp itu harus kursus bahasa korea dulu ya..? ada ga univ yang ga harus kursus b.kor dulu?

    1. Mbk mohon tulisan sy di baca terlebih dahulu ya heheh πŸ˜€ disitu sudah jelas sy terangkan untuk S2 itu ndak perlu kita bisa bhs korea, krn kita kan nanti di kelas internasional jadi pakenya bhs inggris

      smoga membantu

  103. kak saya siswi smk kesehatan kelas 12 mau lulus tahun ini . pengen lanjut ke farmasi di sana kak langsung s1 bisa ga ? . kalo bisa caranya gimana ya kak?. πŸ™‚

  104. Assalamualaikum kak, kalau mau ambil s2 by research apakah harus ada topik researchnya dulu ya? kalau blm tahu bagaimana ya kak? maksudnya saya baru tahu ttg jurusannya saja, blm tahu mengenai researchnya. Terima kasih sebelumnya

    1. iya mbk, di jurusan kampus yg mbk tuju kan ada banyak prof disitu atau biasanya di webnya ada list currently research, past research dkk, termasuk paper2 nya disitu.

      jadi kan bsa tau dari situ

  105. Assalamualaikum.. kak saya mahasiswa UIN SUKA, pengen lanjutin ke univ di Korea. terus mau tanya, itu berkas2 kan harus dalam bahasa inggris atau korea. setelah di translate itu harus di legalisir atau gimana supaya jadi berkas asli . atau ada step stepnya saat kak penulis daftar ke Korea?.. Terimakasih

    1. Alaikum salam warrahmatullah, ada namanya sworn translator (pernerjemah tersumpah) mbk, spt halnya notaris.

      Nah semua dokumennya spt ijazah dkk di terjemahkan ke penerjemah tersumpah ke bhs inggris

  106. Assalamu’alaikum mas..
    Saya mau bertanya soal kgsp, yg dimaksud dg β€Ί Memiliki nilai rata-rata komulatif di atas 80 persen
    (dari 100 persen) atau berada dalam peringkat 20 persen
    (dari 100 persen) selama SMA (sarjana) ?
    Itu transkip nilainya diambil di sma ya?
    Terimakasih mas, saya tunggu jawabannya..
    Wassalamu’alaikum..
    Boleh minta alamat emailnya ?

    1. Alaikum salam warrahmatullah, bisa dibaca di panduan KGSP mbk itu untuk undergraduate atau graduate?
      Klo mbknya mau daftar undergraduate sptnya nilai transkirp ijazah SMA dan minta rekomendasi dari kepala sekolah.

    1. Alaikum salam warrahmatullah..
      iya sepertinya untuk lebih detail bisa di check di KGSP requrement documents.
      tp sy yakin TOEFL itu untuk kuliah di LN pasti wajib

    2. Kak…boleh minta referensi universitas yg ada jururusan pendidikannya? Saya lulusan Pg Paud mungkin ngga ya ada S2 nya disana? Pada tanggal 22 Jan 2016 09.30, “Selembar Kertas Kehidupan” menulis:

      > widya commented: “Assalammu’alaikum wr.wb Ustadz… kalau beasiswa > Graduate yang KGSP wajibkah ada sertifikat TOEFL ???” >

  107. Assalamualaikum kak..
    Mau tanya kak kalau untuk jurusan ekonomi & bisnis yang bagus di universitas apa ya kak untuk s2?

    Dan apakah untuk beasiswa minimal harus IP 3.5 , bagaimana kalau tidak sampai 3.5 ?

    Terima kasih…

  108. Assalamualaikum kak..
    Mau tanya untuk beasiswa s2 apa syarat IP nya rata2 harus 3.5?
    Gmn kalau IP 3.00-3.25?
    Dan mau tanya juga kalau untuk ilmu bisnis & manajemen bagus nya di Universitas apa ya?
    Krn yang saya tau di sana kbanyakan jurusan science & technology.

    Terima kasih.

    1. Alaikum salam warrahmatullah,

      Mbk sblm tanya mungkin bisa dibaca2 komentar di tulisan ini juga, krn banyak juga pertnyaan yg mengulang2.

      yg pertama, msalah IP silahkan di coba. jelas IP itu berpengaruh, krn itu salah satu indikator pencapaikan kuliah kita. smakin tinggi tentu smakin baik.

      Jurusan bisnis dan management itu di korea sangat banyak. http://www.masterstudies.com/universities/South-Korea/ klo kurang bisa di googling masih banyak kok.

      mungkin bisa membantu.

      Selamat berjuang.

  109. Ka mau nanya dong kalo disana universitas jurusan keperawatan/nursing dimana aja ya kak?trus untuk beasiswa KGSP yang lulusan D3 mau lanjut S1 ada ga sih kak?makasih ya kak

  110. Kak..Minta saran dong. saya lulusan s1 sistem informasi.. kalau s2 nya mending ambil jurusan apa ya dikorea nya? Trus universitas nya mending mana? Bagaimana KAIST? Saya poinnya sedikit lagi untuk lolos topik level 3..

    1. KAIST bagus jg klo mau fokus di teknik, banyak kok kampus2 yg buka jurusan sistem informasi di Korea, tinggal jari aja yg match mana…

      klo udah ada topik level 3 udah bagus banget tuh nilai plus, bisa apply KGSP scholarship juga

  111. uda coba nyari” mas, tapi masih belum dapat mas, agak susah kayaknya jurusan yang saya mau, tourism / literature agak susah
    kalo jurusan mas gitu sangat banyak haha

  112. Assalamualaikum kak, mau tanya nih. Aku lg smt 3 di D3.. nah menurut kakak di Korea ada ga ya alih jenis yg ambil S1 gitu kaya di Indonesia.. makasih πŸ™‚

    1. klo pengalaman sy belum pernah tau ada temen dr d3 trus langsung bisa s1 di korea, tp kemungkinan bisa juga. apalagi klo ada kerjasama kampus.

      coba aj di cari di google mbk “associate degree to bachelor in south korea”
      d3 itu associate degree klo ndak salah

  113. mas, permisi mau tanya
    kalau misalnya saya sudah s1 manajemen, tapi mau ambl scholarship s1 korean literature bisa ga ya ? atau harus master ya mas ? thx mas

    1. Coba mbk di check juga komentar2 ditulisan ini dan jawaban saya,

      klo mau masuk jurusannya beda sama jurusan sblumnya, bisa lihat informasi di website departemennya, requirementnya apa. (disitu pasti ada keterangannya yg bisa ambil jurusan ini itu background s1 nya dari jurusan apa-apa gitu)

      yg jelas klo mau masuk S1 lagi, yg dipake nanti jelas ijazah SMA nya. bisa dibaca2 http://www.useoul.edu/apply/announcements?bm=v&bbsidx=122106
      di check juga sapa tau ada batesan umur untuk masuk.

      semoga bermanfaat

  114. Assalamualaikum, salam kenal kak. Saya mahasiswa sem 3 di salah satu Univ swasta di jogja. Kalau di korea ada nggak ya beasiswa buat jurusan psikologi? terima kasih sebelumnya

  115. Assalamu’alaikum kak, mau nanya’-‘ kalo mau ngambil beasiswa undergraduate di korea bagusnya univ mana ya? Terus berhubung tahun ajaran diindo abisnya juni dan dikorea mulai maret, aku daftar kuliah dulu disini apa nunggu beasiswa? Terus LPDP gabisa buat s1 ya? Makasih kak πŸ˜€

  116. Kak mau nanya, itu yang beasiswa KGSP kan kita dikasih tunjangan perbulan dan tunjangan ini itu, kalo tempat tinggal atau asrama gimana, apa juga dikasih dari mereka? Atau kita nyari sendiri?

    1. biasanya dicarikan mbk, ato klo misal asrama di kampus udah penuh, diminta cari diluar tp tetep dibayari kok, jadi santai saja, klo dpt KGSP paling mantep lah insyaAllah

  117. saya mau tanyak kak saya dari mahasiswa brawijaya progam studi sastra inggris,saya ingin meneruskan s2 di korea,saya ingin mempersiapkan dari skrg kak,kira2 kalo mau ngambil s2 disana persiapan apa aja yang dibutuhkan kak makasih kak πŸ™‚

    1. klo mbknya baca hati2 tulisan sy ini harusnya udah terjawab mbk.

      cari di google, kampus mana yg mau di tuju, liat requirementnya apa saja, penuhi requirementnya spt toefl dsb, cari beasiswanya, klo mau pake LPDP cari cara applynya, klo mau pake KGSP cari juga cara applynya.

  118. μš°μ™€ .μ°Έ μž˜ν–ˆμ–΄μš”~
    저도 λŒ€ν•œλ―Όκ΅­μ—μ„œ κ³΅λΆ€ν•˜κ³ μ‹Άμ–΄μš”..λ“œλŸ°λ° μ €λŠ” λ˜‘λ˜‘ν•˜μ§€μ•Šμ•„μš”..γ… γ… 

  119. Hai ka, saya ajeng. Saya mau tanya biasanya kalo sebelum dapat beasiswa kan pasti ada tes, wawancara dan lain. Kalo wawancara itu pasti pakai bahasa inggris?

    1. Iya mbk, pasti bhs inggris, kan mereka ndak bisa bhs indonesia mbk, dan kita juga ndak bisa bhs korea, yg jelas klo s2 kan outputnya publikasi di international journal yg harus bhs inggris, makanya tiap kampus pasti mensyaratkan score toefl yg bagus

  120. Mas mau nanya, kalo apply beasiswanya LPDP dan KGSP boleh ga ya? Soalnya liat dari pernyataan mas, biasanya yang keterima UI UGM dan ITB. Saya jadi kurang yakin krn dari perguruan tinggi swasta.. makasih

    1. bisa aj krn kan beda itu, LPDP dr pemerintah kita, sdg KGSP dr pemerintah korea.

      Klo apply LPDP klo keterima biasanya dikasih waktu 2 thn klo ndak salah buat biar bisa keterima di kampus yg dituju

  121. hallo selamat sore kak. saya lulusan teknik sipil kalau saya ingin melanjutkan kuliah S2 di korea kira-kira universitas yang bagus buat jurusan teknik sipil itu dimana ya?? apakah nanti jika saya dapat beasiswa melalui LPDP atau KGST saya bisa kuliah sambil bekerja??

    1. klo jurusan teknik itu pasti research di lab, yg jamnya klo di korea itu 9 to 9, 9 pagi sampai 9 malam, tentu tergantung prof sama kebijakan lab. Jadi tentu ndak bisa kerja sambilan.

      Tp harusnya dr beasiswa itu cukup untuk hidup, untuk jalan2 dan nabung.

      Klo mengenai kampus yg terbaik silahkan bisa di cari informasinya di Google sangat banyak.

      terimakasih

  122. Assalamualaikum kak,
    Mau tanya kalau beasiswa jurusan seni di korea cara dapetnya gmana ya??
    Mohon petunjuknya, kalau universitas swasta di korea ada beasiswa juga g ya??
    Terima kasih

    1. Alaikum salam warrahmatullah, spt di tulisan sy itu mbk, coba googling dulu mbk.
      Krn jelas kami tidak mungkin bisa update tau smua informasi beasiswa di semua jurusan dan semua kampus di korea.

      Yg jelas banyak jg temen2 yg ambil seni di korea dan beasiswa.

      Untuk pertanyaan kedua mengenai univ swasta ada beasiswa atau tidak, jawabannya ada. Banyak kampus2 swasta di korea yg menawarkan beasiswa bahakan setau saya hampir smuanya S2 itu beasiswa sptnya sy tdk punya teman Korea yg dia ambil S2 harus bayar. rata2 beasiswa. (* kebanyakan teman saya anak teknik)

      Jadi kurang tau untuk anak seni, tp yg jelas di kampus swasta jg ada beasiswa tinggal mbknya cari saja di webkampusnya

      terimaksih semoga bermanfaat.

  123. kak , aku mau tanya , maksudnya portofolio itu kaya gimana ? kalau skillsnya kaya apa ? mohon dijawab ya kak , aku masih bingung soalnya

  124. kalo sekarang kayaknya banyak banget yang kuliah di luar negeri (termasuk korea) dengan beasiswa LPDP yah πŸ˜€ kalau dibandingkan kira2 beasiswa mana yang kans keberhasilannya paling besar?

    1. Hal spt itu tidak bisa di prediksi mbk, kadang mungkn untuk skrng yg daftar KGSP membludak jadi saingannya banyak, bisa jadi thn depan dikit, bgitu juga dg LPDP, tp klo untuk beasiswa prof, klo profnya udah OK biasanya udah pasti brangkt.

  125. btw kakak ini tinggal di korea mana yaa??saya jg skrg kuliah di catholic university daegu tp baru mau 3 bulan…salam kenal , hehe .artikelnya menginspirasi πŸ™‚

    1. sekarang sy sudah di Indonesia mbk, nyampe Indonesia september kemarin. Skrng sy di jogja. Main saja ke Gwangju, ke Chonnam Nat. University. disana banyak mhsiswa Indonesianya πŸ™‚

  126. assalamualaikum..
    kak mau tanya beasiswa seperti kakak tentang research itu ada batasan waktu gak?
    trus kakak research tentang apa?buat gambaran soalnya aku juga jur teknik informatika.

  127. Kak.. kalau mau apply beasiswa KGSP untuk course s2 apakah jurusan yg diambil harus sama dengan jurusan waktu kita s1? Misalnya.. kalau kita lulusan psychology… apa boleh mengambil program master yang education?? Terima kasih

    1. beasiswa KGSP itu dr pemerintah, mirip kyk LPDP itu lho mbk, jadi daftar KGSP dan jg daftar ke kampus jg, klo kampusnya OK mbk terpenuhi ssuai persyaratannya berarti dr kampus OK, nah skrng tinggal yg KGSP, klo mbk by embassy ya mungkn di tahap interviewnya akan di tanyakan, klo daftarnya by campus biasanya kampus nyeleksi dulu, klo emang memenuhi persyaratan dan mbk memang bagus biasanya ok

  128. Kak, kalau apply beasiswanya tidak linier dengan major sebelumnya gimana? apakah bisa diterima? saya dari pend. bahasa inggris tapi pengen lanjut s2 di bidang lain.

    1. sbenernya ndak masalah klo misal nanti pas interview bisa meyakinkan dg portofolio mbk dan juga dg alasan kenapa mau pindah jurusan.

      yg penting kemampuan mbk harus mumpuni untuk jurusan yg mau di ambil, paling tdk sudah punya pengetahuan dasarnya.

  129. Hallo kak .. Kak aku mau tanya, aku berharap banget bisa nglanjutin S2 di korea dengan beasiswa, dan sekarang aku masih semester 5 jurusan pendidikan anak usia dini disalah satu perguruan tinggi swasta dan IPK ku slalu di ats 3 dan saat ini sedang dlm belajar b.inggris. menurut kakak disana ada gk jurusan yg tentang pendidikan anak gitu?? Aku berharap banget dpt beasiswa kuliah disana πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    1. Wah mohon maaf mbk kurang tau sy untuk jurusan itu klo di korea, coba aj di googling dulu mbk hehe πŸ™‚
      tp yakin kok klo punya impian bisa kuliah di luar dg beasiswa asal usaha keras insyaAllah di kasih jalan kok mbk

  130. Assamu’alaikum wr.wb
    Salam kenal.. Mas mau tanya, kalau profesor udah bales email kita tapi beliau bilang untuk semester depan mungkin belum bisa terima karena masih banyak scholar yang blm selesai studi. Tapi beliau mau membantu mencirculate aplikasi ku ke departemen lain. Beliau minta CV n kasih bbrp pertanyaan utk dibuat essay. Dari CV n essay itu bisa jd pertimbangan untuk menerima aq.
    Aq sudah kirim CV n essay ku 4 hari lalu (9 oktober) tp blm dapet balasan. Kira kira ada peluang gak ya kalau kondisi nya seperti itu ?

    1. ya tidak ada jaminan mbk, klo dpartemen lain ada yg tertarik dg mbk mungkin akan di kirim email. dan mungkin mbk belum tentu cocok dg departement itu. mbk bisa cari2 yg lain kok.

  131. Assamu’alaikum wr.wb
    Salam kenal.
    Mas kalau profesor udah bales email kita tapi beliau bilang untuk semester depan, departemen nya mungkin belum bisa terima karena masih banyak scholar yang blm selesai studi. Tapi beliau mau membantu mencirculate aplikasi kita ke departemen lain. Kemudian beliau minta CV n kasih essay (statement of purpose) utk di jawab.. Kira2 masih ada peluang gak ya? Aq uda kirim CV n essay jumat lalu (9 oktober) tp blm dapet balasan.

  132. Kak mau nanya nih aku minat bangeet lanjutin S2 di korea aq S1 jurusan Sistem informasi komputer kalo ipk sih 3, sekian sekolah swasta dulu nya bahasa b.ing ny gx bsa tp sedikit bisa bahasa korea gimana kak bisa gx kira2 apa mesti kursus bahasa.ing dlu..? Mohon bimbingan nya kak…

    1. intinya requirements dari kampusnya harus terpenuhi mbk, dan klo S2 international students itu yg penting bhs inggris toh output dari riset kita juga publikasi international yg tentunya pakai bahas inggris

  133. Assalamualaikum mas, artikelnya bagus sekali. saya jg tertarik untuk lanjut kuliah S2 di Korea. Sekarang sy kuliah S1 prodi Pend. bhs Inggris di salah satu universitas swasta. Prodi sy skrg akreditasinya B dan Alhamdulillah IPK nda pernah jauh dibawah 4. saya tertarik untuk lanjut S2 di korea khususny di SNU dengan jurusan yg sama. saya jg sdh mulai cari info di websitenya dr skrg.

    Yg ingin sy tanyakan dsini, apakah besar kesempatan buat saya untuk diterima di universitas tujuan? dan juga apakah besar kemungkinan bagi saya untuk dapat beasiswa KGSP atau LPDP? Mohon tanggapan, saran dan wejangannya mas..
    Terima kasih

  134. Kalau beasiswa psikologi ada nggak ya kak? Soalnya sy liat kok jarang banget.. Atau saya yang ga liat ya hehehhe

    Kalo berkenan balesnya di email aja kak, takutnya saya lupa pernah mampir kesini saking seringnya cari beasiswa hehehe

  135. kak, aq pengen banget bisa dapat beasiswa s2 di korea, tapi IPK aq rendah hanya 2,97 dan aq bukan dari universitas besar, apakah ada beasiswa yang tidak mensyaratkan IPK tinggi kak?? karena yang aku baca selama ini harus memiliki IPK min 3,25, aq sedang belajar bahasa korea sekarang…
    mohon infonya kak
    terima kasih banyak kak….

    1. dibaca juga komentar2 pertanyaan dan yg sudah saya jawab di tulisan ini mbk.
      yg penting bahasa inggris
      kemudian skillnya emang qualified
      IPK itu nomer sekian klo mmang bisa tunjukan klo mbk eligible buat dpt tuh beasiswa

      Semangat mbk

  136. Assalamualaikum , kak saya mau nanya apakah selain dilihat ipk nya dilihat jg akreditasi kampus sebelumnya ? Makasih kak

    1. tergantung pihak penyeleksinya, tp klo rata2 misal kampus di Indonesia dari tiga kampus ini aman : UI, ITB, UGM rata2 kampus2 di LN tau tiga kampus itu, tp klo ndak ya harus berusah buat cvnya semenarik mungkin, tunjukan klo memang kita eligible untuk mengisi posisi itu/utk mendapatkan beasiswa itu πŸ˜€

  137. Assalamu’alaikum
    saya masih menempuh pendidikan di jurusan yg sama dengan kaka di Teknik Informatika. Pinginnya ntar lanjut S2 di Korea, tapi saya ga ada pengalaman organisasi karna kuliah nyambi kerja. Apa ga papa ya?
    Trus kalo dari Informatika pingin S2 di jurusan lain bisa ga kak?

    1. organisasi ndak dipertanyakan yg penting bhs inggris, skillsnya memadahi, pernah ngerjain proyek khususnya riset di bidang yg sama dg lab yg kita tuju itu nilai plus banget. IPK > 3.5 skala 4 yg penting jangan sampai kurang dr 3.

      Jurusan yg nerima lulusan informatika itu banyak, bioinformatika, bahkan riset2 skarang modelnya terpadu, riset tentang cancer butuh orng informatika juga untuk ngolah data, klo risetnya disitu berarti jurusan labnya tentu sudah diluar informatika.

      pertanayaan kedua ya ssuai dengan mas/mbknya mau ke jurusan apa.

  138. kak aku mau tanya aku baru naik kelas 12 sma aku agak bingung mau apply coba beasiswa kgsp kayaknya buta banget kurang ilmu, bisa tolong jelasin kak maksutnya kita nyari kampus yang tersedia itu gimana? jadi kita pilih kampus yang avail gitu bukan dr pihak kgsp nya? satu lagi nih kak aku kan anak ips kira kira peluangnya gimana ya kak? mohon bantuan kak supaya gak kudet bingung mau tanya siapa. gomawoo πŸ™‚

  139. kak, mau nanya dong hehehe, kalo misalnya mau dapet beasiswa s1 minimal nilai berapa ya? kakak caranya dapet professornya gimana? buat jurusan political science kira kira bisa juga gak ya? makasih infonya kak membantu banget πŸ˜€

  140. asalamualaikum kak,,
    saya seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi,,,
    saya ingin menanyakan bagaimana cara / tips anda dalam menulis fortofolio yang baik sehingga membuat profesor di korea tertarik ?

  141. assalamualaikum mas. saya allie. saya berencana ingin melanjutkan s2 di SNU.
    ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan.

    1. untuk tempat tinggal apakah mencari sendiri atau sudah disediakan oleh kampus?

    2. kurikulumnya apakah masih kuliah dulu kemudian penelitian atau seperti apa?

    3. apakah kita ketika kuliah langsung menjadi asiten prof atau bagaimana?

    4. penelitian yang dilakukan apakah itu proyek prof yg bersangkutan atau wajib ide pribadi?

    sekian dulu mas pertanyaannya.
    trimakasih sebelumnya

    1. 1. Tergantung beasiswa yg mbk terima, apakah dia support buat tempat tinggal apa cuman tuition feenya saja, klo support apakah dia sudah langsung menyarankan untuk tinggal di dormitory kampus atau bebas kita bisa tinggal di luar dan nanti modelnya di ganti dg uang.

      2. itu mbknya harus check di website jurusan (yg bersangkutan), biasanya disana ada keterangannya untuk courses yg harus di ambil apa saja dsb.

      Untuk menjawab pertanyaan yg lain, saya tidak tau mbk itu jurusan engineer atau social, klo social biasanya ketika apply itu sudah di tanyain risetnya akan spt apa dan sebagainya dan itu langsung dpt professor juga biasanya.

      nah klo engineer itu nanti mbknya mesti langsung wajib untuk stay di lab, ngambil kuliahnya biasanya ndak begitu banyak, tp tiap hari harus di lab riset, dan risetnya ya ssuai dg proposal yg mbk ajukan, atau bisa jadi ada project di lab yg wajib mbk kerjakaan,

      pertanyaan2 itu sifatnya spesfik dan yg bisa menjawab jelas lab/jurusan yg bersangkutan,

      tiap lab, departement, tiap kampus beda kebijakan

  142. Assalamualaikum.. Kak maaf mau tanya, saya yeyen. Kak kalau mau lanjutin S2 di korea dgn jurusan geodesi bagusnya di universitas mana ya? Dan apa besar kemungkinannya buat keterima ? Terima kasih

    1. saya kurang tau mbk, mungkin bisa di search di google, best university in the world for majornya mbknya.

      klo kemungkinan keterima dan ndaknya kan tergantung dari dokumen dan skil mbknya sendiri.

      proses seleksi itu nanti lihat dari IPK, bhsa inggris, cv, research plan, portofolio/skill, dan biasanya ada interview., interviewnya pakai skype kok

  143. kak tanya klau misal kuliah ambil jurusan HI trus sambil kerja gmana. lanjut s2 tapi udah bisa bahasa korea, apa masih harus khursus ?? sks nya setiap minggu berapa kali ?? klau beasiswa kya kakak kan ad lab nya kalau HI kan biasanya emg gc ada, apa masih bisa dapet beasiswa kayak jalurnya kakak ? kalau saumpama udah dapet beasiswa tapi pas jalanin kuliah ternyata ipk nya turun terus setiap semester apa ada konsekuensinya ??

  144. kak saya baru mau lulus smp, tapi udah cita cita dapat beasiswa kuliah di korea, tujuan utama sebenernya mau ringanin beban ortu. saya mau nanya apa saja kira kira yang harus saya persiapkan? saya sudah mencari beberapa website universitas korea, tapi semuanya memakai tulisan hangul, saya jadi tidak tau harus bagaimana, sarannya kak tolong ehehehe

    1. harusnya klo mas baca tulisan saya ini dengan details mas tau apa2 saja yg harus di persiapakan, kalau kampus sudah skala iternational pasti ada web versi englishnya mas. semoga membantu

  145. Assalamu’alaikum. Terimakasih atas kesediaan kakak dalam mmbagi pnglaman dan info kpda kami. Mau tanya, apkah srtfikt2 bsa dcantumkan kedlam brkas pndftran Beasiswa S2 Kak? Seperti Sertifikat KKN-PPL International, Seminar International dsb?
    Mhon bimbingannya.
    Trimkasih. Salam kenal

    1. Alaikum salam warrahmatullah,
      tergantung dr document apa saja di requirementnya mbk, klo di minta untuk menulis pengalaman2 spt itu ya bisa di lampirkan mbk

      1. assalamu’alaikum. trimakasih sudah mau membagi pengalamanya
        saya mau tanya nih, di korsel universitas yang ada jurusan psikologi di kampus apa ya?
        trimakasih.

  146. ka, dikorea paling banyak menerima beasiswa dari jurusan apa ya ka,?
    πŸ™‚
    πŸ™‚
    πŸ™‚

    1. selama ini teman2 saya rata2 teknik, krn memang disini rata2 ada labnya, jadi modelnya nanti riset di lab.

      tp yg sosial, bahasa, sastra juga ada kok, dan basanya beasiswanya klo yg jurusan spt itu dari pemerintah korea atau pemerintah indonesia

      1. Klau jurusan teknik otomotif ada ga mbak?dan saya baru mau keluar smk,mau kuliah di sana ,gmna caranya?dn tempat kuliahnya dmna yah?tolong mbak

  147. Assalamu’alaikum
    terima kasih ya ka infonya sangat bermanfaat,
    tapi ka, mau nanya, ada gak program beasiswa juga kekorea tapi beasiswa itu adalah ngelanjutin kuliah yang sudah dijalanin pas di Indonesia, misalnya udah kuliah di Indo 1 tahun lalu ngelanjutin semester depan di korea, ada gak beasiswa semacam itu, terima kasih ka atas jawabannya,
    Wa’alaikum sallam
    πŸ™‚

    1. Wa Alaikum salam warrahmatullah, itu namanya program exchange mbk, atau pertukaran pelajar, tiap kampus yg bagus di korea pasti ada.

      nanti misal pertukaran pas smt 3, biasanya cuman 1 semester maksimal 1 thn, nanti SKS yg di ambil di korea bisa di convert ke SKS di kampus Indonesianya setelah pulang exchange.

      bisa langsung cari2 di google, keywordnya, exhange scholarship korea sama jurusan mbknya ap, atau internship scholarship korea “jurusannya mbknya”

    1. bisa, kuliah kan bebas ndak ada batas, biasnaya untuk masuk s1 sehabis SMA batasnya klo ndak salah 25 thn klo di Indonesia, klo negeri, klo swasta kyknya lebih dari itu. silahkan bisa dicari informasinya

  148. mas saya kepengen bngt bisa lanjut kuliah s2 di korea, dan saat ini saya sedang belajar bahasa korea dan memperbaiki b. inggris saya dan saya tertarik dengan beasiswa Global IT Scholarship & Research Scholarship, tapi saya memiliki IPK yg rendah yaitu 2,96, dan saya bukan dari universitas terkenal, apakah ada kemungkinan saya bisa mendapat beasiswa ini?? terima kasih

    1. sudah sy sampaikan di tulisan itu mas, silahkan dibaca

      Beasiswa professor biasanya banyak orang menyebutnya, klo beasiswa ini flexible, gak kayak yg KGSP tiap tahun cuma sekali, kapanpun bisa, nah caranya gimana? klo beasiswa ini aku tau banyak karena aku dapet bea ini hehe

  149. Assalammu’alaikum….
    maaf ganggu… saya mau nanya, kalo beasiswa s2 jrusan pendidikan, kgsp nerima ga yah? Terus menurut anda jika b.inggris saya jelek dan bahasa korew belum bisa pula, apa yang harus saya persiapkan kira-kira?

    1. Alaikum salam warrahmatullah, apply aj, nanti ada isian form motivasi, study plan dsb, pertimbangan dr penyelenggara beasiswa juga dr itu kmudian IPK dan juga skor toefl (bhs inggris).

      disini kuliah jls menggunakan bhs inggris, klo tdk bisa repot, dan yg jelas untuk administrasi sja butuh sertifikat toefl atau yg lain, klo ndak ada biasanya juga tidak lolos di seleksi administrasinya

      smoga membantu πŸ™‚
      tetap semangat, klo ada niatan dan usaha keras, Allah pasti ngasih jalan πŸ˜€

      1. Maaf banget ganggu lagi,jika nanti bahasa inggris saya sudah membaik,tapi kalo IPK saya cuman 3,01 dan saya bukan dari universitas ternama apa masih bisa diterima?terima kasih…😊😊😊

        1. tergantung portofolio juga mas/mbk, sy ada temen yg IPnya dibawah 3 tp dari ITB dia diterima, ya krn portofolio alias skillnya memenuhi dan bagus

  150. Assalamualaikum ka, saya murid SMA,, saya dri jursan IPS,
    sejauh saya mencari informasi mengenai scholarship kebanyakan jurusan sains dan iptek atau teknologi, sedangkan cita2 say jurusan Hubungan internasional, kira2 menurut kaka potensinya di kampus2 di korea gimana?,,
    dan juga masalah muslim, apakah kita diberikan tolransi dalam beribadah atau yg lainnya,.
    terimahkasika, semoga cita2 saya tercapai^^

    1. iya banyak juga teman2 sy disini yg jurusan hubungan international, manajemen, atau ekonomi lainya, klo mau daftar S1 disini bisa, dicari infonya undergraduate scholarship south korea.

      klo misal ingin S2nya disini, bisa exchange dulu, teman2 yg exchange disini yg dari jurusan ekonomi, manajemen, atau HI biasanya klo di kampus sy sini dari UNAIR, UI, UGM, semangat!!!!

      untuk masalah tolernsi disini enak, orngnya toleran semua inshaAllah πŸ™‚

  151. Assalamu’alaikum ustadz rischan, ceritanya menginspirasi sekali. saya murid SMA ustadz, tpi sudah dri SMP pengen cita2 nyambung kuliah S2 besok ke korea. apakah berbahaya buat muslimah, atau wanita berjilbab panjang kuliah disana ustadz? syukran buat info nya ustadz πŸ™‚

    1. bermimpilah setinggi mungkin krn mimpi tak dilarang πŸ˜€

      kuliah aj disini, tp sebaiknya klo akhwat ada mahramnya (*ngajak suami) hehe..

      Banyak kok disini yang dpt beasiswa terus sama suami/istrinya πŸ™‚

  152. kak, aq mau tanya donk blh kan??
    aq pengen banget bisa lanjut S2 ke korea tapi ipk aq rendah kak hanya 2,96
    apakah ada universitas di korea yang pnya min. ipk kurang dari itu kak? n apakah itu sulit kak??
    mohon dibalas ya kak, aq pengen bngt bsa kuliah dikorea kak

    1. asal mbk bisa dapet professor, dan prof stuju bisa, disini sy pernah punya tmn ipk 2.7 dr ITB tp skillnya bagus, jadi prof ok, ya bisa masuk sini, walau kadang syarat dr kampus sbnrnya tdk bisa, tp krn Prof Ok ya bisa

  153. Assalamualaikum kak
    mau tanya dong kak
    profesor kaka itu domsil mana? indo atau korea?
    syukron smg blognya bermanfaat:)

  154. O gitu ya kakak…makasih kakak….saya tertarik diseoul nasional university….rencana aku mau kekgsp kak….kemungkinan diterima banyak g kak?….denger2 SNU itu univ paling bergengsi dikorea…

  155. Assalamu’alaikum kakak rischan..kak mau nannya akukan jurusan management mau s2 di korea dengan jurusan management atau g bisnis….kira2bisa g kak?denger2 yg dprioritaskan yg sains dan tekhnology….tolong dijawab ya kakak

    1. ada mbk, asal mbk mau nyari info aj, di google banyak mbk, atau bisa langsung ke web kampus yg mbk inginkan atau kontak international offcenya langsung. untuk s2 manajement, ekonomi, atau social jarang biasanya utk beasiswa dr prof (alias lab), jadi mungkn mbk bisa pakai KGSP, LPDP, atau pihak sponsor dari pihak ketiga baik dr Indonesia, korea atau organisasi selain itu.

  156. klo beasiswa untuk english education ad ga kak ? bisa cri yg jenis research scholarship jg ga klo english education nya? makasi

  157. Assalamualaikum, mas rischan. Sya jur English literature, dsana ada S2 buat jur itu kan ya? bru trtarik pngn ikut KGSP krn ad tmen yg dpt lpdp. oya rata2 dsna orangnya agamanya apa? apa ada smcam diskriminasi buat muslim, berjilbab? terima ksh infonya.

  158. wah2 … asyiknyaaaa

    oya, ada ngga sharing cerita sblm kbrgkatan dari awal pencarian beasiswa
    sampe dpt surat offer letter nya beassiwa buat kluar negerti gitu?

    ane dan kawan2 tertarik nih…
    cm sdg brtanya2 gimana kocek awal nya pas sblm kbrgktan
    sampe tiba di negerti tujuan itu y…

  159. Assalamualaikum… maaf mas rischan mau tanya, saya kan sudah mengirim email kepada professor yang sesuai jurusan saya di KNU korea. tapi belum dibalas sma professornya, kira2 menurut pengalaman mas rischan berapa lama waktu untuk menunggu emial tersebut ya mas? terima kasih..

    1. di korea banyak kampus, klo sy tdk usah stuck pada satu prof, nyari aj prof sbanyak2 nya tinggal emal in aj mereka, pertama itu cukup tanya saya tertarik pada bidang prof, apa ada kesempatan untuk gabung, gtu aj, gak usah tanya macem2, rata2 prof korea bales email kurang dr 1 hari udah bls biasanya, nyari yg laen aj

      1. oh.. begitu ya mas.. saya mau tanya mas kalau dikmpus mas rischan CNU kira2 ada info mengenai beasiswa dari projek yang dikelola oleh Lab/Professor di Departement nursing di CNU? ataupun yg ada kaitanya dengan major saya? terima kasih.

        1. Itu sudah sy sampein mbk, disini kita ya cuma bisa share caranya aj, masalah info ya bisa cari sendiri di webnya, sy jurusan computer science tentu jarang kan mbuka-mbuka website departement lain, yah bisa di cari di webnya ato kontak international officenya

          1. ok, mas rischan terima kasih atas saranya. mas mau tanya lagi, kalau untuk subjek diemail biar menarik buat professor apa ya?

  160. Assalamu’alaikum? ustad, saya pengin S2 di Korea……. Subhanallah kisahnya, bener2 nambah semangat untuk lanjut di Seoul. kira2 4 tahun lagi msh ada beasiswanya kan tadz? saya baru lulus Aliyah thn ini, baru resmi jadi mahasiswa jg, hihihi…

      1. saya S1 pend.fisika, kalau S2nya ambl yang murni bsa ga tadz? kalau S2 ambl pertanian dan pangan nggak bisa ya tadz? hehehe

        1. ya nanti kan ada interview ato diminta nulis personal statement kyk interesting field nya, experiences nya , cocok gak sama jurusannya yg diminati, klo beda jauh jurusannya ya pasti pihak kampus akan pikir2 untuk nerimanya

          1. syukron infonya tadz.
            oya, ustadz, saya minta saran apa saja yang harus dipersiapkan dlm jangka waktu 4 tahun ke depan supaya bisa ikut KGSP? sblmnya maturnuwun.

  161. Saya dulu niat banget mau S1 di korea, udah ngebolakbalik halaman web kgsp tapi karena nyari infonya juga cuma dr website, di Medan juga konsulat korea gak ada, jadinya ga jadi hehe. Gak nyangka kgsp itu segitu wahnya yaaaaaa hihihihi semoga S2 bisa ambil di sana. Amiiin! Terima kasih sudah dishare. Oiya kalau Kesehatan Masyarakat disana ada gak Bang?

    1. sepertinya bisa, krn untuk pemerintah korea sendiri kan gak tau status kita apa, cuman yg jadi masalah ijin dari pemerintah kitanya, klo PNS kan susah klo mau lanjut tanpa ijin

  162. Kerennn…susah loh belajar bahasa korea..apalagi bisa dapet beasiswa..jarang banget..orang yg mw ngeshare..kaya kakak.salutnya lagi..sebegitu detailnya kasih info..aku kagum bgt..

  163. SubhanAlloh, keren bgt kisah hidupnya Mas Rischan. Salut bwt pjuangannya brangkat studi ke Korea. Btw, kalo bole tau biaya hdp dsana per bln kisaran brapa duit ya kalo di-Rupiah-in? Mas Rischan kan jur Computer Science, trus apa ada program beasiswa utk jur psikologi di kampus2 korea?

    1. bisa di bayangkan sj, klo di seoul rata2 sekali makan lebh dr 5 ribu won, klo d gwangju skali makan 3,5 ribu won masih dpt, bisa di rupiahkan πŸ™‚ klo snack ciki2 itu rata2 harganya 2 ribu won, tapi kebanyakan sy masak sendiri, soalnya nyari makanan yg halal yg susah disini.

      ada, psikologi ada juga, banyak koq, tinggal nyari2 aj

      1. Ka , kalo misal kita udh belajar bahasa korea dan udh lumayan bisa tapi bahasa inggrisnya kurang , gimana tuh??

        1. ini mau masuk s2 atau s1? klo s1 gak masalah malah bagus, soalnya rata2 matkulnya d ajarkan pake bhs korea, tp klo S2 ada syarat skor toeflnya jd ya harus bagus bhs inggrisnya, kuliahnya jg bhs inggris klo S2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s